Mencoba Upgrade Galaxy Note 1 N7000 ke Android 7 Nougat

Upgrade Galaxy Note 1 N7000 ke Android 7 Nougat dengan menggunakan Custom RoM
Galaxy Note 1 atau GT-N7000 ini bagi banyak orang sudah ketinggalan zaman. Di saat orang sudah membicarakan Samsung Galaxy Note 8, saya masih tetap setia menggunakan Galaxy Note 1 produk akhir tahun 2011 lalu.

Seperti diketahui, Samsung Galaxy Note 1 N7000 secara resmi hanya mendapat update OS Android sampai di Android 4.1.2 (Jelly Bean), kalaupun lebih dari itu, saya sudah tidak lagi menggunakan STOCK ROM sejak Android 4.1.2 (Jelly Bean).

Selama ini saya walau sudah mencoba berbagai Custom ROM untuk Samsung Galaxy Note 1 N7000 ini saya sendiri tetap menggunakan Slimkat karena banyak alasan. Walaupun saya sempat mencoba upgrade Samsung Galnot 1 ini ke Android 5 dan Android 6, tapi untuk penggunaan sehari-hari saya lebih nyaman menggunakan Slimkat 4.4.4. Mungkin setelah update ke Android 7 Nougat mungkin saya akan berubah pikiran? Kita lihat saja nanti :)

Ok, saat ini saya akan mencoba berbagi mengenai Upgrade Galaxy Note 1 N7000 ke Android 7 Nougat dengan menggunakan Custom RoM dari NightOwl LineageOS. Ketentuan DWYOR seperti yang saya jelaskan pada halaman Disclaimer tetap berlaku, karenanya selalu back up HP Anda sebelum ikutan mencoba ngoprek. Langsung aja yah.

Banyak cara untuk upgrade Galaxy Note 1 N7000 ke Android 7 Nougat. Sudah banyak pula yang berbagi soal ini, sebagian berbahasa Inggris dan saya akan coba rangkum agar lebih mudah diikuti buat Anda yang nekad ingin melakukannya.

Untuk yang saat ini sudah menggunakan Custom ROM Kitkat, Lollipop atau Marshmallow:
  1. Copy ROM + Google Apps ke SDCard.
  2. Boot into recovery (klik bersamaan tombol power+volume up + Home)
  3. Factory Reset + Format system partition (Wipe semua kecuali SDCard)
  4. Flash ROM dan Gapps.
  5. Reboot

File yang diperlukan:
ROM pilih disini:
https://forum.xda-developers.com/
GAPPS: (Saya memilih GAPPS Nano)
http://opengapps.org/?arch=arm&api=7.1&variant=nano

________
Khusus untuk yang masih menggunakan STOCK ROM atau OS Asli dari Samsung baca dahulu dan perhatikan langkah-langkah berikut:
*Jika HP Anda sudah menggunakan OS 4.1.x maka abaikan langkah nomor 1.
  1. Flash/Install update STOCK ROM 4.1.2 dari Samsung menggunakan ODIN.  Cari sendiri yah file dan cara flash-nya.
  2. Melalui ODIN instal/flash file PhilZ-cwm6-XXLT6-XSA-5.06.1.tar.md5 *Cari sendiri yah file dan cara flash-nya.
  3. boot HP ke recovery mode
  4. lalu flash kernel dari Forum XDA untuk update kernel. (Langkah ini akan membuat HP bootloop hanya mentok di layar Samsung N7000 dan tidak bisa digunakan, langkah ini diperlukan untuk bisa masuk ke recovery mode, caranya: tekan 3 tombol secara bersamaan, yaitu tombol "power+volume up+ home" sampai muncul menu recovery sebagai langkah nomor 5)
  5. boot HP ke recovery mode
  6. Sekarang Anda sudah masuk ke menu recovery, pilih factory reset + format system partition. (format untuk install ROM baru/clean install)
  7. Setelah selesai maka lanjutkan dengan install ROM dan GAPPS hingga selesai lalu pilih menu "reboot/reboot to system" untuk menyalakan ulang HP.
ROM pilih disini:
https://forum.xda-developers.com/
GAPPS: (Saya memilih GAPPS Nano)
http://opengapps.org/?arch=arm&api=7.1&variant=nano


____________
Upgrade Galaxy Note 1 N7000 ke Android 7 Nougat

Setelah install ternyata cukup lama waktu yang diperlukan, karena itu pastikan batre HP penuh terisi / telah full charge dan jangan jauh-jauh dari charger :)
Saat boot pertama karena terlalu lama hanya stuck di logo NightOwl dan HP menjadi panas, saya matikan sebentar dengan mencopot batere untuk mendinginkan HP. Setelah HP agak  dingin saya pasang kembali batere dan menghidupkan kembali HP. Kemudian masuk menu seting seperti biasa, saya hubungkan dengan wifi dan melamjutkan setting. Saya sudah upgrade ke versi Android 7.1.2 dan tetap saja agak lama saat booting pertama setelah install. Sabar aja :)

Gak perlu instal Super SU karena unuk mengaktifkan menu root cukup diseting melalui opsi pengembang. Ketuk 7 kali tulisan versi LineAgeOS untuk mengaktifkan menu "opsi pengembang". Gak perlu install aplikasi Google lain karena Nano GAPPS sudah cukup untuk membuat HP menjalankan fungsi standarnya.

Kamera lancar untuk mengambil foto, aplikasi WA, FB, FB Messengger dan BBM yang saya install kemudian semua berjalan normal. Masih suka muncul notif browser force close. Dan kelemahan Galnot ini masih sama dari dulu, cepat panas.

Screenshoot: (untuk melakukan screenshoot klik bersamaan tombol power+volume down)

Upgrade Galaxy Note 1 N7000 ke Android 7 NougatUpgrade Galaxy Note 1 N7000 ke Android 7 Nougat


Upgrade Galaxy Note 1 N7000 ke Android 7 Nougat



Karena baru install belum bisa kasih komentar, nanti yah dicobain dulu :)

65 komentar

  1. mantap gan...tq infonya
    1. Siap, thx dah mampir :)
    2. gan hpku bootloop gan ,mentok logo
  2. bang, review dong bagaimana rasanya setealah di instal atau make os 7 nougat, thanks,
    1. Belom sempet, intinya stabil dan lebih hemat batre tapi internal memory jadi cepet penuh. musti dioprek lagi supaya bisa install banyak aplikasi.
  3. gimana caranya biar internal memory nya agak legaan bro?
    1. Saya belum oprek soal memory tapi emang sih sering banget ada notif low memory :)
  4. bang, saya nyoba yg Nightowl-lineage14.1-beta9-pegasus-test1-n7000 , ini kok usb gak konek sm pc sm se x ya? cuma ngecharge doang
    1. Kalau bukan masalah hardware (soket, kabel dll) mending downgrade ke yg stabil bang, baca2 forumnya ada gejala bugs serupa atau tidak.
  5. Gan setelah saya ufgrade . Bnyak yg gak bisa ke buka.. memori juga gak bisa di pasang.. sya sudah coba pake file manager macem macem.. vi hasil nya cuma ada penyimpanan internal doank.. mohon solusinya gan..
    Terima kasih
    1. Di cek masih sehat gak mmc cardnya, kalau perlu install ulang
  6. Gan minta tolong.. ada gak persi dari kitkat ke atas.. tapi tampilan nya yang seperti samsung asli.. kalau ada room nya saya mau minta gan.. terimakasih
    1. Gak ada, masing2 ROM punya tampilan ciri khas sendiri-sendiri, atau bisa coba tema yang ada di google play, silahkan coba googling deh, trims
  7. Gimana bro bisot, note 1 nya yang paliiiing nyaman banget buat daily rom yang mana ?
  8. Gimana bro bisot, note 1 nya yang paliiiing nyaman banget buat daily rom yang mana ?
    1. Ini udah nyaman, sayang memory tipis banget, baru install beberapa aplikasi sudah penuh memeory internalnya :)
  9. Gan tanya donk. Apa bener setelah di upgrade pena tidak akan berfungsi..
    1. Masih berfungsi kok, hanya saja aplikasi note bawaan akan hilang, bisa install aplikasi yang lain dan pena masih bisa berfungsi :)
  10. Bisa minta pin bbm nya bang untuk tanya"
    1. udah lama gak pake BBM gan
  11. Gan saya awam banget nih pke android. Biasa pke bb. Skrg saya baru beli hp bekas galnot n700. tapi pengen upgrade os nya. Cara awal nya gmna gan bir bisa up. Tapi langsung lewat hp nya.
  12. Gan saya awam banget nih pke android. Biasa pke bb. Skrg saya baru beli hp bekas galnot n700. tapi pengen upgrade os nya. Cara awal nya gmna gan bir bisa up. Tapi langsung lewat hp nya.
  13. Gan saya awam banget nih pke android. Biasa pke bb. Skrg saya baru beli hp bekas galnot n700. tapi pengen upgrade os nya. Cara awal nya gmna gan bir bisa up. Tapi langsung lewat hp nya.
    1. Gak bisa gan, upgrade, root musti pake PC/Laptop. Kasih aja ke konter terdekat atau teman yang biasa oprek, bilang aja mau upgrade OS :)
  14. izin download gan. masih newbie
    1. yuk silahkan mas jangan lupa share pengalamannya yah :)
  15. Mas udah saya coba download dancemang tipis bgt memorynya. Kalo mau balikin ke stock firmware ke 4.1.2 gimana ya? Saya udah flashing tp bootloop di logo samsung. Apa karena flashing kernelnya itu ya? Ada solusi ga? Trims
    1. Cari tutorial flash ulang ke stok rom mas
  16. Alhmdllh lancar cuma memori internal nya cpt low pdahal aplikasi sedikit.. Di tambah kamera depan Di WA.jadi biru.. Mohon solusinya mastah...
    1. Sudah gak pake HP ini :) saya gak bisa kasih solusi
  17. makasih infonya gan, emang bener, lambat bgt pas baru selesai install
    btw udah coba pake gaps micro gan? ane coba kok agak telat respon ya?
    1. Pernah gak pake GAPPS sama sekali :D micro asal pakai GAPPS yang paling terbaru harusnya gak masalah
  18. Min kalo untuk Galnot 1 SHV-E160S bisa??
    1. Gak pernah coba versi lain selain versi HP saya sendiri
  19. itu hasil ss kartu kagak kebaca yaa,, itu yang saya alami,, udah bnyak rom saya coba kok kagak bisa baca kartu ya
    1. Tapi untuk telpon, SMS dan internet bisa kan?
  20. Ada file untuk fix wi fi nya gak gan. Rom over all bagus cuma, untuk tetering kayaknya bug di wifinya
    1. Gak ada gan, cek di trit https://forum.xda-developers.com/galaxy-note/development/rom-nightowl-preview-t3455847 juga gak ada
  21. gan sim card nya gk bisa detected setelah up date selesai.gi mana gan.
    1. Sebelumnya coba dicek ke forum XDA apa ada masalah yg sama, mungkin bugs. Kalau tidak coba install ulang gan pakai custom rom yang lain
  22. Masih berlaku gk si gan, pengen coba tapi note sya punya udah adan odin sama super su, caranya gmna ya
    1. Mungkin masih berlaku, saran saya sih kalau sudah nyaman ya gak usah diupgrade :) tapi yah terserah, saya takutnya file2 di atas sudah update atau malah sudah hilang :)
  23. Keren bingits, bisa dicoba nih huehehe
    1. ya silakan mas
  24. gan hp saya mentok logo, gimana cara ngatasinya
    1. flash dari awal mas, ada yg gak beres itu kalo stuck di logo dan gagal booting
  25. Om saya lupa instal gapps nya , setelah instal rom selesai baru ingat , terus saya power off , saya instal gapps kok failed ya ? Tolong doong
    1. GAPS bisa kok diinstall belakangan, gak diinstall juga gapapa cuma musti cari aplikasi penggantinya. Untuk install GAPS cari aja yg cocok, yg minimal cek di open GAPSS, saya pilih Nano yg minimal, dan coba versi2nya sampai yg pas
  26. Mantaps gan
    1. Terima kasih sudah mampir gan
  27. Kalo note 3 yg lolipop pke cara yang mana kalo mau di jadiin kitkat lagi?, atau mimin punya solusi lebih baik buat note 3 yang boros baterai?
    Apa caranya sama dengan di atas?
    1. Samsung Note 3 N9000 kalau mau hemat batre menurut forum XDA pakai kernel PEKAKA atau HALASZK lalu custom ROM Alba's UltraLite 4.4.2 ROM. Saya sendiri gak pernah pakai Note 3 mas, HP mihil itu hehehe
    2. Iya dulu mihil, Sekarang mah murah..
      Cara pakai kernel & costum ROM apa juga ada di web ini?
    3. Ya mas, langsung aja cek ke forum xda developer, banyak pilihan, baca2 juga komentar pengguna custom rom nya biar bisa bandingkan
  28. om setelah sya instal PhilZ-cwm6-XXLT6-XSA-5.06.1.tar.md5...ime ny jadi nul..
    tlg om bantuan nya bahasa indonesia nya hilang juga
    1. Kembalikan Nul IMEI...

      1. Dial * # 06 # Di telepon Anda untuk memeriksa nomor IMEI Anda. Jika Anda melihat
      sebuah angka, maka tidak masalah, tapi jika Anda melihat "null" maka Anda harus
      mengkonfigurasi ulang perangkat.
      2. Buka dialer dan ketik salah satu dari kode berikut: * # 197328640 # atau * # * # 197328640 #
      * # *.
      3. Setelah memanggil kode ini, Anda akan diarahkan ke mode perintah.
      4. Pada mode perintah, pilih opsi 6
      5. Sekarang, pilih nomor pilihan 1 (FTM)
      6. Jika status FTM Anda aktif, matikan dengan memilih FTM.
      7. Setelah memilih FTM off, IMEI null Anda harus dipulihkan.
      8. Sekarang, tekan tombol menu dan kemudian masukkan opsi 2 (Ini akan mematikan FTM).
      9. Tunggu beberapa detik, lalu keluarkan baterai dan sim Anda. Tunggu selama 2 menit, lalu
      ganti baterai tetapi belum sim. Kemudian hidupkan perangkat.

      10. Saat perangkat hidup, panggil * # # 197328640.
      11. Pilih untuk Layar debug
      12. Sekarang pilih Kontrol telepon
      13. Lalu pilih Kontrol nas
      14. memilih RRC (HSDPA), Pilihan 5
      15. Setelah itu, pilih klik RRC revisi, pilihan 2.
      16. Sekarang pilih Pilihan 5 (hanya HSDPA).
      17. Hidupkan ulang perangkat dan masukkan kartu sim.
      18. Hidupkan perangkat dan panggil * # 06 #


      Cek di youtube, tutorial soal IMEI NUL
  29. gan ini musti root dulu atau gausah root soalnya ada website yang bilang harus root ?
    1. sama gan itu flash kernel sama rom dan gappsnya file taruh dimana ya ? di laptop atau di smartphone
    2. musti Root, kernel cwl instal melalui odin di laptop, selain itu semua operasi di HP, rom dan gapps taruh di sd card HP
  30. Gan ane ada masalah ane uda berhasil tpi stucknya di pindah data dari cadangan dari ponsel android sama cadangan dari awan pas ane mau konek ke wifi ga bisa
    1. itu full backup yah yang mau dikembalikan? ambil data yg diperlukan aja
  31. Ka ane stuck di pindahkan data hrs koneksi wifi wifi gak bisa itu gimana ya ?
    1. coba aja terus gan, harusnya koneksi ke wifi gak ada masalah
  32. Mantap suhu dri tahun ke tahun welcome bgt tiap komenan yg diulqang2 masi aja ditanggapi..btw ini komen pertama saya berhubung nemu hp galnot belajar ngoprek disini..alhamdulillah lanjar aja asal fokus dan hati2..sehat selalu ya suhu thz ilmunya
    1. Amiin, makasih buat doanya, semoga masnya juga sehat selalu :)
      Ya gimana mas, musti dijawab lah hehehe padahal saya gak pake galnot lagi udah ganti HP hehehe
No Spam, Please.