Cerita Pertama Kali Umroh

Cerita Pertama Kali Umroh semoga banyak hikmah yang bisa diambil Semoga Allah pilih lagi menjadi tamuNya Haji di Kabah Makkah Madinah, amin, bismillah
Cerita Pertama Kali Umroh

Ini kisah umroh gw yang gak gw ceritain karena malu-maluin 😆😆😆. 
Tapi kayaknya luculah kalo akhirnya gw memutuskan gw share di mari, semoga banyak hikmah yang bisa diambil. 

Jadi gini, gw yang umrohnya boleh dibayarin orang (iyeelahh, masa di bayarin kucing), sempet sedih juga karena gw gak punya duit buat bekal di sono. 

Alhamdulillah gw masih punya perhiasan yang gw jual tiga hari sebelom berangkat. Suami gw jg dapet arisan yang biarpun gak besar, gw gak perlu pusing kalo doi pengen bebelian di sono.

Sampe bandara gw tukerin duit ke riyal. Total cuman 400 riyal. Yang 300 pecahan gede, yang 100 pecahan 2 riyal-an. Gak tau kenapa gitu, gw nurutin feeling aja. Ntu bekal kita berdua selama 8 hari di tanah Haram, bismillah. 

Dua hari di Madinah, gw nahan diri banget buat datengin toko-toko yang ada di sepanjang jalur hotel-Masjid Nabawi. Tau sendiri dahh, display toko-tokonya kayak melambai-lambai ngajak sowan, belom lagi para pedagang di sana itu rada lebay di urusan keramahan. Qiqiqi. Hati mah kebat-kebit nahan hawa nafsu kepo ama sekadar liat-liat. 

Alhamdulillah, sehari sebelom packing ke Makkah  gw yang emang dari rumah udah bilang ke bebeb, "Pokoknya gw beli satu gamis yaa di sana." Alesannya buat kenang-kenangan klo gw pernah ke sana. Modus gak udah-udah yakk. Wkwkwk.

Singkatnya, gw beli dua gamis kualitas bagus buat gw ama anak gw, dengan harga 150 riyal. Bebeb beli  jubah 5 biji (yg dia kasih2 ke ustadz tetangga) dengan harga 100 riyal. Beli kurma, permen, sendal dll, gw pake rupiah gaess, jumlahnya gak sampe 500rb. 😆😆😆 

Alhamdulillah berkah, tetangga en emak gw kebagian. Riyal 100 yang pecahan kecil, abis di area Nabawi dan Masjidil Haram. Jajan Fii sabilillah. 

Jadi, selama di Madinah-Makkah gw gak icip-icip kuliner apapun di sana. Bakso Grapari, Bakso Mang Ujang, Es Krim, apalah... apalah... gak pisan. Lha di sana gw cuman punya 2 lembar gocengan, ama 5 lembar dua rebuan. Lecek pula. Gimana mau jajan?. Ngenes siy. Gw sempet bilang, "Kita gak nyobain jajanan, Noe?" dan dijawab bebeb dengan cengiran. 

Dan jelang Sholat Jumat hari terakhir gw di Madinah, tetiba depan gw ada akhwat yang bagi-bagi roti di halaman Masjid Nabawi. Gw iseng jepret karena gw mendadak kangen ama Sisters yang tiap Jumat juga rutin bagi-bagi. 

Gak nyangka si akhwat nyamperin gw dan dengan Bahasa Arab kayaknya nawarin roti ntu ke gw. Gw balas dengan bilang, Syukron. Lha bisanya gitu doang 😆😆😆. Daan jadilah gw ngerasain makanan khas setempat. Maa syaa Allah. 

Cerita Pertama Kali Umroh


Waktu di Makkah juga gitu. Dua hari berturut-turut di area Kabah, usai subuh sambil nunggu dhuha, gw kebagian icip-icip makanan asli orang Makkah yang dibagiin keliling kepada jamaah yang duduk di sekitar Kabah. Nikmaatnyaa menyantap hidangan rezeki dari Allah saat berharu-haru menatap rumah-Nya. 

Di sana semua Dia cukupkan. Tak pernah cukup waktu untuk beribadah dan berasyik masyuk dalam ketundukan hati membersamai-Nya, di rumahNya. di Makkah 

Inilah kiranya asbab selalu dan selalu rindu berada di sana. Semoga Allah pilih lagi menjadi tamu-Nya. Tahun depan. Bismillah....

Penulis: Sri Suharni
Senin, 01 Oktober 2019



Posting Komentar

No Spam, Please.