Crafting dan Berkreasi Kain Flanel Bersama Kak Murni Ambar Lestari

Crafting dan Berkreasi Kain Flanel Bersama Kak Murni Ambar Lestari
Puluhan anak-anak usia sekolah memenuhi ruang baca Perpustakaan Kampung Baru (Perkabu) yang terletak di Gg. Baru Jl. H. Hamdani Kaliabang Tengah, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Mereka sedang asyik berkarya dengan bahan-bahan kain flanel yang sudah tercetak berbagai figur karakter kartun.

Dengan peralatan seperti lem, gunting, benang dan berbagai perlengkapan hasta karya lainnya itu terciptalah kreasi unik hasil karya bocah-bocah Perkabu. Untuk yang belum tahu Perkabu baca ini yah --> "Mencoba Ada Perpustakaan" ala Perkabu Kaliabang.

Di antara mereka tampak Kak Murni yang dengan telaten memandu adik-adik berkarya membuat boneka kecil yang akan ditempelkan di ujung pulpen atau "kalam" penunjuk bacaan saat mengaji.

Sementara itu, Bayu sang tuan rumah tampak sibuk memantau dan sigap memberikan bahan dan alat yang sekiranya diperlukan sambil sesekali menyapa adik-adik serta menyambut adik-adik yang baru bergabung.
Crafting dan Berkreasi Kain Flanel Bersama Kak Murni Ambar Lestari
Keseruan belajar di Perkabu
Suasana sore ini di Perkabu menjadi ramai dengan suara anak-anak, seakan-akan saat itu bukan hari Jumat, karena biasanya saya mampir ke lokasi ini selalu saat weekend. 

Meski suasana ramai tapi saya masih merasa tetap kesepian karena beberapa crew Perkabu yang biasa meramaikan suasana tidak dapat hadir karena kesibukan, saya lupa kalau hari itu bukan weekend :)

Saat saya tanyakan tentang bagaimana kegiatan hari ini, Bayu hanya senyum-senyum saja seperti biasanya. Ya memang agak sulit memancing pemuda pendiam ini berbicara.

"Alhamdulillah responnya masih bagus anak-anak banyak yang antusias padahal diadakannya bukan di hari libur," kata Bayu saat sejenak menemani saya ngopi di luar Perkabu.

Menurut Bayu dia hanya menyediakan tempat saja, sedangkan semua bahan dan alat-alat untuk kegiatan sudah disediakan semua oleh Kak Murni.

"Semoga kegiatan-kegiatan ke depan tetap ramai dan anak-anak yang mengikuti kegiatan tidak malas membuat prakaryanya paling tidak mau mencoba dulu" sambung Bayu yang juga penggiat Perpusjal Bekasi.

Siapakah Kak Murni yang menjadi tutor crafting berkreasi dengan kain flanel ini?

Ini pertemuan saya yang kesekian kali dengan perempuan bergelar diploma Administrasi Bisnis lulusan LP3I Jakarta Pusat yang kemudian menyelesaikan sarjananya di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI Bekasi ini. 

Sebelumnya saya juga pernah mengisi acara bersama dalam seminar dan santunan akhir tahun tanggal 30 Desember 2018 di aula Kantor Kepala Desa Kedungjaya Babelan, saat itu ia mengisi acara yang juga tentang berkreasi dengan kain flanel untuk ibu-ibu. Pertemuan pertama kali saya dengannya kalau tidak salah saat sama-sama menghadiri acara HUT pertama Perpusjal Bekasi.
seminar dan santunan akhir tahun tanggal 30 Desember 2018 di aula Desa Kedungjaya Babelan
Seminar dan santunan akhir tahun di Kantor Kepala Desa Kedungjaya Babelan

Kak Murni yang berprofesi sebagai guru privat Bahasa Inggris dan Matematika ini juga merupakan salah satu peserta Abang Mpok kota Bekasi 2018. Salah satu kesibukan Kak Murni adalah crafting membuat berbagai pouch, tempat pensil dan berbagai jenis kerajinan dari flanel dengan tangannya sendiri atau yang lebih dikenal dengan DIY (Do It Yourself). Kalau penasaran dengan hasil kreasi dan karyanya, yuk kita intip di Instagram Murni's Felt yang beralamat di https://instagram.com/murnisfelt 

Beberapa waktu lalu, Kak Murni alumnus SMK Travina Prima Bekasi tahun 2011 ini sudah berencana untuk berbagi mengenai berkreasi dengan kain flanel dengan adik-adik di Rumah Pelangi Bekasi, saya membayangkan keceriaan adik-adik di Rungi yang kedatangan Kak Murni, tapi semua berubah saat negara api menyerang, ehhh  semua gagal akibat efek dari Pandemi Covid-19 maksudnya. :)

Setelah sekian bulan tanpa kontak, akhirnya saya lihat info dari Perkabu bahwa Kak Murni si pemilik web www.murnisfelt.com akan mengisi acara sharing dan berkreasi dengan kain flanel di Perkabu Jumat 17 Juli 2020 sore. Alhamdulillah saya bisa bergabung dalam acara itu walau datang terlambat hehehe.

Seusai acara saya sedikit ngobrol dan saling melepas kerinduan #ehhhh bukan, saling meng-update info dan ngobrol sekenanya karena hari telah mulai gelap dan Kak Murni harus segera mengejar agendanya yang lain.
Foto bersama crew Perkabu seusai acara

Dari obrolan itu alhamdulillah Kak Murni masih bersedia berbagi dengan adik-adik di Rumah Pelangi ataupun dengan siapapun jika jadwalnya memang memungkinkannya. Ya saya maklum, Kak Murni memang punya segudang kegiatan, tapi walaupun tidak bisa bertemu langsung, kita bisa belajar dari Kak Murni melalui channel Youtubenya loh.

"Buat teman-teman yang masih rebahan saja atau sedang mencari inspirasi usaha atau yang mau memanfaatkan waktu luang bisa mencoba belajar berbagai keterampilan daur ulang. Saya mencoba berbagi tips dan trik membuat prakarya, daily life crafter,  dan semacamnya yang sudah saya rangkum di channel Youtube Murni's Felt, yah semoga bermanfaat,"  kata perempuan yang memiliki nama lengkap Murni Ambar Lestari ini.

Berikut salah satu video tutorial "Cara Membuat Tempat Pensil Flanel | Jahit Tangan | NO Ribet, Langsung bisa" yang saya culik dari channel Youtube-nya Murni's Felt.


Nah, sudah kenal kan sedikit tentang Kak Murni? Jadi kapan kalian akan belajar dan berkreasi seperti Kak Murni dan adik-adik di Perkabu?

:)


komentar

Lebih baru Lebih lama