Tips Membuat Konten Video Facebook dan Youtube DiKadalin TV


Hai, guys perkenalkan nama saya Adietya Max Chaviezd, Creator Konten + Editor dari Youtube Channel DIKADALIN TV yang sempat viral di Facebook dengan video tentang daerah Babelan karena jalan rusaknya. Video ini menjadi viral karena dibagikan hingga ribuan kali dari berbagai akun, tapi itu dulu, sekarang alhamdulillah jalannya sudah lumayan bagus. 

Untuk melihat video-video Dikadalin TV bisa klik link --> https://bit.ly/dikadalinTV
(Jangan lupa like dan subscribe yah gan)

Singkat saja, di sini saya ingin mencoba memberikan tips atau langkah-langkah mengedit video yang biasa saya lakukan. Kali ini hanya membatasi pembahasan pendek pada 3 topik penting dalam video editing, yaitu; alat, software dan team.

Pertama sebelum membuat video, saya ingin memberitahu hal yang paling penting dalam membuat karya film atau video. Sebab, bukan tentang seberapa mahal kamera yang dipakai, melainkan tentang seberapa asik kita memainkan imajinasi agar bisa dinikmati dan diminati banyak orang. 

Karena orang yang menikmati tontonan kita tidak akan menanyakan kamera apa yang kita pakai, oleh karenanya menggunakan kamera handphone pun sudah cukup, karena di zaman teknologi saat ini telepon genggam juga sudah dilengkapi dengan kamera yang semakin canggih.


bukan tentang seberapa mahal kamera yang dipakai, melainkan tentang seberapa asik kita memainkan imajinasi agar bisa dinikmati dan diminati banyak orang

Oke lanjut, setelah itu kita pastikan dulu ingin mengarah ke mana dalam mengambil tema. Owh ya 1 lagi, yang menurut saya penting adalah, lakukan apapun yang membuat kita senang. Tidak usah melihat keberhasilan orang lain yang terpenting jadilah diri sendiri. Tapi jika suatu saat kita lelah dalam perjuangan ini, kita tetap bahagia dan merasa puas dalam arti tidak tertekan. 

Semisalnya, ada orang yang berfikir "Ah saya sudah capek-capek tapi tidak ada hasilnya". Nah singkirkan keluhan seperti itu, karena banyak videographer yang masih banyak menyampaikan keluhan-keluhan seperti itu.

Nah, kalau kita sudah mendapatkan tema, ingin bagaimana kita membuat sebuah video?, coba untuk browsing software video editing apa yang mudah kita pahami agar tidak terlalu lama belajarnya dan bisa cepat langsung action. Seperti halnya saya, saya itu semua belajar sendiri alias otodidak belajar dari berbagai sumber tutorial dan sering diskusi dengan teman-teman sehobi, dan apa yang saya kerjakan adalah hal yang membuat saya senang berada di posisi itu. 

Oh ya, software pengolah video yang saya gunakan biasanya SONY VEGAS PRO 14. Menurut saya software editor video ini lebih mudah dipahami dan ringan di PC/laptop. Dengan seiring berjalannya waktu, alhamdulilah dengan software ini saya bisa lebih cepat belajar dan bahkan sudah ada job-job kecil yang bisa menghasilkan uang dengan membuat dokumentasi video akad nikah, resepsi wedding, prewedding dan lain-lain, "Hehehe".


SONY VEGAS PRO 14 video editing software

Kalau kita sudah mulai paham, di sini kita akan menemukan tantangan baru yang saya rasa cukup sulit. Karena kita harus bisa membaca karakter orang-orang yang ingin masuk atau menjadi bagian dari cerita yang kita buat. Karakter orang itu harus sesuai dengan tema.

Menurut saya bagian yang sulit adalah, karena karakter seseorang itu berbeda-beda kita jadi harus pintar dalam memilih dan menemukan. Kita juga harus mempelajari karakter asli orang itu, hal tersebut untuk menjaga kemistri (chemistry) atau kecocokan agar dapat menjadi team yang baik. Keuntungannya kalian bisa membuat video lebih dari target jika team bisa diajak berlanjut untuk jangka panjang.

Ketika semua sudah komplit dari segi alat, Software dan team, untuk terakhir saya beri saran. Cara agar kita masih tetap survive di dunia videography atau creator Youtube yaitu, terus belajar mengikuti perkembangan. Karena setiap waktu pasti ada saja update terbaru, dan kalau kita malas belajar pengetahuan kita akan tertinggal dengan creator lain.

Intinya, terus berkreasi jangan pernah berpikir untuk mendapatkan uang dari pekerjaan ini, pikirkan saja tentang rasa senang kita mengerjakannya. Dan jika suatu saat kita berhasil mendapatkannya, itu adalah bonus dari hobi ini. Terima kasih.


Adietya Max Chaviezd Dikadalin TV



Penulis: Adietya Max Chaviezd 
Editor: Iphii

36 Komentar

  1. Mantap bermanfaat infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai terima kasih sudah mampir, ya semoga infonya bermanfaat yah biar pada kreatif membuat konten di sosial media :)

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat nih gan,bisa saya coba tips nya ini,soalnya saya pengen mencoba suasana baru kyk Yutuber atau Gamers d Fb.. Makasih Infonya gan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Kak Sahrul, semoga menjadi semakin kreatif yah :)

      Hapus
  3. Sony vegas emang juaranya di spesifikasi agak rendah, haha.. karena saya dulunya pakai sony vegas versi 11 untuk laptop kentang. Ya sekedar edit-edit dasar. Bermain imajinasi dengan menggunakan konsep sendiri sebenarnya menjadikan konten mempunyai ke khasan tersendiri dan menjadi beda dari kebanyakan channel itu adalah hal yang kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum pernah coba, kayaknya Sony Vegas bakalan jadi pertimbangan deh buat edit-edit konten video di sosmed :) terima kasih kak

      Hapus
  4. Bagus gan, banyak cara kita untuk menyadarkan pemerintah bahwa rakyatnya juga butuh perhatian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan, diperlukan peran pemuda kreatif yang bisa mengkritik dengan cara yang santuy dan mengena ke sasaran melalui konten video kreatif

      Hapus
  5. Nice info gan, semoga saya bisa mengikuti jejak agan. Menjadi konten kreator yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, perlu lebih banyak pemuda kreatif yang bisa membuat konten-konten yang bermanfaat bagi masyarakat jangan prank melulu hahaha

      Hapus
    2. Nah.. yg penting mah bermanfaat, gag perlu jago, krna yg jago itu cuma ayam heheh

      Hapus
    3. Bisa aje ente bang hahahaha

      Hapus
  6. Pada saat pandemi ini, kami sebagai orang tua disibukkan juga untuk memvideokan tugas dan aktivitas belajar anak di rumah. Kemarin sempat nyari dan tanya-tanya juga ke teman, Aplikasi apa yang cocok untuk edit video di Komputer. Sony Vegas Pro 14 ini sepertinya patut dan perlu dicoba.. Terimakasih gan, infomya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk video-video sederhana biasanya edit pakai HP, tapi kalau video serius sepertinya perlu mempertimbangkan juga untuk install Vegas Pro ini buat belajar :)

      Hapus
  7. Jadi YouTuber sebetulnya gampang-gampang susah ya, jadi makin semangat buat konten. Semoga kita bisa sukses ya ndan, meski saat ini saya hanya bermodalkan hp saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, sama, selama ini saya juga hanya mengedit video dengan HP dan belum terlalu fokus untuk jadi youtuber :)

      Hapus
    2. yang gampang itu jika melakukan sesuatu dgn kesenangan... klw sdh senang semua itu bakal mudah... xixixi

      Hapus
    3. Yesss tips yang berguna, melakukan dengan hati :)

      Hapus
  8. Mantap gan sering sering buat artikel seperti ini saya suka membacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, saya cuman nerbitin aja sih, yang bikin tulisan konten kreatornya sendiri :)

      Hapus
  9. Bener banget sih, kalo penonton mah mana ada mereka pengen tau sama peralatan yang kita pakek. Mereka taunya cuman nonton wkwk

    Oiya kalo software video editing saya sering makek filmora, bolehlah nanti saya coba pakek Vegas Pro. Menarik nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, penonton lebih memperhatikan kontennya dulu, baru memperhatikan teknis bagus enggaknya kualitas video, backsound dll. Saya kira Filmora untuk HP aja, ternyata ada juga yah buat PC :)

      Ok kak, makasih dah mampir

      Hapus
  10. Wah boleh juga nih buat konten dan jadi kreator di youtube, infonya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sudah mampir kak, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  11. ini model video parodi atau guyon ya gan..
    Requet buat video review atau tutorial gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget ini video parodi kritik jalan rusak di babelan bekasi, dibuat bercanda (guyon) biar santuy hehehe.
      Siap mas,nanti disampaikan ke yang buat videonya

      Hapus
  12. Rezal Muis20 Mei, 2020

    Wah sudah ngeblog jadi YouTuber pula, dari dulu saya sudah pengen banget mau belajar edit video buat konten penunjang konten di blog tapi apadaya alat tempur belum mendukung. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enggak gan, ini video teman yang buat, kemudian saya minta dia memberikan tips membuat konten video karena video ini pernah viral di wilayah saya tinggal :)
      Semoga tercapai mas keinginannya belajar edit video :)

      Hapus
  13. Ya semuanya emang jangan di dasari dengan uang karena itu memang bonus dari pencapaian kita. Terimakasih informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashiappp, bener banget mas, kalau belum apa-apa sudah terbayang uang takut nantinya kecewa dan malah gak kreatif lagi

      Hapus
  14. Memang begitu min..
    Seharusnya jangan mikirin penghasilan meluku, mending fokus ke optimasi video
    Terutama nice, kenapa?
    Karena kebanyakan seseorang memaksakan hal yg tidak dia bisa. Dan akhirnya msih ditengah tahap perkembangan dia kehilangan ide, sampai-sampai males mau nerusin karena yg dipikir uang dan cuman ngikut nice punya seseorang yg bahkan tidak ia pahami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener yang penting kak kreatif terus membuat konten yang bermanfaat sampai tembus subscriber 1000 secepatnya hehehe

      Hapus
  15. Mantab, pengen banget punya you tube,tp sayang belum bisa mengedit edit video. Kali ada yg mau bikin you tube bareng..boleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) ya mas, kita mah jadi blogger aja, youtuber sudah banyak

      Hapus
  16. Keren ini Dikadalin TV, lanjutkan 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subscribe bang, kang abang salah satu pemainnya hahaha :)

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama