Mengenali Toxic Workplace dan Cara Menghadapinya

Mengenali Tempat kerja yang tidak sehat (Toxic Workplace / Toxic Work Environment) dan Cara Menghadapinya

Jangan sampai lingkungan kerja yang tidak sehat (Toxic Workplace / Toxic Work Environment) merusak masa depan Anda.

Pada dasarnya semua pekerjaan memiliki tingkat stres. Namun, jika saat berangkat bekerja (atau hanya membayangkan berangkat) sudah membuat Anda lelah, tertekan, atau bahkan tidak enak badan atau sakit, sadarilah bahwa itu lebih dari sekadar tekanan kerja biasa; itu sudah merupakan gejala awal dan tanda-tanda lingkungan kerja yang tidak sehat.

Ciri-ciri lingkungan kerja yang tidak sehat (Toxic Workplace / Toxic Work Environment) 

Tempat kerja yang tidak sehat dapat diartikan sebagai lingkungan kerja apa pun di mana pekerjaan, suasana, atmosfer, orang-orang, atau kombinasinya itu menyebabkan gangguan serius pada kehidupan Anda.

Gangguan ini dapat muncul dalam sejumlah gejala fisik, menurut sebuah artikel baru - baru ini oleh pelatih dan profesor perilaku manusia Melody Wilding. Gejalanya termasuk "gangguan tidur, merasa selalu waspada, telapak tangan berkeringat, dan jantung yang berdetak cepat melebihi normal."

Terlebih lagi, tempat kerja yang tidak sehat atau bermusuhan memiliki dampak kesehatan negatif yang dapat memengaruhi kehidupan pribadi Anda dengan "merusak semuanya, mulai dari harga diri hingga kehidupan sosial Anda," kata Wilding.

Tubuh kita memiliki kecerdasan instingtif untuk memberi tahu bahwa ada gangguan atau "bahaya" yang mengganggu, kita perlu peka dan tidak mengabaikannya tanda-tanda yang dikrim oleh tubuh. Sering-seringlah bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan ini:

Bagaimana tidurmu? Apakah Anda secara teratur dapat tidur nyenyak atau setidaknya tidur yang cukup selama delapan jam?

Bagaimana kebiasaan makanmu? Apakah Anda sering terlalu stres atau tidak punya waktu untuk makan, atau apakah Anda cenderung makan berlebihan?

Apakah Anda merasa nyaman di rumah dan aman di tempat kerja?

Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu bersifat negatif, maka inilah saatnya untuk menilai lingkungan kerja Anda dan memeriksa lebih jauh apa yang sebenarnya menyebabkan kesehatan dan kesejahteraan Anda terganggu.
Mengenali Tempat kerja yang tidak sehat (Toxic Workplace / Toxic Work Environment) dan Cara Menghadapinya

Indikator lingkungan kerja yang tidak sehat (Toxic Workplace / Toxic Work Environment) 

Ini adalah beberapa indikator kuat bahwa Anda berada di lingkungan kerja yang tidak sehat:
  • Karyawan yang tidak sehat: Tempat kerja yang tidak sehat menyebabkan karyawan cepat kelelahan, keletihan, dan penyakit yang disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi yang mendatangkan berbagai keluhan pada tubuh. 
  • Atasan Yang Narsis: Yaitu atasan yang selalu menuntut Anda agar selalu setuju dan menganggap bahwa mereka selalu benar, serta dapat mengabaikan aturan-aturan. Mereka mengharapkan karyawan menjadi taat dan sempurna sementara mereka dapat melanggarnya.
  • Rendah Bahkan Tidak Adanya Antusiasme: Lihatlah ke sekeliling kantor. Adakah dapat terlihat ekspresi kebahagiaan karyawan yang bekerja di sana? Adakah yang tersenyum? Apakah ada percakapan positif dan keceriaan? Adakah suasana yang menyenangkan? Jawaban "Tidak" atas pertanyaan-pertanyaan tadi patut diperhitungkan.
  • Komunikasi yang kurang atau Komunikasi Negatif: Anda dan orang lain tidak mendapatkan informasi yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan Anda. Anda bekerja keras tanpa umpan balik positif dan tanpa pengakuan atau pujian komplimen yang wajar, atau Anda bahkan mungkin sama sekali tidak dianggap?.
  • Sering Berganti Personil: Ketika seseorang masuk ke dalam lingkungan kerja yang tidak menawarkan apa-apa selain jalan buntu, moral kerja yang rendah, dan tidak menyehatkan, orang akan selalu berusaha keluar dan mencari yang lebih baik. Jika Anda melihat tingkat keluar masuk dan pergantian personil yang tinggi di perusahaan atau departemen Anda, anggap itu sebagai salah satu tanda tempat kerja yang tidak sehat.
  • Gank, Gosip, dan Rumor: Semua orang tampaknya hanya bekerja untuk diri mereka sendiri, tidak ada kerjasama dan persahabatan di antara para karyawan. Ada banyak pertikaian, persaingan kelompok serta gosip dan rumor.
Selain daftar di atas, percayalah pada insting dan perasaan Anda jika  merasakan ada sesuatu yang "tidak wajar" pada tempat kerja Anda
Setelah Anda tahu apa yang Anda hadapi, saatnya untuk mengembangkan strategi yang dapat membantu Anda tetap waras dari hari ke hari.
Mengenali Tempat kerja yang tidak sehat (Toxic Workplace / Toxic Work Environment) dan Cara Menghadapinya

Cara menangani lingkungan kerja yang tidak sehat

Karena butuh waktu untuk mencari pekerjaan yang baru dan Anda tidak bisa langsung meninggalkan situasi sulit ini begitu saja, ada baiknya Anda mengembangkan strategi untuk menangani lingkungan seperti itu hingga Anda mendapatkan pekerjaan yang baru di tempat lain:
  1. Temukan orang yang merasakan hal yang sama dengan Anda. Kembangkan persahabatan dengan orang-orang yang merasakan hal yang sama seperti Anda. Harapannya adalah Anda akan saling mengawasi dan akan berbagi berita apa pun dengan kelompok tersebut.
  2. Lakukan sesuatu setelah bekerja yang dapat membantu menghilangkan stres. Pergi ke kafe, olah raga di rumah, atau pelajari keterampilan baru. Kuncinya adalah memastikan Anda menjalani kehidupan yang memuaskan di luar pekerjaan untuk memerangi drama di tempat kerja Anda.
  3. Buat daftar untuk membuat diri Anda sibuk. Daftar kegiatan yang dapat membantu Anda tetap fokus pada tugas-tugas Anda alih-alih terlibat drama dalam lingkungan yangtidak menyehatkan sehingga dapat memberi Anda alasan untuk terus bekerja setiap hari.
  4. Dokumentasikan semua yang Anda lakukan. Simpan email dan tulis komentar dan keputusan dari rapat, panggilan telepon, dan setiap orang yang berinteraksi dengan Anda. Jika Anda perlu mengajukan keluhan, Anda perlu bukti untuk mendukung aksi Anda.
  5. Persiapkan strategi keluar Anda. Ada kemungkinan hal-hal akan membaik di lingkungan kerja Anda, jika demikian maka itu adalah alasan yang masuk akal untuk tetap bertahan. Namun, sambil menunggu, mulailah mencoba melihat-lihat lowongan dan mulai mencari pekerjaan baru. Ini akan membantu Anda tetap positif ketika segala sesuatunya menjadi lebih buruk. Jika Anda harus pergi secepatnya, pertimbangkan pekerjaan sambilan yang akan membuat Anda tetap aktif saat Anda belum menemukan pekerjaan baru yang sesuai dengan karier dan cita-cita Anda.
Cara paling praktis untuk tidak terjebak ke dalam lingkungan kerja yang tidak sehat (Toxic Workplace / Toxic Work Environment) ya jangan sekali-sekali masuk, kalau pun sudah terlanjur masuk maka segeralah keluar sebelum merusak segala yang baik di diri Anda. Apapun yang mengorbankan kedamaian hati, maka itu terlalu mahal, karena tidak ada yang lebih berharga dari kedamaian hati yang dapat membuat hidup bahagia. "Anything that costs you your peace is too expensive."


Anything that costs you your peace is too expensive

Mengenali tanda-tanda lingkungan kerja yang tidak sehat dan cara menanganinya akan memungkinkan Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai situasi dan waktu Anda. Semoga pekerjaan Anda berikutnya adalah lingkungan yang benar-benar Anda idamkan untuk bekerja. 


-----------------------
Artikel ini adalah artikel terjemahan bebas dari: Signs You’re in a Toxic Work Environment and How to Handle It.



Artikel ini memiliki 2 Komentar

  1. Bisotisme Alhamdulillah sih saya bekerja di tempat yang tepat. Ibaratnya Menjalani hobi namun dibayar. Tidak ada yang salah poin2 diatas. Walau ada tapi hanya beberapa poin yang bersinggungan atau mendekati. Ini topik ringan hanya disampaikan dengan pola bahasa yang berat🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. :) iya bahasanya formal. Itu sudah ideal banget kalo kerja sesuai passion :) lingkungan kerja yang sehat, hepi terus deh

      Hapus