Meresapi Indahnya Ekowisata Mangrove Sunge Jingkem Sembilangan

Sunge Jingkem menjadi salah satu destinasi ekowisata mangrove yang tak pernah sepi pengunjung. Jika sebelumnya tempat ini hanya ada pohon-pohon dengan air kalinya yang tenang, sekarang berubah menjadi tempat ekowisata pesisir yang menarik dan terkenal di Kabupaten Bekasi
Meresapi Indahnya Ekowisata Mangrove Sunge Jingkem Sembilangan

Bermimpi menjadi seorang penulis yang telah saya tekuni sejak dari kelas 5 SD adalah mimpi yang paling berat untuk diwujudkan. Entah kekuatan apa yang membuat saya selama ini terus bertekad untuk mewujudkannya. Meski pada waktu lain saya merasa tak pantas dan tak pandai untuk bersikeras mengejar mimpi ini, tetapi saya akan terus menerus berusaha dan belajar agar impian ini menjadi kenyataan yang sempurna.

Dan saat ini saya benar-benar merasa bangga, seperti mendapat sebuah tantangan. Dengan senang hati saya akan memenuhi tantangan menulis dan memperkenalkan keindahan-keindahan yang ada di tempat tinggal saya, Kampung Sembilangan. Sebuah kampung yang diberkahi banyak kelebihan dan jarang diketahui orang luar, dan kini banyak dikagumi oleh para pelancong.

Namun demikian jiwa saya merasa tegang, apakah saya mampu menggambarkan beberapa lokasi istimewa dan bukti keberhasilan para pemudanya dalam menciptakan tempat-tempat wisata yang dicari para pecinta alam, seperti destinasi ekowisata Sunge Jingkem misalnya, bismillah saya akan mencobanya.

EKOWISATA SUNGE JINGKEM

Buat saya destinasi ekowisata Sunge Jingkem adalah wadah bertemunya ide-ide baik, yang mendorong perubahan-perubahan positif ,baik dari segi bentuk dan manfaat lokasinya. Memoles tempat yang sebelumnya sepi, sekarang banyak diminati para pengunjung karena kesejukan, dan pemandangannya yang begitu indah.
Meresapi Indahnya Ekowisata Mangrove Sunge Jingkem Sembilangan
  Dermaga Hati Ekowisata Sunge Jingkem Sembilangan 

Sunge Jingkem menjadi tempat ekowisata mangrove yang menghampar indah dinaungi pepohonan bakau dan mangrove yang tinggi, tumbuh sepanjang sungai tersusun bagai tumpukan buku-buku yang rapi, terus dirawat hingga menghasilkan pemandangan yang asri dan menyegarkan mata. Lokasinya bertempat di Kampung Sembilangan Desa Samudrajaya Rt 001/009, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.



Sebelum menjadi tempat ekowisata yang bagus seperti saat ini, lokasi yang kini menjadi surga para penikmat alam ini hanyalah sebuah kali yang sepi, rimbun, sejuk dan tentram, hingga pada akhirnya Sunge Jingkem menjadi salah satu destinasi ekowisata mangrove yang tak pernah sepi pengunjung. 

Jika sebelumnya tempat ini hanya ada pohon-pohon dengan air kalinya yang tenang, sekarang berubah menjadi tempat ekowisata pesisir yang menarik dan terkenal di Kabupaten Bekasi. Menarik untuk dikunjungi dan sering dipilih menjadi lokasi untuk mengabadikan moment berharga seperti prewedding atau sekadar penghias media sosial seperti Instagram dan lain-lain.


Meresapi Indahnya Ekowisata Mangrove Sunge Jingkem Sembilangan
  Rainbow Track Ekowisata Sunge Jingkem Bekasi  
Mendung belum tentu hujan, air yang pasang belum tentu banjir akan datang, daun yang jatuh bukan berarti pohonnya akan gugur. Sebuah luka hanya perlu obat yang dapat menyembuhkan, curahkan semua hal menyedihkan di atas gelombang air, berjalan di sepanjang titian bambu yang romantis, dikelilingi suasana tenang dan tempat-tempat nyaman untuk istirahat, rekreasi atau sekadar bersandar. 

Menemukan bahagia nyatanya tidak sesulit pemikiran sempit kebanyakan orang. Terkadang kesederhanaanlah yang akan membawa kita kepada bahagia yang tak terkira. Apalah artinya memuja yang begitu tinggi, tapi tak sadar akan keindahan-keindahan yang tersembunyi di rerimbunan hutan mangrove pesisir. Demikianlah, Sunge Jingkem yang dengan kesederhanaannya mampu menarik banyak wisatawan untuk menikmati suasana dan pemandangan.


Yang datang kami sambut, yang pergi kami persilakan dengan hormat. Ketertarikan hati membuat langkah-langkah kaki mereka menuju tempat ini, tak ada lain kami harap mereka mendapatkan keindahan yang memang mereka cari, dan meninggalkan tempat ini dengan menyadari satu hal, "Yang indah tak harus di kota, air yang sering terbuang-buang, daun-daun yang sering terhempas, jembatan bambu yang dianggap kotor, lukisan tangan yang tak dihiraukan, ternyata bisa menjelma dan berubah menjadi lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi".

Tak melupakan bagaimana perjuangan warga yang berhasil mencapai semua ini, tentunya membutuhkan proses dan kerja keras yang kuat. Namun tidak ada kalimat yang lebih baik daripada ucapan syukur, karena pada akhirnya, satu per satu mimpi Kampung Sembilangan kini terwujud. Rasa bangga, bercampur dengan haru menyaksikan dengan cepat semua itu hadir.
Meresapi Indahnya Ekowisata Mangrove Sunge Jingkem Sembilangan
Berita di koran lokal pembukaan Ekowisata Sunge Jingkem
Sebagai manusia biasa, terkadang hanya bisa berharap untuk mendapatkan kekuatan lebih untuk bertahan hidup. Berusaha mengembangkan hal-hal yang menjadi mimpi bersama, jika lelah kita bisa beristirahat, tapi untuk putus asa adalah suatu ketidakmungkinan. Bersama kita bangun apa-apa yang belum sempat kita sudahi. Tak ada kata menyerah untuk mencapai cita-cita. Membunuh ketakutan akan kegagalan, meyakini diri bahwa dengan ini semua usaha kita tidak akan sia-sia.

Anak kembar memang begitu manis, dan hanya orang-orang beruntung yang bisa melahirkan titipan itu. Jika jalan pertama adalah jalan yang buntu, kita pasti punya jalan kedua. Ekowisata Sunge Jingkem, memiliki anjungan jembatan kembar yang menarik untuk disinggahi, begitu manis, indah, meniti jembatan bambu menyeberangi kali, dan menjadi pusat perhatian yang paling tinggi. Tapi masih banyak lagi kelebihan tempat wisata ini, yang tidak bisa saya jelaskan melalui tulisan ini. 

Semoga tulisan-tulisan saya ini tak salah, karena inilah yang saya resapi tentang Ekowisata Mangrove Sungke Jingkem yang berada di tempat tinggal saya. Saya berharap ini akan menjadi awal yang baik untuk mimpi saya, ke depannya untuk keluarga dan kerabat saya, dan seterusnya untuk kampung saya ini. Amiin.


@FitriiIphii Meresapi Indahnya Ekowisata Mangrove Sunge Jingkem Sembilangan
Dari saya di Negeri Mangrove
SEMBILANGAN CITY

@FitriiIphii
Penulis adalah warga Sembilangan
Siswi Kelas XII MA Al Hidayah Sembilangan


Tulisan lain penulis: klik -->  Kampung Sembilangan dan Peranan Pemudanya.



14 komentar

  1. Untuk doa doa yang tersebar dalam tulisan dengan indahnya, saya bantu titipkan kata Amin supaya lekas di kabulkan... Sejuk, asri, dan damai. 3 kata yang menggambarkan indahnya ekowisata mangrove sungke jingkem sembilangan, semoga saya bisa kesana suatu hari nanti ya
    1. Terima kasih Mbak Nana, kalau ke Bekasi dan lowong kontak saya, dengan senang hati akan saya escort ke Ekowisata Mangrove di pesisir Kabupaten Bekasi ini mbak :)
  2. Mantap bang 👍👍👍
    1. Siap bang, tetap semnagat yah buat teman-teman FPPL dan para pengurus Sunge Jingkem, semoga keadaan dapat cepat lebih baik dan Ekowisata Sunge Jingkem ramai kembali :)
  3. Mantap, sukses selalu sunge jingkem sembilangan bekasi
    1. amiiin, terima kasih sudah mampir
  4. Sukses selalu ekowisata sunge jingkem bekasi
    1. amiiin, semoa tetap konsisten buat Sunge Jingkem Sembilangan
  5. Keren ini bang
    1. Terima kasih, silakan berkunjung ke Ekowisata Mangrove Sunge Jingkem Sembilangan untuk santai-santai dan menikmati kelimpahan oksigen hehehe
  6. Keren ini sunge jingkem
    1. banget, segar dan asik pemandangan wisata mangrovenya
  7. Udah terkenal banget ini ekowisata sunge jingkem, baru tau ada pesisir laut di bekasi, ada mangrove bekasi, keren dah 👍👍👍
    1. Keren, semoga ke depan akses menuju lokasi diperbaiki oleh Pemereintah Kabupaten Bekasi supaya destinasi wisata alam bekasi ini semakin mudah didatangi pengunjung :)
No Spam, Please.