AKU PONDOK GEDE (Menyibak Gelap Menggapai Terang)

PONDOK GEDE

Membicarakan Pondok Gede kepada generasi milenial bisa berarti membicarakan wilayah administratif sebuah kecamatan seluas 1.592.246 Ha yang terbagi menjadi 5 kelurahan, yaitu: Kel. Jatiwaringin, Kel. Jatimakmur, Kel. Jatibening, Kel. Jatibening Baru dan Kel. Jaticempaka, namun belum tentu demikian bagi generasi sebelumnya.

Itu karena sampai dengan sekitar tahun 1978, Pondok Gede juga mencakup wilayah-wilayah yang sekarang dikenal dengan Kecamatan Jatiasih, Jatisampurna dan Pondok Melati.

Mengingat kembali Pondok Gede dalam bingkai kesejarahan tentunya berguna bagi generasi sekarang untuk lebih mengenali kembali identitas wilayah tempat tinggalnya sebagai salah satu unsur identitas diri.

Dengan demikian membicarakan kembali sejarah Pondok Gede menjadi penting agar dapat mengisi kekosongan identitas dan menganyam kembali rasa nasionalisme pada diri generasi muda yang pada gilirannya akan menghidupkan kembali kolektivitas dan jiwa patriotisme para pemuda Pondok Gede dan pemuda Bekasi umumnya.

Dimulai dari kepercayaan diri mengaku: Aku Pondok Gede, kemudian Aku Bekasi, lalu Aku Jawa Barat hingga berujung pada Aku Indonesia, diharapkan akan menjadi karakter dan kesatuan tekad sebagai modal untuk menghadapi segala tantangan di masa depan.

Namun demikian, berbicara sejarah tidak semudah membicarakan fiksi atau cerita, diperlukan data, fakta, saksi sejarah dan berbagai sumber lainnya agar potret yang didapatkan menjadi lebih detail dan lengkap.

Sulitnya menggali berbagai sumber ini menjadi beban berat yang akhirnya menghentikan penelusuran kesejarahan di banyak tempat termasuk di Pondok Gede ini.


AKU PONDOK GEDE (Menyibak Gelap Menggapai Terang)

AKU PONDOK GEDE

Sejarah adalah masa lalu yang darinya kita dapat bercermin dan introspeksi. Belajar dari sejarah akan membuat wawasan kita lebih lengkap dan diharapkan dapat mengambil keputusan dengan lebih bijaksana.

Karenanya Yayasan Al Falah yang peduli dengan pendidikan ingin tugas berat ini bukan hanya menjadi beban sejarawan, tapi masyarakat setempat harus berperan aktif menggali dan mencari sumber-sumber sejarah yang sekiranya masih ada di sekeliling lingkungannya.

Lokasi akan bertempat di lingkungan SMK Merah Putih, Rawa Bacang, Jl. Pasar Kecapi No. 2, RT 000/14, Jatirahayu, Pondok Melati, Bekasi 17414. "AKU PONDOK GEDE (Menyibak Gelap Menggapai Terang)" digelar di lingkungan sekolah dengan menyasar para pelajar dan pendidik, event ini adalah kegiatan edukatif yang terbuka untuk umum agar masyarakat juga dapat terlibat secara positif.

Dengan menggandeng Komunitas PENTER yang giat melakukan diskusi kesejarahan dan kebudayaan, insya Allah pada hari Sabtu, 2 Maret 2019 di SMK Merah Putih (Yayasan Al Falah) akan menggelar diskusi kesejarahan dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten. Harapan dilaksanakannya diskusi ini adalah sebagai pemantik upaya panjang menggali sejarah Pondok Gede dan Bekasi pada umumnya kepada para hadirin. 

Hadir untuk meramaikan acara ini beberapa pengisi acara dan narasumber antara lain; Dr. Anhar Gonggong (Sejarawan Nasional), Dr. Tri Wahyuning M. Irsyam M.Si (Dosen Sejarah FIB UI), G.J Nawi (Pegiat Sejarah & Penulis Buku "Maen Pukulan"), Syamsuddin HS (Pegiat Sejarah dan Budaya), Kong Guntur Elmogas (Seniman Situn Bekasi), Jaya Golok (Atraksi Seni Silat), Sorakan Oray (Atraksi Ular Kasundaan), Afiat Cahyo Wiwoho (Taman Baca Tanjung), Ari Trismana (Watchdoc Documentary), dan saya sendiri bersama AtmaGo dalam workshop literasi digital. Acara ini juga didukung oleh Pemerintah Kota Bekasi khususnya Diskominfostandi dan Disparbud Kota Bekasi.

Kegiatan ini dirangkum dalam event "AKU PONDOK GEDE (Menyibak Gelap Menggapai Terang)" yang akan diisi dengan kreativitas kesenian dan kebudayaan serta akan diramaikan dengan pentas kreasi seni para pelajar dan pemuda dari berbagai komunitas, Bazaar dan pameran, pemutaran film dokumenter serta dialog sejarah dan budaya.

Acara ini gratis, kita hanya perlu membayar dengan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari acara ini dan merasakan kembali cinta yang pernah kita punya.

Peta Lokasi Acara


Yuk ramaikan acaranya :)



1 Komentar:

  1. Keren ini acaranya, salut ada sekolah membuat acara seperti ini 👍

    BalasHapus