Belajar Mewarnai di Sanggar Lukis Cinong Bekasi

Belajar Mewarnai di Sanggar Lukis Cinong Bekasi
Kak Mae mendampingi adik-adik mewarnai
Melihat coretan-coretan di dalam buku pelajaran anak, saya jadi ingat waktu kecil karena sering mendapat teguran akibat suka menggambar (atau lebih tepatnya corat-coret) berbagai hal di buku tulis. Bukan karena tidak ada buku gambar, tapi karena desakan spontanitas.

Bisa jadi menggambar di buku tulis adalah pengisi waktu di sela-sela kebosanan saat pelajaran, semacam "escape" karena sudah tidak konsentrasi mengikuti pelajaran. Hal yang sama masih saya lakukan dalam rapat-rapat atau pertemuan jika sudah mulai tidak dapat menyimak atau sudah "tidak nyambung", yah "like father like son" atau "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". :D

Saat kecil tentu saya tidak paham bahwa kegiatan menggambar dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik halus. Saat ini kegiatan menggambar bagi saya seperti meditasi atau semacam latihan emosi.
Belajar Mewarnai di Sanggar Lukis Cinong Bekasi
Kegiatan mewarnai bermanfaat untuk anak

Manfaat Belajar Mewarnai Bagi Anak

Manfaat mewarnai bagi anak itu saya kira tidak berbeda jauh dengan manfaat menggambar, malah lebih kaya nuansanya. Walaupun kegiatan tersebut sama-sama menggerakkan tangan dan melatih motorik halus, mewarnai memiliki dimensi yang lebih dalam karena banyak hal yang mesti diperhatikan, seperti memahami batas bidang, memahami warna serta gradasinya dan lain-lain.

Menurut Kak Mae, instruktur di Sanggar Lukis Cinong Bekasi, kegiatan mewarnai juga bertujuan untuk melatih konsentrasi anak agar dapat selalu fokus pada pekerjaannya di tengah aktivitas lain di sekelilingnya.
Mewarnai bertujuan untuk melatih konsentrasi anak agar dapat fokus pada pekerjaannya.
Kemampuan berkonsentrasi dalam berbagai gangguan di sekelilingnya inilah yang nantinya akan bermanfaat bagi anak dalam menyelesaikan apapun yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

"Mewarnai itu merupakan wadah dan program bagi anak-anak usia dini untuk mengekspresikan diri, perasaan, ketakutan, maupun imajinasinya," ungkap Kak Mae saat ditanyakan mengenai manfaat belajar mewarnai.


"Mewarnai juga menjadi sarana yang sangat tepat untuk merangsang memori anak, melatih motorik halus dan kesabaran serta mengembangkan kreativitasnya juga melatih keterampilan, namun yang terpenting itu melatih anak untuk bisa percaya diri," lanjut Kak Mae yang menggunakan nama Mae Surahman pada Facebooknya ini.
Galeri Sanggar Lukis Cinong Bekasi
Galeri Sanggar Lukis Cinong Bekasi
Lebih jauh lagi, kita juga dapat mengenal karakter anak melalui kegiatan menggambar dan mewarnai. Seperti diketahui secara umum bahwa warna memiliki hubungan dengan emosi. Kemudian cara anak menarik garis dan menggunakan krayon untuk mewarnai juga mengekspresikan sifat dan karakter mereka.

"Menggambar dan mewarnai dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan ekspresif untuk menyalurkan kepenatan sehingga meringankan stres pada anak," lanjut Kak Mae yang juga bekerja di Sanggar Lukis Kak Ben sejak 2005.

Prestasi yang diraih Sanggar Lukis Cinong Bekasi setelah 1 tahun berjalan antara lain:

  1. Juara 1, 2, 3 lomba mewarnai Hut Desa Babelan Kota tahun 2017;
  2. Juara harapan 1 lomba mewarnai tingkat kabupaten yang diadakan oleh salah satu merek produk susu;
  3. Juara 1, 2, 3 lomba mewarnai antar sekolah yang diadakan oleh salah satu merek produk susu;
  4. Juara harapan 3 lomba mewarnai yang diadakan oleh grup ISPI Babelan;
  5. Juara 1 lomba mewarnai yang diadakan oleh salah satu gerai minimarket Wisma Asri
  6. Juara harapan 1 lomba mewarnai yang diadakan oleh BTC mall;
  7. Juara 1, 2, 3 lomba mewarnai yang diadakan oleh salah satu gerai minimarket;
  8. Juara 3 lomba mewarnai yang diadakan oleh salah satu gerai fast food di Villa Mutiara Gading 2;
  9. Juara 1 lomba mewarnai tingkat TK yang diadakan oleh SDIT Insan Mulia Tambun Utara;
  10. Juara 3 lomba mewarnai yang diadakan oleh AEON Mall Cilincing; dst.

Ketika ditanyakan apakah Kak Mae memiliki dasar pendidikan khusus di bidang mewarnai atau desain, Kak Mae menjawab halus bahwa dirinya hanya menjalankan hobi dan belajar dari Sanggar.

"Semua berawal dari hobi kemudian lanjut belajar sendiri lalu ikut Sanggar Kaben, dari situ saya mulai menekuni hobi saya terutama dalam seni mewarnai gambar," jelas Kak Mae yang tinggal di wilayah Babelan Kota ini.

"Biarkanlah anak-anak berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka. Jangan beranggapan bahwa mewarnai tidak ada manfaatnya jika dibandingkan dengan pelajaran-pelajaran sekolah (akademis)," tutup Kak Mae berpesan kepada masyarakat dan khususnya pada orang tua yang memiliki anak.
***
Belajar Mewarnai di Sanggar Lukis Cinong Bekasi
Mewarnai dapat melatih konsentrasi
Senada dengan penjelasan Kak Mae, Bu Gina Anggraini yang kedua anaknya ikut belajar mewarnai di Sanggar Lukis Cinong Bekasi mengaku bersyukur ada kegiatan belajar mewarnai di Sanggar Lukis Cinong Bekasi yang banyak manfaatnya.

"Alhamdulillah banyak sekali manfaatnya yang saya rasakan untuk anak-anak saya, imajinasi dan kreasi anak saya terus berkembang hingga mengerti memadukan gradasi warna yang sesuai. Begitu juga adiknya sudah dapat membedakan dan memadukan warna-warna sesuai seleranya," jelas Bu Gina yang sehari-hari berprofesi sebagai pengajar di salah satu sekolah di Bekasi.

2 anak saya juga sebetulnya belajar mewarnai dan menggambar dipandu Kak Mae, Alhamdulillah sudah hampir penuh 1 sudut dinding rumah dengan hasil kreasi mereka :)

Menarik juga ngobrol soal manfaat mewarnai bersama Kak Mae yang tidak pernah menolak untuk mendampingi anak-anak untuk belajar mewarnai walaupun yang datang hanya 1 orang ini. Sanggar Lukis Cinong Bekasi ini mulai aktif sekitar bulan Juli 2017 atas permintaan Bang Jamal selaku Ketua Perguruan Silat Cinong Bekasi.

Adapun jadwal belajar di Sanggar Lukis Cinong Bekasi adalah hari Sabtu jam 14.00 sampai dengan 17:30 WIB dan hari Minggu pukul 14.00 sampai dengan 16.00 WIB di Saung Lukis Cinong atau di aula Balai Desa Babelan Kota Kecamatan Babelan, Bekasi.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kak Mae: WhatsApp 0812 9528 2925 atau bisa langsung datang ke Saung Perguruan Silat Cinong Bekasi di Jalan Gelora Babelan Rt.018 RW 03 Desa Babelan Kota Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.





***

Artikel ini memiliki 11 Komentar

  1. Asikk sekali ya. Jadi pngen mewarnai lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lagi "escape" atau skip saya biasanya menggambar corat coret gak jelas 😂 bagusan hasil gambar anak-anak hehehe

      Hapus
  2. Keren kegiatan mewarnai nya..
    Boleh ikutan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja sih, tapi belajarnya bareng sama anak-anak :D untuk SMP ke atas beda lagi kelasnya hahaha

      Hapus
  3. Ada hikmah dari Tulisan Ini. Bukan hanya asyik dan keren tapi mengajarkan kita bagaimana cara orang dewasa mendampingi anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, saya beberapa kali kebagian tugas mengantar jemput dan yah anak-anak dengan tertib dan disiplin belajar mewarnai sampai selesai baru deh bermain bebas :)

      Hapus
  4. Terberkatilah Kak Mae yang mau menjadi instruktur di sanggar ini, dan lebih keren lagi semua karena hobi. Salut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin. apapun yang berawal dari hobi dan passion mah enjoy ajah :) semoga terus berprestasi buat Cinong Bekasi :) makasih Kak Tuteh

      Hapus
    2. Siiiip! Siap, sama-sama Om Bisot hahaha :D

      Hapus
  5. Waaah ..., kalau di dekat tempat tinggalnya adikku ada kegiatan menggambar dan mewarnai seperti di sanggar lukis Cinong ini, si Celyn ponakanku pasti bersemangat banget ikutan.
    Ponakanku tuh antusias banget hal seni dan sewaktu liburan ke kampung mural di Salatiga, Celyn ngga mau buru-buru pulang karena semangat mandangin lukisan2 muralnya.
    Omnya ini yang akhirnya sibuk jelasin cara melukisnya padahal aku sendiri ngga tau caranya wkkkwkkkk 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalau begitu om-nya sekalian belajr atau belajar melukis duluan hehehe. Salam yah buat Celyn, semoga bisa dapat pembimbing seni yang mantap :)

      Hapus