Mengaktifkan blogger mobile templates

Mengaktifkan mobile templates atau mobile friendly version di blogspot atau blogger.


Pertama login ke blogger melalui http://draft.blogger.com/

Selanjutnya centang opsi bertuliskan “Make Blogger in Draft my default dashboard.” atau "Jadikan Blogger dalam Konsep sebagai dasbor default saya." bagi yang menggunakan setting berbahasa Indonesia seperti saya :) menunya ada di bagian kanan atas Dashboard Blogger in Draft.



biasanya saat pertama kali masuk Dashboard Blogger in Draft, akan muncul notifikasi untuk mengaktifkan fitur Mobile Templates. Silahkan klik tombol bertuliskan “Turn on mobile templates”.


Saat ini di dashboard saya tidak muncul notifikasi tersebut, karena saya telah mengaktifkan mobile template, jadi kalau tidak ada notifikasi seperti itu kita bisa setting mobile templates ini di bagian Setting => Email & Mobile. Di situ juga disediakan tombol untuk preview tampilan mobile blog kita. Lihat gambar di bawah ini. *hanya akan muncul jika kita login melalui http://draft.blogger.com/



jangan lupa klik menu "save" untuk menyimpan settingan tersebut.


Pada halaman tersebut juga terdapat menu "mobile preview", klik saja untuk mengetahui seperti apa tampilan blog kita saat aktif dalam mobile template.

Trik mudah untuk membuka mobile friendly version view adalah menambahkan kode "/?m=1" di akhir alamat blog kita pada address bar. Misalnya blog yang sementara ini sedang saya kerjakan kustomasi desaign blognya dengan alamat: http://quena-cupcakes.blogspot.com untuk melihat tampilan mobilenya silahkan tambahkan kode tadi sehingga di alamat browser menjadi: --> http://quena-cupcakes.blogspot.com/?m=1

kalau misalnya alamat postingan beralamat: http://quena-cupcakes.blogspot.com/2010/05/kue-parcel_27.html maka tinggal tambahkan ?m=1   menjadi http://quena-cupcakes.blogspot.com/2010/05/kue-parcel_27.html?=1



Penampakan blog dalam mobile template


versi lain dari blog resminya:


Mobile template dari blogger ini masih beta, sehingga masih memerlukan cara di atas untuk mengaktifkannya, dan belum semua tipe browser mobile dapat otomatis mendeteksi settingan blogger mobile template ini.

Kalau sudah resmi di rilis, mungkin tidak perlu cara demikian :)

Semua masih dalam pengembangan, tapi setidaknya tidak perlu susah mendaftar di berbagai aplikasi yang menyediakan layanan mobile template seperti di ttp://bloggertouch.appspot.com/ dlsb.
Beberapa versi blog ini dalam tampilan mobile template atau mobile version silahkan klik di SINI

Kalau mau tahu perkembangan selanjutnya pantau terus di sini atau langsung ke http://bloggerindraft.blogspot.com/
Itu saja tutorial kali ini., salam

Artikel ini memiliki 6 Komentar

  1. Saya sudah mengaktifkan tapi di WP. :P

    BalasHapus
  2. pake pluggin apa mas kalo di WP? :)

    BalasHapus
  3. makasih om isot! nice share

    BalasHapus
  4. hehe.. pas banget dengan kebutuhan info dari agan.. tenkiu.. skg blogku bisa diakses versi mobile

    BalasHapus
  5. Bloggku juga aktiv gara-gara ini. Thanks, om.

    BalasHapus