Sukses Update MIUI 13 di HP Xiaomi dengan Cara Local Update

Sukses Update MIUI 13 di HP Xiaomi dengan Cara Local Update

Setelah berkali-kali gagal melakukan Update MIUI 13 dengan cara upgrade langsung di handphone melalui fitur Over The Air (OTA), akhirnya saya beranikan diri mengupdate MIUI 13 Xiomi Redmi Note 10 saya melalui cara alternatif. BTW MIUI 13 ini berbasis Android 12 dengan segala fitur terbarunya.

Ternyata update MIUI 13 gak sesulit yang saya bayangkan, download file Rom, pindahkan ke memory HP, update, tunggu sebentar sudah selesai.

Sebelum mencoba saya sudah backup, baik backup internal di HP juga backup eksternal, ternyata file backup yang saya siapkan enggak terpakai. Update berjalan mulus tanpa ada aplikasi yang hilang.

Cara saya mengupdate MIUI 13 ini bisa juga disebut Local Update karena file updater berada dalam HP kita (Lokal).


Cara Local Update punya beberapa kelebihan dan kekurangannya. 

Kelebihan menggunakan metode ini antara lain: 
√ bisa digunakan baik HP UBL atau Tanpa UBL; 
√ bisa digunakan pada semua HP Xiaomi baik dengan prosesor MediaTek atau Snapdragon; 

Beberapa kekurangan cara Local Update: 
− hanya bisa digunakan saat HP Menyala normal atau tidak Bootloop; 
− tidak bisa untuk Pindah ROM (Distributor ke Global Stable / China / Developer); 
− tidak bisa untuk Downgrade; 
− tidak bisa mengatasi Bootloop; 


File yang dibutuhkan dan cara Update MIUI 13: 

Pertama wajib Unduh ROM dari link berikut: 

Besar file ROM MIUI 13 sekitar 3GB. Jadi pastikan proses download berjalan lancar. Baik menggunakan WiFi yang kecepatannya "lumayan" atau quota internet kamu mencukupi dan stabil.

Oh iya, pastikan juga kamu mendownload ROM yang sesuai dengan device yang kamu gunakan. Misalkan HP kamu sekarang menggunakan ROM Global Stable, berarti ROM yang kamu harus download adalah versi Global Stable bukan versi lainnya;

Pastikan kamu mendownload ROM yang sesuai dengan device yang kamu gunakan. Misalkan HP kamu POCO atau REDMI, berarti ROM yang kamu harus download ya ROM khusus untuk device tersebut, jangan sampai salah, karena bisa mengakibatkan gagal update dan bisa jadi HP kamu jadi tidak berfungsi;

Sebaiknya kapasitas baterai full 100% atau minimal 80%, karena proses update cukup menyedot daya dan kalau HP mati dalam proses bisa berisiko bootloop dan risiko lainnya; 


Cara Flash / Update ROM Xiaomi MIUI 13 via Local Update: 

Pindahkan ROM Recovery yang sudah diunduh (download) ke memori Internal Handphone. Simpan di Internal Storage dalam folder “downloaded_rom“. Kalau enggak ada kamu bisa buat sendiri folder “downloaded_rom“.

Jika file ROM sudah ada di dalam HP selanjutnya masuk ke aplikasi Pengaturan » Tentang telepon » Pembaharuan sistem.

Sukses Update MIUI 13 di HP Xiaomi dengan Cara Local Update


Sentuh tiga titik yang berada di pojok atas, lalu “Pilih Paket Pembaharuan“.

Apabila “Pilih Paket Pembaharuan” tidak ada / tidak muncul pada pilihan tiga titik. Maka aktifkan dahulu menu tersebut dengan mengetuk (sentuh) gambar MIUI sebanyak 10 kali, sampai muncul notifkasi “Tambahan fitur pembaharuan hidup.”

Sukses Update MIUI 13 di HP Xiaomi dengan Cara Local Update


Apabila “Pilih Paket Pembaharuan” tidak ada / tidak muncul pada pilihan tiga titik. Aktifkan dahulu dengan Sentuh (ketuk) gambar MIUI sebanyak 10 kali, sampai muncul notifkasi “Tambahan fitur pembaharuan hidup”

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke File Manager. Cari ROM MIUI yang sudah kamu download tadi di dalam folder internal, apabila sudah ketemu, pilih filenya dan klik OK

Sukses Update MIUI 13 di HP Xiaomi dengan Cara Local Update


Tunggu sampai proses “Mendapatkan Info” selesai. Pastikan device kamu tersambung ke koneksi Internet baik via data seluler / wifi agar proses setting setelah update ROM berjalan lancar.

"Hapus Data" tidak usah dicentang jika kamu masih ingin menggunakan aplikasi dan data yang ada HP, lalu sentuh "Berikutnya." Selanjutnya, sentuh “Mulai ulang dan pembaharuan.“

Sukses Update MIUI 13 di HP Xiaomi dengan Cara Local Update

Handphone akan otomatis restart dan mulai mem-Flash ROM MIUI 13. Proses ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, tergantung tipe device yang kita gunakan. Apabila sudah masuk Homescreen, berarti kita sudah berhasil meng-update MIUI 13. Sampai tahap ini proses update MIUI 13 telah selesai.

Setelah selesai, semua aplikasi masih sama seperti sebelum di-update dan semua berjalan normal. 

Demikian cara saya mengupdate MIUI 13 di Hp xiaomi saya. Ada beberapa cara untuk upgrade MIUI, tapi saya hanya membagikan yang saya tahu saja, untuk cara lain silakan cari di forum-forum Xiaomi atau di blog lain. 

Kalau ada yang mau ditanyakan, silakan tanya di form komentar.



Salam :)


comments

No Spam, Please.

Lebih baru Lebih lama