VIRUS AKHIR TAHUN

Weekend kali ini sebagian waktunya bisot gunakan untuk membaca. Ada 4 majalah nih, Mabuhay keluaran philippine Airline edisi November 2007, CHIP dan PC Media, yang satu lagi mah majalah dari kantor (tetep aja majalah khan.. wkkkkk).

Nah bisot mau share yang dari Chip nih. Mungkin sudah dibahas kali yah di Club CHIP ?.



Pada halaman 154 Chip edisi november 2007 sekilas dibahas tentang virus W32/Luder dan W32/Drev.

Nah kedua virus ini menyebar lewat e-mail. Letak perbedaannya ialah jika W32/Luder masuk melalui attachment e-mail dengan nama samaran "post-card.exe", biasanya modus penyebaran seperti ini sudah diketahui dan akan terdeteksi oleh provider e-mail, mailserver atau oleh admin jaringan. Jikapun lolos virus jenis ini sudah dikenal oleh banyak anti virus sehingga akan segera terdeteksi, kecuali jika komputer yang kita pakai tidak menggunakan layanan anti virus.

Lain lagi dengan Virus W32/Drev yang lebih cerdik. Email yang kita terima tidak mengandung attachment, alamat pengirim juga tidak mencurigakan karena menggunakan nama server atau situs yang melayani e-card greeting (kartu ucapan on-line) tanpa menampilkan bentuk e-card atau kartu ucapan elektronik. Email ini hanya mengandung sebuah link atau url alamat e-card tersebut, jika kita ingin melihat dan mengetahui siapa yang mengirimnya kita diarahkan untuk meng-klik link atau url tersebut, inilah pintu digunakan oleh W32/Drev untuk masuk dan menginfeksi system komputer kita. Saat kita klik link atau url yang katanya untuk melihat kartu ucapan itu, ternyata untuk mendownload virus yang memalsukan namanya dengan "post-card.exe".


Reff; Majalah Chip. Si cerdik yang berbahaya oleh Alfons Tanujaya (vaksin.com)
-----

Ulasan ini menjadi menarik bagi saya karena sebentar lagi ada 2 Hari raya besar yaitu hari natal dan tahun baru 2008. Dua acara ini tentu akan dimanfaatkan oleh sebagian kita untuk memberikan ucapan-ucapan salah satunya melalui layanan pengiriman kartu ucapan elektronik atau e-card yang kita kirim ke e-mail rekan, sahabat, keluarga dst.

Kondisi inilah yang dimanfaatkan untuk penyebaran virus, spyware, trojan dlsb dengan modus seperti di atas.

So dear blogger, jangan senang dulu jika mendapatkan kartu elektronik yang masuk dalam email kita, perlu diselidiki dahulu, jangan-jangan itu ulah para penjahat dunia maya yang naksir sama kita (Narsis mode on... wkkkkk).


Da ah, bisot mau ke Bekasi nih.. mudah-mudahan gak hujan.



Met weekend, Luff U n Peace Brur n ses

salam.







  Komentar: 6 

sarojini   Minggu, 9 Desember 2007 @ 12:20 WIB   
makasih yach infonya.. mudah2an ga kejebak..
sastrawiguna   Minggu, 9 Desember 2007 @ 12:53 WIB  
met wiken 2

info nya, ok punya...tengkiyu
haerul sohib   Minggu, 9 Desember 2007 @ 12:55 WIB   
thank infonya, dan selamat jalan cess, semoga perjalananya menyenangkan dan ngak terjebak dalam macet yg begitu padat, see u, baji-baji ki di
ratu_balqis   Minggu, 9 Desember 2007 @ 12:57 WIB   
sebenrnya ratu sieh kagak faham...
tapi ...cuma ikut mampang aja....
cuma nyuruh km u/ mampir ke blog nya ratu....
herdiboy   Senin, 10 Desember 2007 @ 11:07 WIB  
mengenai virus, gw kemaren jalan2 ke toko buku, ada buku yang menarik perhatian gw tentang pembuatan virus, disitu ditulis kira2 begini; kalo gw ini seorang pakar komputer dan bisa menciptakan virus, gw buat virus aja, lalu gw sebar, setelah itu gw jual antivirusnya, tohh gw akan punya pendapatan.. gila kaga tuh ?
oceph   Senin, 10 Desember 2007 @ 13:17 WIB   
jangan2 lo pernah kejebak juga ya sot...hahaha...dasar tukang gratisan sih...maen klik2 aza

Klik untuk komentar