Apa Itu ChatGPT dan Google Bard? Apa Beda dan Manfaatnya?

Meski sama-sama menggunakan kecerdasan buatan, ChatGPT dan Google Bard punya fitur yang beda. Daripada bingung mending Simak dulu perbedaannya di sini
Apa Itu ChatGPT dan Google Bard? Apa Beda dan Manfaatnya?

Apa Itu ChatGPT dan Google Bard? Apa Beda dan Manfaatnya?

Chatbot Artificial Intelligence (AI) sekarang lagi ngetrend banget karena bisa bantuin kerjaan kita dan bisa membantu kita dalam beberapa hal dengan memanfaatkan tekhnologi kecerdasan buatan. Tapi, meski sama-sama AI, ChatGPT dan Google Bard punya fitur yang beda. Nah, bingung mau pilih yang mana? Mending kamu simak dulu perbedaannya di sini. 

Tapi sebelumnya kamu sudah tahu apa itu Artificial Intelligence atau AI kan? 
Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan intinya merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat sistem komputer mampu meniru kemampuan intelektual manusia.

Perbedaan ChatGPT dan Google Bard

ChatGPT dan Bard adalah dua model bahasa besar (Large language Models - LLM) yang telah populer dalam beberapa tahun terakhir. Keduanya mampu menghasilkan teks, menerjemahkan bahasa, menulis berbagai jenis konten kreatif, dan menjawab pertanyaan Anda dengan cara yang informatif. Namun, ada beberapa perbedaan penting antara kedua model tersebut.

Perbedaan utama antara ChatGPT dan Bard adalah dataset pelatihan mereka. ChatGPT dilatih pada dataset teks dan kode yang sangat besar, sedangkan Bard dilatih pada dataset teks dan kode yang lebih kecil, tetapi juga mencakup informasi dari dunia nyata. 

Hal ini berarti bahwa Bard lebih baik dalam memahami dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan dunia nyata, sedangkan ChatGPT lebih baik dalam menghasilkan format teks kreatif, seperti puisi, kode, skrip, karya musik, email, surat, dll.

Perbedaan lain antara ChatGPT dan Bard adalah arsitektur mereka. ChatGPT adalah model Generatif Pre-trained Transformer (GPT), sedangkan Bard adalah model faktual pre-trained transformer (FPT) dan Palm 2 (Pathways Language Model)

Model GPT lebih baik dalam menghasilkan teks kreatif, sedangkan model FPT lebih baik dalam menjawab pertanyaan dengan cara yang informatif.

Terakhir, ChatGPT dan Bard memiliki tujuan yang berbeda. ChatGPT dirancang untuk menjadi model percakapan yang ramah pengguna, sedangkan Bard dirancang untuk menjadi model bahasa yang informatif. Hal ini berarti bahwa ChatGPT lebih baik dalam menghasilkan percakapan yang menarik dan menyenangkan, sedangkan Bard lebih baik dalam memberikan informasi yang akurat dan relevan.

Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan utama antara ChatGPT dan Bard:

FiturChatGPTBard
Dataset pelatihanTeks dan kodeTeks, kode, dan informasi dunia nyata
ArsitekturGPTFPT
TujuanModel percakapanModel bahasa
KekuatanTeks kreatifJawaban pertanyaan
KelemahanJawaban pertanyaanTeks kreatif

Secara keseluruhan, ChatGPT dan Bard adalah dua model bahasa besar yang kuat dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Model mana yang lebih baik untuk Anda tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda mencari model untuk menghasilkan teks kreatif, ChatGPT adalah pilihan yang baik. Jika Anda mencari model untuk menjawab pertanyaan dengan cara yang informatif, Bard adalah pilihan yang baik.

Bard memberikan informasi yang berguna. Namun, ChatGPT memberikan informasi yang sangat detail.
Oh ya, satu lagi perbedaan yang signifikan, ChatGPT menjawab pertanyaan berdasarkan database tahun 2021 ke bawah, sedangkan Bard menjawab pertanyaan berdasarkan informasi realtime dari data pencarian google.

Sementara itu dulu, kalau masih ada dan mau ditambah silakan beri masukan di kolom komentar :)

Alternatif selain ChatGPT dan Bard

Alternatif selain ChatGPT dan Bard

Ada alternatif generator konten AI lainnya yang tersedia saat ini. Ada juga beberapa startup yang mengerjakan proyeknya sendiri, termasuk Chatsonic, Jasper, Open Assistant, dan Wordtune dan lain-lain. Mesin pencari terbesar di China, Baidu, juga menggunakan AI dengan aplikasi bernama Ernie Bot.

Masa depan AI dalam pemasaran pastinya terus berubah dan beradaptasi dengan menemukan kegunaan tambahan di luar pembuatan konten, seperti layanan pelanggan, pengoptimalan email, rekomendasi produk, dan postingan media sosial. Jadi ke depannya persaingan layanan serupa akan semakin ketat dan tentunya akan lebih banyak pilihan.

Salam.


Posting Komentar

No Spam, Please.