7 Browser Android Terbaik Untuk Berselayar Di Ponsel

Setiap orang memiliki kebutuhan berbeda dalam menggunakan peramban internet atau browser. Ada yang membutuhkan browser dengan kemudahan download, ada orang yang membutuhkan browser dengan ukuran kecil untuk menghemat memori HP android, ada yang suka dengan tampilannya, ada yang butuh browser yang seudah terintegrasi feeds berita, notifikasi sosial media dan lain-lain. Tapi saya kira semua orang akan meninggalkan browser yang berat atau lama dan lemot serta banyak iklan saat digunakan.

7 Browser Terbaik Untuk Berselayar Internet Di Ponsel
Ilustrasi dari risalahku.com
Saat kegiatan kita berselancar di dunia maya dengan browser atau peramban tertentu dan terasa agak "lalod" alias lambat loading, jangan buru-buru salahkan jaringan internet. Banyak hal yang membuat peramban menjadi lalod di luar buruknya jaringan atau sinyal, antara lain adalah iklan, tracker, script pemantau dan lain-lain, tapi yang paling sering dikambinghitamkan adalah iklan. Untuk mengatasi iklan kemudian kita mengenal istilah "Adblocker".

Istilah adblocker yang berfungsi menyaring atau memblokir iklan ini sudah lama dikenal. Adblock, salah satu ekstensi peramban yang terkenal sudah ada sejak tahun 2009.

Untuk kita sebagai pengguna, keuntungan dari memblokir iklan pada web adalah isi web akan lebih cepat dan lebih bersih karena bebas dari iklan, manfaat lain juga menurunkan hal-hal yang memperlambat kinerja gawai (menghemat bandwidth, menurunkan kerja CPU, menghemat memori, dan lain-lain) karenanya, memblokir iklan juga dipercaya dapat menghemat penggunaan energi yang berefek pada penghematan sumber daya dan bikin batre awet.

Sebagai pengguna Android banyak peramban yang sudah memiliki pemblokir iklannya masing-masing, bahkan beberapa peramban adalah pengembangan dari aplikasi pemblokiran iklan, seperti Free Adblocker Browser buatan Rocketshield, Adblock Browser for Android buatan Eyeo GmbH dan banyak lagi.

Untuk kecepatan loading dan pemblokiran iklan, peramban yang saya andalkan Brave browser baru kemudian Firefox Rocket dan VIA. Untuk sinkronisasi antara browser di PC/Laptop dan HP saya mempercayakan pada Chrome, yah kecepatannya juga lumayan tapi masih di bawah 2 browser yang saya sebut pertama. Tapi untuk keperluan ngutak-ngatik desain blog di PC saya selalu menggunakan Mozilla Fire Fox, entah karena sudah terbiasa atau banyaknya dukungan addon yang cukup memudahkan seperti Web Developer, Firebug, Measureit, ColorZilla dlsb, namun sekarang addon ini sebagian besar juga sudah tersedia untuk peramban Chrome di PC/Laptop. 

Dari ocehan di atas sudah ada berapa browser saya sebut?

1. Free Adblocker Browser
Untuk pengalaman browsing bebas iklan, AdBlocker Browser adalah salah satu alternatif terbaik untuk Chrome, Dolphin dan Firefox. Beberapa fitur-fiturnya antara lain: blok semua jenis iklan dan cookie, notifikasi ketika ada malware dan adware, tidak diperlukan pendaftaran  untuk menggunakannya.

Browser Android Terbaik Untuk Berselayar Di Ponsel

2. Adblock Browser for Android
Adblock Browser for Android banyak memiliki fitur berguna yang kurang lebih sama saja dengan Free Adblocker Browser, ada beberapa menu lebih yaitua antara lain dapat menonaktifkan cookie untuk meningkatkan privasi dari script-script yang melacak gerakan online Anda. Adblock Browser for Android juga mampu memblokir domain malware dan menonaktifkan tombol berbagi media sosial sehingga diyakini dapat memuat konten web secara lebih cepat.

3. Brave Browser
Brave dikembangkan oleh Brendan Eich guna memberi kenyamanan bsaat browsing agar tidak terganggu oleh banyaknya iklan yang muncul. Brave tidak serta merta menghilangkan semua jenis iklan. Iklan yang tidak berusaha "mencuri" data pengguna tetap akan ditayangkan. Yang perlu dicatat adalah Brave berusaha menggantikan iklan yang mereka blok dengan iklan mereka sendiri.

4. Firefox Rocket
Mozilla berinisiatif mengembangkan Firefox Rocket, browser Android cepat dan ringan yang disesuaikan untuk pengguna Indonesia. Dengan Ukuran APK hanya sekitar 2 MB fitur utama Firefox Rocket antara lain Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images. Pengguna bisa melakukan browsing lebih cepat dengan Turbo Mode yang memblokir iklan untuk menyimpan data.

Browser Android Terbaik Untuk Berselayar Di Ponsel

5. Opera (Mini)
Untuk beberapa ponsel, browser mobile ini menjadi default browser untuk berinternet, terutama untuk ponsel yang tidak memiliki OS. Bahkan, fasilitas Opera Mini sudah menjadi salah satu senjata promosi dalam menjual ponsel menengah. Selain itu, seperti yang dijelaskan oleh Opera, browser mini mereka punya keunggulan di kecepatan dan performa, dan teknologi kompresinya.

6. Chrome
update terbaru Google Chrome versi 64 Android, salah satu browser terpopuler ini akhirnya menghadirkan fitur untuk memblokir iklan pop-up dan redirecting yang sangat menggangu dalam aktifitas berselancar di dunia maya.

7. VIA Browser
Via Browser ini hanya memiliki ukuran 378KB. Browser yang kecil tidak banyak "memakan" memory internal tapi powerful, saya suka dengan fitur adblocknya, internetan lebih hemat kuota.
VIA Browser Browser Android Terbaik Untuk Berselayar Di Ponsel
VIA browser by Lakor
Saya menggunakan Xiaomi MI A1 yang lumayan "lega" dengan RAM 4GB dan memory internal/ROM 64GB, tapi untuk urusan browser saya menggunakan  Firefox Rocket dan VIA Browser yang ringan dan cepat. Saya suka dengan Mozilla Firefox Rocket untuk kecepatannya tapi dengan hanya tampilan 1 tab dan bookmark pada halaman home yang belum saya tahu bagaimana cara kustomasinya maka untuk 7 browser ini saya memilih VIA Browser sebagai browser terbaik untuk HP Android.


Untuk ukuran yang kecil masih ada "Slimperience Browser" tapi saya belum pernah coba, dan tentu saja browser terbaik versi Anda boleh berbeda dengan versi saya. :)

Semua aplikasi browser tersebut ada di Google Play market.
Happy Weekend.

1 comments:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.