4 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

4 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa Ramadhan
4 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Cuaca tahun ini terbilang ekstrem, dengan perubahan musim pancaroba yang tidak menentu setiap harinya. Untuk itu, Anda perlu menjaga kesehatan badan dengan baik supaya tidak mengganggu jalannya ibadah puasa. Berikut adalah beberapa cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar ketika Ramadhan.

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Ketika puasa tubuh tidak memiliki asupan cairan yang stabil seperti saat hari-hari biasa. Maka dari itu, Anda disarankan untuk rajin minum air putih minimal 2 liter dalam sehari untuk mencegah dehidrasi.

Selain itu, memperbanyak minum air dapat mencegah kulit kering serta bibir pecah-pecah saat bulan Ramadhan. Konsentrasi serta kognitif juga akan lebih meningkat saat tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

2. Menghindari Makanan Tinggi Lemak

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar saat bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi makanan tinggi lemak. Hal tersebut dikarenakan lemak jenuh akan menghambat laju oksigen dalam darah sehingga Anda merasakan kantuk dan kurang bersemangat dalam melaksanakan ibadah puasa.

Selain itu, lemak juga menyebabkan perut cepat lapar saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Maka dari itu, Anda harus mengurangi konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak.

3. Tidak Merokok

Merokok sangat tidak dianjurkan ketika Anda sedang berbuka dan juga sahur. Hal tersebut dikarenakan kandungan zat pada rokok yang bersifat iritatif sehingga dapat mengganggu kinerja organ dalam.

Tidak hanya itu, kandungan zat karbon monoksida yang ada pada rokok juga akan menghambat penyerapan nutrisi pada darah. Nah, hal itu dapat menyebabkan rasa pusing serta kurang nutrisi.

4. Melakukan Olahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh di-skip saat bulan Ramadhan. Meski sedang berpuasa, Anda sangat disarankan untuk melakukan olahraga ringan saat sore hari.

Sebagai salah satu tips puasa sehat, kegiatan olahraga dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh seperti kestabilan emosi serta pikiran. Anda dapat memilih jenis olahraga ringan supaya tidak dehidrasi.

Bukan hanya hati saja yang harus dijaga, namun kesehatan badan juga, supaya tetap fit dan sehat saat menjalani ibadah Ramadhan. 

Jika tubuh bugar dan sehat makan ibadah akan lebih lancar dan maksimal. Dengan begitu, puasa tahun ini akan memberikan kesan baik yang membawa keberkahan bagi semua. 

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar di atas dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas ibadah Anda. Untuk tetap bugar dalam bulan Ramadhan ini Anda dapat melakukan aktivitas yang positif seperti bergabung di program EF Adults. EF Adults sendiri merupakan kursus bahasa Inggris yang menyediakan banyak pilihan program untuk orang dewasa. Penasaran apa saja programnya? Cek websitenya sekarang juga!

Posting Komentar

No Spam, Please.