Membandingkan Xiaomi Redmi Note 11 Pro VS Redmi Note 10 Pro, Saya Pilih RN 10 Pro

Apakah upgrade spesifikasi Redmi Note 11 Pro dengan harga yang lebih mahal bisa menggoda para pengguna Redmi Note 10 Pro?
Membandingkan Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Sekitar Januari 2022 Xiaomi mengeluarkan Redmi Note 11 Pro dengan segala spesifikasi yang unggul di kalangan HP kelas menengah. Namun apakah Redmi Note 11 Pro dapat menyaingi kesaktian Redmi Note 10 Pro yang keluar sekitar Maret 2021? Itu belum tentu, terlebih sudah banyak tersedia di pasaran HP RN 10 Pro second dengan harga yang terjangkau. 

Apakah upgrade spesifikasi Redmi Note 11 Pro dengan harga yang lebih mahal bisa "menggoda" para pengguna Redmi Note 10 Pro? 

Sebagai pengguna Redmi Note 10 Pro saya akan mengajak Anda membandingkan 2 model HP Xiaomi ini, namun keputusan tetap di tangan Anda :)


Xiaomi Redmi Note 11 Pro VS Redmi Note 10 Pro

Membandingkan Xiaomi Redmi Note 11 Pro VS Redmi Note 10 Pro, Saya Pilih RN 10 Pro

Desain dan Dimensi

Di sisi desain, Xiaomi menawarkan desain yang lebih segar tapi, desain Redmi Note 10 Pro belum ketinggalan zaman. Di bagian belakang tampak sedikit ada perbedaan di bagian letak lensa dan warna kameranya yang berbeda dari Redmi Note 10.

Bodi belakang menggunakan lapisan kaca dengan anti gores sehingga tidak terasa suhu panas mesin HP di tangan. Redmi Note 11 Pro menawarkan desain kekinian yang lebih tegas dan tampak solid. Mirip-mirip Iphone lah :)

Bagian kameranya menjadi terlihat lebih padat dan rapat mengesankan smartphone dengan fitur fotografi kekinian. Bagian layarnya tidak banyak berbeda. Masih mengandalkan layar lebar dengan tepian yang tipis dan bagian atasnya dihiasi kamera minimalis.

Perbedaan dari segi dimensi juga tidak banyak. Redmi note 10 pro berdimensi 164 x 76,5 x 8,1 mm dengan bobot 193 gram. Redmi Note 11 Pro memiliki ukuran yang tak jauh berbeda 163,7 x 76,2 x 8,3 mm dengan berat 207 gram. Redmi Note 10 Pro hanya sedikit lebih ringan.

Soal pilihan warna, redmi note 10 pro tersedia dengan warna hitam, biru dan coklat. Sedangkan Redmi Note 11 Pro dirilis dengan warna hitam, hijau, ungu dan biru.

Redmi Note 11 Pro mengadopsi batas datar seperti iPhone terbaru. Memang kurang ergonomis tetapi lebih mutakhir dan mengesankan ponsel lebih rapih. Kedua ponsel ini sama-sama memiliki kaca depan yang dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Redmi Note 10 Pro lebih tipis dan ringan sebab menggunakan baterai yang lebih kecil, tetapi tidak membuat dimensi keduanya jauh berbeda. Sama-sama lolos sertifikasi IP53 yang katanya tahan debu dan percikan air.


Layar

Layar kedua ponsel ini sama-sama beresolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel), sertifikasi HDR10, kecepatan refresh 120 Hz. Sama-sama dilindungi Gorilla Glass 5, sama-sama tidak menyisipkan fitur pembaca sidik jari di dalam layar. Pemindai sidik jari diletakkan di samping, pada tombol daya.

Bedanya; Redmi Note 10 mengunakan layar tipe AMOLED. Redmi Note 11 Pro menggunakan layar tipe Super AMOLED. Layar AMOLED lebih baik dalam menampilkan kontras dibanding layar IPS.

Xiaomi Redmi Note 11 Pro


Spesifikasi & Perangkat Lunak

Redmi Note 11 Pro mendukung konektivitas 5G, sedangkan Redmi Note 10 Pro tidak. 

Redmi Note 11 Pro ditenagai dengan Chipset octa-core MediaTek Dimensity 920 5G, untuk varian Redmi Note 11 Pro 5G menggunakan Chipset Snapdragon 695 bukan Snapdragon 732G. Untuk kualitas grafis, terpasang juga GPU Adreno 619. SoC dikombinasikan dengan 8GB RAM dan kapasitas penyimpanan internal 128GB pada Redmi Note 10 Pro, di Redmi Note 11 Pro memiliki RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal hingga 256GB. Keduanya masih menggunakan operating system Android 11, Redmi Note 11 Pro menggunakan UI  MIUI 12.5, keduanya bisa di upgrade ke MIUI 13.

Perbedaan Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 11 Pro yang cukup terlihat jelas adalah pada bagian dapur pacu. Xiaomi menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 732G untuk Note 10 Pro.

Xiaomi Redmi Note 11 Pro VS Redmi Note 10 Pro


Memori internal

Xiaomi membenamkan memori internal cukup besar pada kedua ponsel mid-range ini yakni 64 GB dan 128 GB. Bila masih kurang, kita bisa menambahkan microSD hingga 1 TB.


Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Pro
 Kamera Xiaomi Redmi Note 11 Pro 


Kamera

Redmi Note 10 Pro memiliki 4 kamera belakang dengan sensor kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 5 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Kamera belakang ini sudah mampu merekam video resolusi 4K dan Full HD dengan sangat detail.

Redmi Note 11 Pro juga menggunakan kamera utama 108 MP, kamera ultrawide 8MP, sensor kedalaman 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

Untuk kamera depan, keduanya menggunakan kamera yang sama, yakni kamera selfie 16 MP. Kamera selfie ini diklaim lebih fokus dan lebih jelas dibanding seri-seri redmi sebelumnya.

Perbedaan hanya di kamera macro 5 MP, lebih unggul Redmi Note 10 Pro untuk teman-teman yang senang menggunakan kamera macro untuk fotografi.


Baterai Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Baterai

Redmi Note 11 Pro membekali baterai yang sedikit lebih besar dengan kapasitas 5160 mAh. Jika Anda tidak mengaktifkan 5G, berkat proses produksi 6 nm dari Dimensity 920, Anda akan mendapatkan masa pakai baterai yang sedikit lebih tinggi. Anda juga mendapatkan kecepatan pengisian yang lebih cepat berkat teknologi fast charging pengisian cepat 67W.

Menengok bagian baterai, Redmi Note 10 Pro dilengkapi baterai besar berkapasitas 5020 mAh dengan teknologi fast charging 33W. Dengan tekhnologi ini, baterai RN 10 Pro secara matematis bisa terisi 100% dalam waktu 50-60 menit.

Berbeda dari Redmi Note 10 Pro, Redmi Note 11 Pro memiliki kapasitas baterai lebih besar yakni 5160 mAh dilengkapi dengan teknologi fast charging 67W. Konon hanya butuh 43 menit agar baterai smartphone terisi 100%.


Fitur Lain

Yang berbeda antara Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 11 Pro adalah adopsi sistem pendinginan teknologi LiquidCool. Redmi Note 11 pro lebih maju dengan perbedaan ini.

Fitur LiquidCool katanya dapat meredam suhu panas di ponsel dengan lebih baik. Tujuannya agar suhu mesin tetap stabil saat Redmi Note 11 pro dipakai untuk memainkan game berat dalam waktu lebih lama.

Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Kesimpulan

Membandingkan spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10 Pro versus Redmi Note 11 Pro kesimpulannya kedua ponsel android ini tidak memiliki perbedaan terlalu jauh, sebelas dua belas lah. Redmi Note 11 Pro yang lebih baru lebih unggul dengan beberapa upgrade.

Tapi Redmi Note 10 Pro juga masih belum banyak kalah dengan spesifikasi yang masih "sakti" di kelasnya. Kini terserah Anda, saya sebagai pengguna Redmi Note 10 Pro Max belum melihat keuntungan yang sepadan untuk membeli Redmi Note 11 Pro, selain itu ya karena sayang uangnya aja hehehe :)


Salam
------------------------------------


Foto Credit: 
GizGuide.com
TrendTech.id
Elppas.com

Posting Komentar

No Spam, Please.