Terima Kasih untuk Pesulap Merah

Viralnya perseteruan antara Pesulap Merah dan Samsudin Jaddab selain sudah menghibur juga banyak pelajaran yang dapat diambil sebagai pelajaran
Terima Kasih untuk Pesulap Merah

Dalam dunia hiburan, sulap memiliki pasarnya sendiri. Berbagai macam trik sulap sudah banyak dibukukan, dari trik yang sederhana sampai trik yang rumit dengan memanfaatkan pengetahuan teknis yang presisi dijelaskan cara melakukannya.

Karena bersifat hiburan, seorang pesulap sering menjelaskan bahwa yang mereka lakukan adalah sebuah trik. Oleh karena itu sudah banyak konten yang mengungkap rahasia trik sulap, bahkan pesulap sendiri ada juga yang membuka rahasia triknya di media sosial, sehingga siapapun yang mau belajar bisa mempelajari trik sulap tersebut. 

Sebelum ramai konten-konten dari pesulap merah, di YouTube sudah banyak beredar konten yang membahas trik sulap, salah satu yang sempat saya tahu adalah pesulap bertopeng Val Valentino atau Masked Magician yang menjelaskan rahasia trik-trik di balik sulap yang ia lakukan (debungker). Sebagian trik memang rumit karena butuh peralatan kustom dan kerjasama sebuah tim yang solid.

Val Valentino atau Masked Magician
 Val Valentino atau Masked Magician 

Gak ada yang kontroversial dari membuka sebuah rahasia atau teknik sulap. Karena para pesulap selalu bersaing dalam kreativitas untuk membuat teknik baru atau mempelajari dan menyempurnakan trik-trik sulap yang sudah ada, sehingga perkembangan dunia sulap menjadi dinamis.

Sulap yang sudah jelas diciptakan untuk hiburan jelas berbeda tujuan dengan sihir, tapi kalo bicara soal sihir saya gak tau apa-apa.

Seperti saya tulis sebelumnya, konten membahas rahasia trik sulap sudah banyak beredar di youtube. Bedanya dengan konten yang dibuat oleh pesulap merah adalah dia melakukannya secara frontal kepada pihak tertentu.

Misalnya, Masked Magician biasa memulai kontennya dengan atraksi sulap yang ia lakukan sendiri lalu kemudian ia membuka rahasia dan memberitahu bagaimana ia melakukannya. 

Bedanya dengan pesulap merah, pada awal konten pesulap merah memperlihatkan aksi orang lain (dalam hal ini aksi Samsudin Jaddab dll) dengan menekankan bagian-bagian mana yang nantinya ia akan bongkar (debungker) cara bagaimana trik itu dilakukan. 


Pesulap Merah dan Samsudin Jaddab

Samsudin Jaddab (Gak pake Gus) sendiri adalah seseorang yang berasal dari Lampung dan terkenal sebagai seorang praktisi supranatural pemimpin dan pendiri Padepokan Nur Dzat Sejati yang juga memiliki channel YouTube dengan banyak subcribers.

Perbedaan itulah yang membuat pesulap merah banyak menuai perhatian dan respon, baik respon pro dan kontra. 

Yang pro tentu saja mendukung aksi pesulap merah yang telah membuka aksi penyalahgunaan trik sulap yang bertujuan untuk menghibur menjadi pembodohan di balik praktik perdukunan dan atribut kepercayaan/keyakinan (agama).

Yang kontra menganggap pesulap merah terlalu usil dan kurang ajar, karena mempermalukan seorang tokoh yang dipercaya memiliki kemampuan supranatural.

Perseteruan yang tadinya hanya terjadi di dunia maya dengan berbalas konten video sekarang berubah menjadi perseteruan di dunia nyata yang melibatkan perangkat sosial (Pak RT, Ormas dst) dan perangkat hukum (pengacara, polisi dst).

Saya terus terang mendukung apa yang dilakukan oleh pesulap merah, dan berharap ke depan semakin banyak pemuda-pemuda yang berani membongkar pembodohan-pembodohan dalam bidang apapun sesuai dengan bidang yang mereka kuasai.

Ya karena untuk membongkar praktek-praktek penyalahgunaan pengetahuan, penyalahgunaan kekuasaan tidak cukup hanya dengan keberanian, tapi butuh pengetahuan dan penguasaan dalam bidang tersebut.

Saya tidak percaya dan yakin apa yang dilakukan dukun-dukun itu tipuan, tapiiiii... saya tidak bisa membuktikan, karena saya tidak punya pengetahuan dan tidak menguasai trik-trik seperti itu, pesulap merah telah mengisi kekurangan yang saya butuhkan untuk memberi alasan logis ketidakpercayaan saya.

Demikian juga dengan keyakinan adanya penyimpangan anggaran dan penyalahgunaan wewenang dalam birokrasi, tapi saya tidak bisa membuktikan keyakinan saya ini, karena saya kurang pengetahuan dan tidak menguasai seluk beluk penyimpangan itu. 

Dibutuhkan whistleblower atau diperlukan orang yang paham benar seluk beluk SOP dan aturan mainnya untuk mengungkap kebenaran dan apa yang seharusnya, hanya dengan demikian keyakinan saya akan mendapatkan alasan dasarnya.

Saya berharap apa yang dilakukan pesulap merah saat ini bisa menjadi pemicu, ke depannya akan banyak orang seperti tiu bermunculan di berbagai bidang, bongkar semua pembodohan dan penyalahgunaan, usir kegelapan dengan cahaya pengetahuan. 

Saya sendiri sebenarnya ingin seperti itu, tapi apa daya pengetahuan, kemampuan dan keberanian tidak mencukupi :)

BTW, intinya viralnya perseteruan antara Pesulap Merah dan Samsudin Jaddab selain sudah menghibur juga banyak pelajaran yang dapat diambil. Tidak berlebihan kiranya saya mengucapkan terima kasih untuk konten-konten edukasi dari Pesulap Merah. 

Salam.


Posting Komentar

No Spam, Please.