5 Cara Cepat Dapatkan Modal Usaha dengan Aman

Mencari modal usaha dalam waktu yang cepat tidaklah mudah. 5 Metode Dapatkan Modal Usaha dengan Cepat dan Aman


Apakah kamu punya rencana ingin mendirikan usaha sendiri? Selain membutuhkan rencana yang matang, membangun usaha sendiri pastinya membutuhkan modal yang tidak sedikit, tergantung dengan jenis usaha, hingga seberapa besar usaha yang akan kamu dirikan.

Mencari modal usaha dalam waktu yang cepat tidaklah mudah. Ada beberapa metode yang bisa kamu pakai, mulai dari menggunakan tabungan pribadi atau mengajukan pinjaman online Lancar by Danamas. Selain kedua jalan keluar tersebut, masih ada beberapa metode lainnya yang bisa kamu jadikan jalan keluar untuk mendapatkan modal usaha dengan cepat dan aman tentunya.

Artikel ini akan membagikan beberapa cara yang bisa kamu pakai jika punya niat untuk mendirikan usaha. Kamu bisa sesuaikan dengan keadaan keuangan saat ini serta serta seberapa besar modal yang kamu butuhkan.


1. Pakai Tabungan Pribadi

Metode pertama ini biasa digunakan bagi orang-orang yang awalnya adalah seorang pegawai kantor dan mendapatkan penghasilan bulanan dari tempat bekerja. Setelah dirasa tabungan mereka cukup sebagai modal usaha, maka bisa langsung mendirikan usaha sesuai rencana yang sudah dibuat.

Namun, mengumpulkan tabungan pribadi hingga mendapatkan jumlah yang cukup untuk modal usaha memang membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, banyak godaan yang bisa membuat tabunganmu tidak segera terkumpul. Maka dari itu, kamu harus menahan untuk tidak konsumtif agar bisa menabung sesuai target dan modal usaha yang kamu perlukan segera terkumpul.

Cara pertama ini adalah cara paling aman dan tidak membutuhkan pihak lain. Banyak orang yang menyarankan cara ini, karena bisa menghindarkan kita dari hutang.

Meskipun begitu, kamu harus memperhatikan keadaan keuangan untuk saat ini. Jangan sampai, tabunganmu sudah habis tapi kamu tidak lagi punya uang untuk menghidupi keluarga. Sebaiknya, untuk tidak menggunakan semua tabungan sebagai modal usaha, tetap sisakan sebagian untuk peganganmu.


2. Jual Aset Milik Pribadi

Sebenarnya, metode kedua ini hampir sama dengan cara pertama. Bedanya, pada metode pertama, modal usaha masih berupa uang, namun, metode kedua adalah menggunakan tabungan yang sudah berupa aset, seperti tanah atau perhiasan.

Tentu saja risiko dan keunggulan menggunakan aset pribadi sebagai modal usaha sama dengan menggunakan tabungan. Kamu tidak akan berurusan dengan orang lain dan tidak memiliki hutang. Namun, kamu harus rela jika asetmu sudah terjual dan dipakai untuk modal usaha.


3. Ajak Teman untuk Bisnis Bersama

Metode selanjutnya adalah cari rekan bisnis yang punya cukup modal untuk membantu. Ketika kamu hanya mengandalkan modal pribadi, biasanya tidak terlalu banyak dan belum menutupi segala keperluan bisnismu di awal. Maka jalan keluarnya adalah mencari teman yang mau diajak patungan.

Tidak ada salahnya mengajak teman untuk bisnis bersama, selain bisa meringankan modal usaha di awal, kamu dan temanmu bisa berbagi pendapat dan membangun usaha bersama-sama.

Jika ingin menggunakan metode ketiga ini, pastikan kamu dan temanmu tersebut memiliki visi misi usaha yang sama. Bahas rencana bisnis bersama dengan rinci terlebih dahulu, mulai dari tujuan yang akan dicapai hingga pembagian keuntungan.

Banyak pelaku usaha yang sukses bekerja sama dengan teman mereka. Jadi, cara ini cukup disarankan buat kamu yang mulai terjun ke dunia bisnis.


4. Cari Investor yang Mau Mendanai Usaha

Jika usaha yang akan kamu bangun cukup besar, maka bisa mencari investor. Tentunya kamu harus membuat proposal yang baik dan menggiurkan untuk para investor. Agar investor tertarik, kamu harus membuat rancangan usaha yang menarik dan matang.

Kamu bisa ikut workshop yang menawarkan pelatihan serta akses untuk calon pengusaha agar mendapatkan modal dari para investor. Selain mendapat kenalan dan mentor, ada banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan, serta dengan begitu kamu bisa lebih mudah mendapat investor yang sesuai dengan jenis usaha yang akan kamu bangun.


5. Mengajukan Pinjaman Online

Cara terakhir adalah mengajukan pinjaman online. Ada banyak aplikasi pinjaman online yang bisa kamu pilih. Pastikan aplikasi sudah mendapatkan izin dan diawasi OJK, ya! Nah, ada satu rekomendasi buat kamu jika ingin menggunakan metode ini untuk mendapatkan modal usaha, yaitu Lancar by Danamas.

Menggunakan Lancar by Danamas cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi data-data yang diminta lewat aplikasi yang bisa kamu download di play store, lalu mengunggah gambar KTP serta selfie. Kemudian, pihak Lancar akan melakukan verifikasi data dan jika kamu masuk ke dalam kriteria peminjam maka dana akan langsung cair ke rekeningmu.

5 Cara Cepat Dapatkan Modal Usaha dengan Aman

Demikian beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan modal usaha. Setelah mendapatkan modal usaha sesuai dengan jumlah yang kamu perlukan, kamu pun bisa mulai berbisnis.

Informasi lebih lanjut terkait pinjaman modal online melalui Lancar by Danamas dapat kamu peroleh melalui link berikut ini


1 komentar

  1. Terima kasih tipsnya, kalo punya tabungan dan aset yang bisa digunakan sebagai modal sepertinya lebih baik yah. 😊
No Spam, Please.