Tips Cat Anti Karat Untuk Pagar Besi Agar Tahan Lama

Pabrikan semacam Eonchemicals sebagai perusahaan kimia khusus atau Specialty Chemicals Manufacturer banyak menyediakan cat coating anti karat
Tips Cat Anti Karat Untuk Pagar Besi Agar Tahan Lama


Ketika musim hujan telah berlalu, jejak-jejaknya meninggalkan karat di pagar rumah, teralis jendela, kerangka kanopi dan lain-lain yang terbuat dari besi.

Agak sulit menyelamatkan rangka besi yang sudah terkena karat, oleh karenanya, akan lebih mudah untuk mencegah karat dengan melindungi berbagai logam tadi dengan berbagai jenis cat atau coating anti karat.

Untuk singkatnya saya akan lebih fokus pada tips mengecat pagar besi agar tidak mudah berkarat atau korosi.

Sebelum membahas tips mencegah karat pada pagar rumah, maka secara teori kita perlu mengetahui penyebab karat / korosi. 

Korosi pada besi dan baja akan terjadi apabila terdapat paparan oksigen dan air. Semakin banyak jumlah kadar oksigen dan air yang berinteraksi pada logam, maka korosi akan semakin cepat terjadi.

Saat air tercampur dengan karbon di udara ia akan menjadi asam karbonat yang memiliki kemampuan melarutkan zat besi. Sebagian dari air itu juga terurai jadi dua unsur pembentuknya, yaitu hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan oksigen bertemu dengan atom pada logam sehingga terjadi oksidasi, proses inilah yang akan menyebabkan oksida besi atau karat.

Jadi selain alasan keindahan, mengecat keseluruhan permukaan pagar besi juga bermaksud untuk menutup semua celah dan melindunginya dari paparan air dan udara sebagai elemen penyebab karat tadi. 

Untuk mudahnya, cara mengecat pagar besi ini akan saya bagi dalam 3 tahap yaitu tahap persiapan pra pengecatan, tahap proses pengecatan dan proses finishing.


Tips Cat Anti Karat Untuk Pagar Besi Agar Tahan Lama


1. Tahap Persiapan 

Sebelum mengecat maka pagar besi harus bersih dari karat, jika ada karat maka dapat menggunakan sikat besi atau amplas guna menghilangkan karat yang sudah ada.

Selanjutnya bersihkan pagar dari kotoran debu, air dan minyak dengan menggunakan lap kering hingga benar-benar bersih dan kering.



2. Tahap Proses Pengecatan

Akan lebih praktis jika kita menggunakan cat besi yang mengandung anti karat. Cat besi anti karat memiliki lapisan-lapisan coating khusus yang sudah diracik dalam satu paket. Setidaknya cat besi anti karat yang bagus memiliki unsur cat primer, topcoat atau cat finishing. Cat besi anti karat dikomposisikaj agar kuat dalam berbagai skenario cuaca, selain itu cat macan ini memiliki banyak pilihan warna sesuai selera.

Pabrikan semacam Eonchemicals sebagai perusahaan kimia khusus atau Specialty Chemicals Manufacturer banyak menyediakan coating anti karat dengan berbagai spesifikasinya. Kita bisa memilih berbagai jenis coating sesuai kebutuhan.

Kalau tidak ada cat besi anti karat seperti tersebut maka kita dapat mengecat pagar besi dengan cat dasar (cat meni) sebagai lapisan utama lalu setelah kering kita dapat dengan segera mengaplikasikan cat topcoat sebagai finishing.

Tips Cat Anti Karat Untuk Pagar Besi Agar Tahan Lama


3. Finishing

Setelah cat sudah kering, sebagai finishing kita bisa memeriksa kesempurnaan lapisan cat dan menambahkan cat finishing pada bagian-bagian yang kurang atau menambal bagian-bagian yang perlu tambahan cat.  

Dengan cara seperti ini semoga pagar besi rumah kita menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang karat. Jika hanya kusam kita hanya perlu mengecat ulang topcoating

Tapi jika sudah ada karat maka mau tidak mau kita harus mengulangi tahapan-tahapan dari membersihkan bagian-bagian yang sudah terserang karat.

Dengan melalui tahapan-tahapan pengaplikasian cat anti karat seperti ini semoga pagar besi di rumah kita akan tahan lama menghadapi cuaca panas dan hujan, dan warnanya pun tidak cepat kusam atau mengelupas.


Posting Komentar

No Spam, Please.