Kenangan Masa Kecil Yang Lekat Dalam Ingatan

Yayasan Pendidikan Islam Al-Mahmudiyah Sembilangan

Kalo lagi bengong di pinggir empang inget Sembilangan taon sono-sonoan (zaman dulu sekitar tahun 80 sampai awal 90-an).

Bangun tidur langsung telanjang bulet lari ke jerambe (tempat mencuci pinggir kali) nible (terjun) ke kali depan rumeh, emeng-emeng (awal pagi) udah ngebak di kali. Biar kate aernye asin badan kerase seger, naek dari ngebak gak pake bilasan, campur bau bau lumpur dikit, cepet-cepet pake baju berangkat ngaji pagi, pake peci item, kaos oblong celane pendek.

Jem 8 jem 9 pagi ngaji kelar, langsung balik lempar songkok lempar kantong alip-alipan (Buku Juz Amma metode Bagdadiyah) buka baju buka celane lanjutin lagi ngebak di kali ampe pade berkumis lumpur ame bejenggot. Jem setengeh 12 siang naek lagi sama kaye pagi, langsung pake baju ambil songkok kantongin buku di kantong celane belakang berangkat ke sekoleh, kite kan sekolenye siang di madroseh (madrasah).

Buku Juz Amma metode Bagdadiyah
Buku Juz Amma (Alip-alipan) metode Bagdadiyah

Sampe di sekolaan jajanannye kojek (Jajanan dari sagu berbentuk bulat ditusuk lidi dengan bumbu dan sambel kacang), mureh uman  Rp. 25 - 50 (jigo - gocap). Abis jajan sembahyang johor, pas jem 12.30 siang mulain pade masuk kelas.

Rp 25 rupiah jigo emisi tahun 1971
Uang Rp. 25 emisi tahun 1971

Ooooops jangan mikir kelasnye kaye sekolaan sekarang ye, yang kelasnye miseh-miseh, dulu sekolaan dari kelas 1 sampe kelas 6 ya uman satu ruangan dan uman 1 guru, yang bedain cuma barisan bangku ame mejenye dan papan tulisnye.

Kebayanng bangat deh gimane sabarnye guru ngajar sendirian nanganin 6 kelas, ratusan anak dalem satu ruangan, padahal itu ruangan umresnye (berisik) kaye hamuk (tak terkendali). Anak-anak memanggil guru itu Kong MAMU, nama lengkapnya Al Maghfurullah. Ust Mahmud.

Balik sekoleh  jem 3 sore, naro buku maen bentaran sambil pake songkok ider-ideran di lataran. Jem setengeh 4 balik ke rumeh ambil kantong alip-alipan dari kantong terigu yang boleh dijaitin ame enyak, langsung berangkat ngaji sore. 

Sampe pengajian enderes (melancarkan bacaan) deh yang udah nalar bace Qur'an yang masih alip-alipan juga enderes, nah yang ngajar ngaji juga kong MAMU  yang tadi siang udah ngajar 6 kelas.

Kalo gue, kebanyakan enderes doang karena pas embace (membaca) ngadep ke guru dapet tugas dari guru angkutin aer mbari nyari kayu rencekan (ranting kayu bakar) ampe waktu ngaji kelar balik sekitaran jam 5 lewat dah.

Sampe di rumeh kaye ari-ari biase, kalo sore nyiapin lampu lampu dari patromak, pelite tempel, pelite gembreng sampe pelite konteng, sosotin (mengelap) kaca-kaca lampu yang item arengan sise di pasang malem kemaren, nambain minyak taneh sampe beresin sumbu-sumbunye, maklum belum masuk listrik PLN kampung Sembilangan waktu itu. (Listrtik masuk diperkirakan sekitar tahun 1993)

Penulis: Ahmad Sahil Ibrohim (Warga Sembilangan, Desa Huripjaya, Babelan, Bekasi)
Edited dan kata atau kalimat dalam kurung dari saya.

komentar

Lebih baru Lebih lama