Khasiat Vitamin C sebagai Penjaga Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi Covid-19

Khasiat Vitamin C sebagai Penjaga Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi Covid-19
Fitri. Gadis berusia 18 tahun ini baru saja tamat dari SMA. Berhubung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum berakhir, ia lebih banyak menggunakan waktu luangnya dengan menyibukkan diri belajar menulis termasuk menulis blog. Kali ini ia ingin menulis tentang Vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh selama masa pandemi Covid-19.

Ide menulis tentang Vitamin C tersebut ia dapatkan karena beberapa hari yang lalu ia mendengar ramai obrolan yang datang dari halaman depan rumahnya. Di sana ia mendengar ibu dan para tetangga sedang membicarakan situasi pandemi Covid-19 yang menurut berita di televisi semakin hari semakin banyak memakan korban. Namun demikian pemerintah tetap mengakhiri PSBB dengan melonggarkan pembatasan dan terus mengimbau kepatuhan masyarakat melaksanakan prosedur new normal.

"Bagaimana bisa aku menjaga kesehatan dalam keadaan yang seperti ini?" pikir Fitri.

Para ibu di sekitar rumahnya mencemaskan new normal, tapi tidak pula dapat menerima kebijakan PSBB lebih lama lagi. Terkait new normal, semua khawatir pada kesehatan keluarga yang akan melakukan kegiatan di luar rumah. Apalagi untuk para suami yang bekerja setiap hari.

"Aku harus menemukan solusi agar ibu dan tetangga tidak lagi terlalu cemas mengenai New Normal, aku yakin ada jalan keluarnya." 

Fitri bertekad mencari jalan agar ibu dan tetangganya tidak lagi terlalu cemas. Ia sadar itu bukan tugas yang mudah, karenanya ia mulai banyak bertanya kepada orang-orang yang menurutnya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaannya.

Dari jawaban orang-orang yang ia tanya dikuatkan berbagai artikel yang ia baca, Fitri paham bahwa:
Menjaga daya tahan tubuh merupakan salah satu cara efektif yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar dapat bertahan dan selamat dari berbagai ancaman penyakit dan  infeksi virus termasuk Covid-19.
Keyakinan Fitri diperkuat oleh banyak bacaan dan berita, salah satunya berita yang memuat pernyataan Kepala Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Dan keperawatan (FKKMK) UMG, Dr. Deshinta Putri Mulya; M,Sc.,Sp.PD-KAI.,FINASIM. yang menyebutkan bahwa menjaga daya tahan tubuh sangat penting dilakukan, terlebih di tengah pandemi Virus Corona.

Dr. Deshinta juga menjelaskan bahwa manusia memiliki dua daya tahan tubuh, yakni daya tahan tubuh innate dan daya tahan tubuh adaptif. daya tahan tubuh innate merupakan daya tahan tubuh alamiah yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh (antigen) yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan daya tahan tubuh adaptif merupakan sistem pertahanan tubuh yang bersifat lebih spesifik yang muncul akibat adanya rangsangan patogen tertentu seperti flu, pneumonia dan lainnya. Keduanya menjadi bagian terpenting dari sistem daya tahan tubuh manusia yang melindungi dari ancaman patogen

Dokter pada KSM Penyakit Dalam RSUP Dr. Sardijito ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan nutrisi. Dia menjelaskan ada sejumlah nutrisi yang bisa memperbaiki kerja makrofag atau sel yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh.

“Makanan yang mengandung vitamin A, C, E, dan D bisa memperbaiki kerja sel imun dan kerja imun alami. Menambahkan konsumsi suplemen juga disarankan jika merasa kebutuhan vitamin belum tercukupi dari makanan sehari-hari” jelasnya.
Khasiat Vitamin C sebagai Penjaga Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi Covid-19
Dari ayahnya, Fitri juga mendapatkan informasi bahwa di tempat kerja ayahnya secara rutin diberikan aneka vitamin, salah satu yang ayah suka adalah Sido Muncul Vitamin C1000mg.

Vitamin C yang bagaimana yang bagus untuk daya tahan tubuh? 

Menurut ayah, Vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh adalah yang berbahan herbal karena lebih mudah diserap oleh tubuh. Karena itulah ayah selalu mengonsumsi Sido Muncul Vitamin C 1000mg yang bebas gula dan tersedia dalam dua varian, yaitu Sido Muncul Vitamin C 1000mg rasa Lemon dan Sweet Orange.
Sido Muncul Vitamin C 1000mg rasa Lemon dan Sweet Orange
Setelah mengetahui kabar baik tersebut, Fitri segera memberitahu ibunya agar lebih banyak menyiapkan makanan bervitamin untuk ayah. Juga ia jelaskan mengenai suplemen Sido Muncul Vitamin C yang selalu ayah konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

"Oalah, ibu kira itu jamu, karena ada tulisan Sido Muncul di bungkusnya, ternyata vitamin toh" ujar ibu setelah mendengar penjelasan Fitri.

Kecemasan ibu sedikit mereda setelah Fitri menjelaskan apa yang ia ketahui, ditambah penjelasan ayah mengenai protokol kesehatan di tempat kerja dan vitamin yang disediakan oleh tempat bekerjanya.

“Tapi Sido Muncul Vitamin C 1000mg itukan hanya untuk ayah, padahal kita semua juga butuh vitamin C, apa Sido Muncul  Vitamin C 1000mg bisa dibeli di warung?” tanya ibu kepada ayah.

“Tentu saja bisa dibeli di warung-warung karena Sido Muncul Vitamin C 1000mg dijual bebas, kalaupun sulit didapatkan kita bisa membelinya secara online melalui Online Store resmi milik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk di www.sidomunculstore.com, Official Store Sido Muncul atau di Tokopedia, Shopee, Blibli dan Bukalapak.”, Ibu bisa minta bantuan Fitri untuk membelinya secara online,” jawab ayah.

“Siapppp komandan,” ujar Fitri menyambut perkataan ayahnya.

Esoknya Fitri mendengarkan obrolan ibu yang dengan percaya diri menjelaskan kepada tetangga mengenai sistem daya tahan tubuh dan apa-apa yang ia informasikan sebelumnya termasuk mengenai Sido Muncul Vitamin C 1000mg. Fitri merasa bahagia sebab informasi yang diperbincangkan merupakan informasi yang bermanfaat yang sudah ia saring sebelumnya.

"Ah setidaknya obrolan ibu dan tetangga kini lebih informatif dan bermanfaat daripada hanya sekadar gosip sebagai pengisi waktu luang," gumam Fitri.



Artikel Lainnya:

Posting Komentar

Berlangganan Via Email