Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram

Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
Selain di bidang kesehatan, Pandemi COVID-19 juga telah mengakibatkan efek negatif di bidang ekonomi. Para pelaku usaha kuliner mulai dari UMKM hingga pebisnis kuliner berskala besar sekalipun tidak luput dari efek negatif yang diakibatkan oleh Virus Corona. Usaha yang mereka bangun menjadi mandeg, jika tidak bisa bertahan maka tidak menutup kemungkinan bisnis kecil yang mereka bangun itu akan ambruk 

Pada gilirannya, matinya usaha kuliner ini akan berdampak pada kita-kita juga, minimal kita akan kesulitan menikmati kuliner favorit kita di masa PSBB ini.
Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka? 

Instagram Stiker "Support Small Bisnis" atau "Dukung Bisnis Kecil" 

Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
Belum lama ini Instagram meluncurkan fitur stiker "Support Small Bisnis" atau "Dukung Bisnis Kecil" yang bisa kita gunakan di IG story. Caranya gampang, cukup posting salah satu produk di IG Story lalu mention akun penjualnya, kemudian atur sedemikian rupa stikernya supaya fotonya tampak bagus, kemudian posting. 

Dengan begitu, teman-teman yang melihat IG Story kita dapat meng-klik stikernya untuk langsung mengunjungi akun bisnis teman yang kita promosikan.
Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
Sebagai contoh, saya punya teman yang memiliki akun @hainamcoffee yang tentu saja berjualan aneka macam kopi. Saya pilih salah satu foto produk yang pernah di posting Hainam Coffee, lalu upload ke story. Kemudian saya pilih stiker "Dukung Bisnis Kecil" lalu saya ketikkan nama akun @hainamcoffee dan kemudian menerbitkannya. Gambar tampilannya sudah saya pasang di atas. Story kamu dan teman-teman kamu yang menggunakan stiker ini nanti akan muncul di kumpulan story Instagram berjudul "Dukung UKM"

Dengan demikian, saat teman-teman yang melihat IG story saya meng-klik stiker "Dukung Bisnis Kecil" yang saya pasang itu, maka teman-teman dapat mengunjungi akun pemilik Kedai Hainam Kopi di Pondok Bambu Jakarta Timur ini dan melihat-lihat produk kopi yang ditawarkan. Seandainya ada yang cocok lalu terjadi transaksi, maka saya telah membantu mempromosikan bisnis teman saya tersebut.

Oh iya, akun yang bisa kita promosikan dengan stiker "Dukung UKM" ini hanya akun bisnis yah, kalau bukan akun bisnis saat di-mention gak akan muncul namanya

Mudah banget kan membantu mempromosikan bisnis teman kita di Instagram?

Terus, kalau kita mau membantu mempromosikan kembali apa kita harus membuat IG Story lagi? Ya tentu saja kita bisa melakukannya sesering yang kita mau, tapi.... tunggu dulu.

Nah, ternyata selain membuat stiker "Support Small Bisnis" atau "Dukung Bisnis Kecil", untuk pengguna Instagram yang sudah mengaktifkan profil bisnis ada cara lain untuk membantu teman kita tersebut. Instagram juga menambahkan menu "Tombol Tindakan" yang akan langsung terhubung ke 2 pilihan layanan, yaitu: Gift Card dan Pesan Makanan. Tentu saja cara ini juga bisa dilakukan oleh si pemilik bisnis itu sendiri.

"Tombol Tindakan" akan langsung terhubung ke 2 pilihan layanan, yaitu: Gift Card dan Pesan Makanan

Memasang Menu "Pesan Makanan" atau "Order Food" di Profil Instagram

Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
Untuk menu "Pesan Makanan" ini memang diperuntukkan untuk pemilik bisnis, tapi tidak ada salahnya kita mengaktifkannya dan menghubungkan ke layanan aplikasi pengiriman makanan seperti GoFood dan GrabFood. 

Jadi saat menu "Pesan Makanan" di-klik, maka otomatis aplikasi pengiriman makanan yang muncul dengan menampilkan profil bisnis serta menu yang akan kita pesan. Tentu saja toko teman kita tersebut harus sudah ada di aplikasi pengiriman makanan tersebut sehingga kita hanya tinggal mengisi link profil bisnis teman kita tersebut.
Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
Untuk menampilkan menu "Pesan Makanan" di profil Instagram kamu, caranya sangat mudah, ikuti pelan-pelan:
  • buka profil Instagram,
  • pilih opsi Edit Profil
  • di dalam menu "Informasi Bisnis Publik" (Public Business Information), pilih opsi Tombol Tindakan (Action Buttons) yang secara default tertulis "Tidak Aktif"
Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
  • di bawah tulisan Pilih Tombol atau ’Select a Button’, pilih "Pesan Makanan" (Order Food) dimana hanya tersedia 2 pilihan yaitu GoFood dan GrabFood. Dalam tutorial ini saya memilih GoFood.
Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
  • kemudian tambahkan tautan (link) laman jualan kamu atau teman kamu di aplikasi pengiriman makanan. (Saya menggunakan link profil GoFood untuk akun Hainam Coffee. 
  • selesai.
Gampang kan? Demikian saja Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram ini, saya yakin teman-teman sudah bisa mempraktekkannya :)

Oh iya, untuk mengetahui atau mendapatkan tautan atau link profil halaman bisnis bisa didapat dari aplikasi GoFood atau GrabFood, caranya pilih menu "bagikan" lalu copy tautan yang ada. Jika tidak terinstall aplikasi GoFood atau GrabFood, maka kita bisa menggunakan Google untuk mencari tautan melalui web layanan jasa pengantar itu masing-masing. Ini agak susah tapi kita bisa mendapatkannya. Cara paling mudah, ya salin dari aplikasi GoFood atau GrabFood itu langsung.

FYI, kalau di HP teman-teman menu "pesan Makanan" tidak muncul maka itu kemungkinan karena di HP enggak terinstall GoFood atau GrabFood, atau karena versi android yang berbeda.

Tindakan kecil ini setidaknya bisa membantu mempromosikan usaha teman atau bisnis kecil yang ada di lingkungan kita. Tapi kalau kita memasang menu ini padahal kita bukanlah si pemilik bisnis, nah agar pengunjung Instagram kita tidak bingung, kita bisa memberi keterangan atau posting pengumuman mengenai menu "Pesan Makanan" itu yah :)

Oh iya, kalau kamu mau tahu soal auto follower Instagram nanti saya ceritakan deh.

Salam


46 Komentar

  1. Kemaren sempat lihat ini stiker waktu buka igs tapi belum tahu pasti apa fungsinya, barusab ka mau cari tahu adami kita tuliis doong! Heheheh terima kasih om Bisot...

    BalasHapus
  2. Kak ko tombol tindakannya gaada di edit profil nya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu sudah menggunakan Instagram Profile Bisnis belum? Coba beralih ke profile bisnis dulu deh :)

      Hapus
  3. Wah makasih tutorialnya jadi bisa pasang menu gofood dan grabfood di Instagram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya makasih sudah mampir, semoga bisa membantu UKM dan bisnis teman melalui instagram

      Hapus
    2. Saya sudah akun bisnis tetep gak muncul ya kak?

      Hapus
    3. Coba diikuti langkah-langkahnya, karena secara default menu pesan makanan tidak aktif, harus diaktifkan dulu, saya kira sudah jelas tutorialnya

      Hapus
  4. saya sudah jadi akun bisnis , tapi kok tombol order food nya tidak ada di edit profile? mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya tombol tindakan, aktifkan dulu baru bisa memilih apakah memasang menu pesan makanan atau berikan gift card. lihat di langkah-langkang yang sudah dijelaskan di atas yah

      Hapus
  5. Oo... ternyata harus akun bisnis toh, pantesan saya nyari-nyari stikernya gak ketemu terus. Nuwun infonya gan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mas, iya aktifkan profil bisnis instagram dulu baru ada menu=menu itu, kalau stikernya saya kurang tahu, seharusnya sih di profil instagram biasa tetap ada stiker dukung UKM seperti di atas

      Hapus
  6. Terimakasih kak, tutorial pas banget. Lagi ngebranding di Instagram

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas, yuk saling follow di instagram biar rame :)

      Hapus
  7. say audah akun bisnis tapi gak muncul tombol tindakan seperti dia atas yg ada tombol tindakan kalao kit amasuk ke menu opsi kontak dulu baru muncul tombol tindakan, akan tetapi tidak ada grab maupun gojek, yg ada acuity,booksy,timely dll
    di HP udah terpasang grabfood mercant begitu pula gofod
    mohon mungkn ada jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya tombol tindakan, aktifkan dulu baru bisa memilih apakah memasang menu pesan makanan atau berikan gift card. lihat di langkah-langkang yang sudah dijelaskan di atas yah

      Hapus
    2. Saya jg mengalami hal yg sama..di tombol tindakan tdk ada opsi gofood atau grabfoodnya

      Hapus
    3. Hai Ellen coba cek aplikasi instagramnya apakah sudah yang terbaru, kalau belum update instagram ke versi terbaru, lalu jadikan profil bisnis, jika sudah ikuti step by step langkan di atas. Semoga membantu :)

      Hapus
    4. Akun ig saya juga ga ada pilihan tombol tindakan kak. Ig sdah terbaru

      Hapus
    5. apa sudah beralih ke akun instagram bisnis?

      Hapus
    6. Langkahnya udh diikutin semua, akun bisnis, IG terbaru, gofood grab terbaru, apakah versi android mempengaruhi? System sudah update terbaru. Browsing kemana-kemana ga ada yg bahas soap tombol tindakan yg ga muncul dan tidak ada pilihan grabfood dan gofood.

      Hapus
    7. Kalau mau kirim aja ke WA username dan passwordnya, saya gak tau di mana masalahnya kalau ada menu-menu yang berbeda dengan apa yang saya alami saat membuat tulisan ini

      Hapus
  8. Wah, instagram sudah semakin memudahkan para olshop. Jadi pengen nyoba juga nih, buat produk buku atau produk lain yang memang customernya mau untuk diantarkan secara ojek online 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, menu pesan makanan atau minuman di profil instagram ini untuk membantu teman kita yang punya bisnis UKM lewat grabfood dan gofood :)

      Hapus
  9. Mantap info nya gan,bisa saya peraktekan juga nih d instagram istri saya kebetulan dia jualan online gitu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mas, nah apalagi kalau istri jualan online, sekalian di instagram mas juga support instagram istri hehehe

      Hapus
  10. Pernah denger kemarin bahwa instagram meluncurkan tombol pesan makanan. Terimakasih gan, ini infonya lebih komplit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, kalau kurang komplit kasih tau yah, biar diedit lagi :)

      Hapus
  11. Ternyata fitur terbaru yang di keluarkan oleh instagram saat ini untuk bisa mendapatkan menu-menu langsung di setiap membuka akun profil instagram min ya, makin canggih aja sosial media instagram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bangron lebih memudahkan pengguna instagram untuk membantu pelaku bisnis kecil UKM di masa pandemi corona seperti sekarang

      Hapus
  12. Baru tahu ane gan, maklum jarang buka Instagram, tapi tadi kok lihat ig ada yang unik tentang stiker itu, langsung dah buka Google, ketemu artikel ini langsung menjawab rasa penasaran ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih dah mampir, iya instagram suka nerbitin stiker yang berhubungan dengan kondisi dan tren, kali aja benar-benar bisa menolong UKM dan bisnis kecil saat seperti sekarang

      Hapus
  13. Baru tau saya kalau di instagram bisa kaya gitu...
    Cocok buat bisnis kuliner..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ayo semangat bisnis :) di instagram bisa pasang link kalau bisnisnya sudah bergabung dengan gofood atau grabfood

      Hapus
  14. Nahh ini bagus banget ya fitur baru dari instagram. Jadi mudah kalo mau membantu untuk mempromosikan usaha kecil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, fitur instagram terbaru ini memudahkan kita untuk membantu bisnis kecil dan UKM/UMKM khususnya bisnis teman kita :)

      Hapus
  15. Baru tahu kalau ada fitur menarik di instagram, bagus untuk memasarkan produk makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya saya kira instagram cukup inovatif membuat stiker bantu UKM dan bisnis kecil melalui menu pesan makanan di profile IG kita

      Hapus
  16. haha ternyata saya baru tahu kalo ada fitur ini di instagram, mungkin bisa saya coba nanti untuk bantu jualan teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kak kita bantu UMKM/UKM atau bisnis kecil teman kita melalui instagram profil kita, hanya tindakan kecil yang semoga dapat membantu :)

      Hapus
  17. Saya sudah aktifkan tombol ini dan copy-paste link akun gofood, tapi kok begitu saya coba klik tombolnya gak langsung ke akun gofood yang dituju tapi ke landing page gofood aja. Salah di mana ya kira-kira? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama pastikan link yang dimasukkan adalah link yang langsung menuju ke profil yang berisi menu-menu, ambil dari aplikasi gojek linknya dengan cara buka profil lalu cari menu bagikan, nah saat kita gunakan menu bagikan itulah link alamat gofood yang dicopy paste ke kolom "link url: menu "tambahkan Mitra", contoh linknya seperti yang terlihat dalam gambar, berupa shortlink (link atau url pendek) dari Gofood.

      Hapus
  18. Cara copy link grab food gimana biar langsung menuju page restoran saya, saya udah cari" gak ketemu. Tolong dong minn

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya buka aplikasi GoFood terus sampe ke page restoran lalu pilih menu bagikan, nah saat itu copy linknya lalu tempelkan di Instagram

      Hapus
  19. Bisotisme.com, you save lives! duilah sampe keriting saya ngutak-atik cara nempelin link (artikel lain ga tuntas dong step-by-stepnya).. baru baca artikel bisotisme.com langsung bisa (ketemu broken-link nya di mana).. :( duile gaptek ga ketulungan si gw.. anyway, makasih banyak ya atas artikelnya.. oh you're so blessed!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik terima kasih dan semoga membantu

      Hapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama