Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram

Selain stiker "Dukung Bisnis Kecil", Instagram juga menambahkan menu "Tombol Tindakan" yang akan langsung terhubung layanan: Gift Card dan Pesan Makanan untuk dipasang di profil
Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
Selain di bidang kesehatan, Pandemi COVID-19 juga telah mengakibatkan efek negatif di bidang ekonomi. Para pelaku usaha kuliner mulai dari UMKM hingga pebisnis kuliner berskala besar sekalipun tidak luput dari efek negatif yang diakibatkan oleh Virus Corona. Usaha yang mereka bangun menjadi mandeg, jika tidak bisa bertahan maka tidak menutup kemungkinan bisnis kecil yang mereka bangun itu akan ambruk 

Pada gilirannya, matinya usaha kuliner ini akan berdampak pada kita-kita juga, minimal kita akan kesulitan menikmati kuliner favorit kita di masa PSBB ini.

Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka? 


Instagram Stiker "Support Small Bisnis" atau "Dukung Bisnis Kecil" 

Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram

Belum lama ini Instagram meluncurkan fitur stiker "Support Small Bisnis" atau "Dukung Bisnis Kecil" yang bisa kita gunakan di IG story. Caranya gampang, cukup posting salah satu produk di IG Story lalu mention akun penjualnya, kemudian atur sedemikian rupa stikernya supaya fotonya tampak bagus, kemudian posting. 

Dengan begitu, teman-teman yang melihat IG Story kita dapat meng-klik stikernya untuk langsung mengunjungi akun bisnis teman yang kita promosikan.

Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram

Sebagai contoh, saya punya teman yang memiliki akun @hainamcoffee yang tentu saja berjualan aneka macam kopi. Saya pilih salah satu foto produk yang pernah di posting Hainam Coffee, lalu upload ke story. Kemudian saya pilih stiker "Dukung Bisnis Kecil" lalu saya ketikkan nama akun @hainamcoffee dan kemudian menerbitkannya. Gambar tampilannya sudah saya pasang di atas. Story kamu dan teman-teman kamu yang menggunakan stiker ini nanti akan muncul di kumpulan story Instagram berjudul "Dukung UKM"

Dengan demikian, saat teman-teman yang melihat IG story saya meng-klik stiker "Dukung Bisnis Kecil" yang saya pasang itu, maka teman-teman dapat mengunjungi akun pemilik Kedai Hainam Kopi di Pondok Bambu Jakarta Timur ini dan melihat-lihat produk kopi yang ditawarkan. Seandainya ada yang cocok lalu terjadi transaksi, maka saya telah membantu mempromosikan bisnis teman saya tersebut.

Oh iya, akun yang bisa kita promosikan dengan stiker "Dukung UKM" ini hanya akun bisnis yah, kalau bukan akun bisnis saat di-mention gak akan muncul namanya

Mudah banget kan membantu mempromosikan bisnis teman kita di Instagram?


Terus, kalau kita mau membantu mempromosikan kembali apa kita harus membuat IG Story lagi? Ya tentu saja kita bisa melakukannya sesering yang kita mau, tapi.... tunggu dulu.

Nah, ternyata selain membuat stiker "Support Small Bisnis" atau "Dukung Bisnis Kecil", untuk pengguna Instagram yang sudah mengaktifkan profil bisnis ada cara lain untuk membantu teman kita tersebut. Instagram juga menambahkan menu "Tombol Tindakan" yang akan langsung terhubung ke 2 pilihan layanan, yaitu: Gift Card dan Pesan Makanan. Tentu saja cara ini juga bisa dilakukan oleh si pemilik bisnis itu sendiri.

"Tombol Tindakan" akan langsung terhubung ke 2 pilihan layanan, yaitu: Gift Card dan Pesan Makanan


Memasang Menu "Pesan Makanan" atau "Order Food" di Profil Instagram

Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram

Untuk menu "Pesan Makanan" ini memang diperuntukkan untuk pemilik bisnis, tapi tidak ada salahnya kita mengaktifkannya dan menghubungkan ke layanan aplikasi pengiriman makanan seperti GoFood dan GrabFood. 


Jadi saat menu "Pesan Makanan" di-klik, maka otomatis aplikasi pengiriman makanan yang muncul dengan menampilkan profil bisnis serta menu yang akan kita pesan. Tentu saja toko teman kita tersebut harus sudah ada di aplikasi pengiriman makanan tersebut sehingga kita hanya tinggal mengisi link profil bisnis teman kita tersebut.

Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram

Untuk menampilkan menu "Pesan Makanan" di profil Instagram kamu, caranya sangat mudah, ikuti pelan-pelan:
  • buka profil Instagram,
  • pilih opsi Edit Profil
  • di dalam menu "Informasi Bisnis Publik" (Public Business Information), pilih opsi Tombol Tindakan (Action Buttons) yang secara default tertulis "Tidak Aktif"
Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
  • di bawah tulisan Pilih Tombol atau ’Select a Button’, pilih "Pesan Makanan" (Order Food) dimana hanya tersedia 2 pilihan yaitu GoFood dan GrabFood. Dalam tutorial ini saya memilih GoFood.
Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram
  • kemudian tambahkan tautan (link) laman jualan kamu atau teman kamu di aplikasi pengiriman makanan. (Saya menggunakan link profil GoFood untuk akun Hainam Coffee. 
  • selesai.
Gampang kan? Demikian saja Cara Mudah Memasang Menu "Pesan Makanan" di Profil Instagram ini, saya yakin teman-teman sudah bisa mempraktekkannya :)

Oh iya, untuk mengetahui atau mendapatkan tautan atau link profil halaman bisnis bisa didapat dari aplikasi GoFood atau GrabFood. Caranya pilih menu "bagikan" di aplikasi GoFood lalu copy tautan yang ada. Jika tidak terinstall aplikasi GoFood atau GrabFood, maka kita bisa menggunakan Google untuk mencari tautan melalui web layanan jasa pengantar itu masing-masing. Ini agak susah tapi kita bisa mendapatkannya. Cara paling mudah, ya salin dari aplikasi GoFood atau GrabFood itu langsung.

FYI, kalau di HP teman-teman menu "pesan Makanan" tidak muncul maka itu kemungkinan karena di HP enggak terinstall GoFood atau GrabFood, atau karena versi android yang berbeda.

Tindakan kecil ini setidaknya bisa membantu mempromosikan usaha teman atau bisnis kecil yang ada di lingkungan kita. Tapi kalau kita memasang menu ini padahal kita bukanlah si pemilik bisnis, nah agar pengunjung Instagram kita tidak bingung, kita bisa memberi keterangan atau posting pengumuman mengenai menu "Pesan Makanan" itu yah :)

Oh iya, kalau kamu mau tahu soal auto follower Instagram nanti saya ceritakan deh.

Salam


76 komentar

  1. Kemaren sempat lihat ini stiker waktu buka igs tapi belum tahu pasti apa fungsinya, barusab ka mau cari tahu adami kita tuliis doong! Heheheh terima kasih om Bisot...
    1. Macama kakak Unga :)
  2. Kak ko tombol tindakannya gaada di edit profil nya yah?
    1. Kamu sudah menggunakan Instagram Profile Bisnis belum? Coba beralih ke profile bisnis dulu deh :)
    2. udah ketemu belum gan?
    3. mudah-mudahan sudah ketemu menunya, sudah 2 tahun soalnya :)
  3. Wah makasih tutorialnya jadi bisa pasang menu gofood dan grabfood di Instagram
    1. Ya makasih sudah mampir, semoga bisa membantu UKM dan bisnis teman melalui instagram
    2. Saya sudah akun bisnis tetep gak muncul ya kak?
    3. Coba diikuti langkah-langkahnya, karena secara default menu pesan makanan tidak aktif, harus diaktifkan dulu, saya kira sudah jelas tutorialnya
  4. saya sudah jadi akun bisnis , tapi kok tombol order food nya tidak ada di edit profile? mohon bantuannya terima kasih
    1. Namanya tombol tindakan, aktifkan dulu baru bisa memilih apakah memasang menu pesan makanan atau berikan gift card. lihat di langkah-langkang yang sudah dijelaskan di atas yah
  5. Oo... ternyata harus akun bisnis toh, pantesan saya nyari-nyari stikernya gak ketemu terus. Nuwun infonya gan!
    1. Siap mas, iya aktifkan profil bisnis instagram dulu baru ada menu=menu itu, kalau stikernya saya kurang tahu, seharusnya sih di profil instagram biasa tetap ada stiker dukung UKM seperti di atas
  6. Terimakasih kak, tutorial pas banget. Lagi ngebranding di Instagram
    1. sama-sama mas, yuk saling follow di instagram biar rame :)
  7. say audah akun bisnis tapi gak muncul tombol tindakan seperti dia atas yg ada tombol tindakan kalao kit amasuk ke menu opsi kontak dulu baru muncul tombol tindakan, akan tetapi tidak ada grab maupun gojek, yg ada acuity,booksy,timely dll
    di HP udah terpasang grabfood mercant begitu pula gofod
    mohon mungkn ada jalan
    1. Namanya tombol tindakan, aktifkan dulu baru bisa memilih apakah memasang menu pesan makanan atau berikan gift card. lihat di langkah-langkang yang sudah dijelaskan di atas yah
    2. Saya jg mengalami hal yg sama..di tombol tindakan tdk ada opsi gofood atau grabfoodnya
    3. Hai Ellen coba cek aplikasi instagramnya apakah sudah yang terbaru, kalau belum update instagram ke versi terbaru, lalu jadikan profil bisnis, jika sudah ikuti step by step langkan di atas. Semoga membantu :)
    4. Akun ig saya juga ga ada pilihan tombol tindakan kak. Ig sdah terbaru
    5. apa sudah beralih ke akun instagram bisnis?
    6. Langkahnya udh diikutin semua, akun bisnis, IG terbaru, gofood grab terbaru, apakah versi android mempengaruhi? System sudah update terbaru. Browsing kemana-kemana ga ada yg bahas soap tombol tindakan yg ga muncul dan tidak ada pilihan grabfood dan gofood.
    7. Kalau mau kirim aja ke WA username dan passwordnya, saya gak tau di mana masalahnya kalau ada menu-menu yang berbeda dengan apa yang saya alami saat membuat tulisan ini
  8. Wah, instagram sudah semakin memudahkan para olshop. Jadi pengen nyoba juga nih, buat produk buku atau produk lain yang memang customernya mau untuk diantarkan secara ojek online 🙂
    1. Iya kak, menu pesan makanan atau minuman di profil instagram ini untuk membantu teman kita yang punya bisnis UKM lewat grabfood dan gofood :)
  9. Mantap info nya gan,bisa saya peraktekan juga nih d instagram istri saya kebetulan dia jualan online gitu ..
    1. Silakan mas, nah apalagi kalau istri jualan online, sekalian di instagram mas juga support instagram istri hehehe
  10. Pernah denger kemarin bahwa instagram meluncurkan tombol pesan makanan. Terimakasih gan, ini infonya lebih komplit.
    1. Siap, kalau kurang komplit kasih tau yah, biar diedit lagi :)
  11. Ternyata fitur terbaru yang di keluarkan oleh instagram saat ini untuk bisa mendapatkan menu-menu langsung di setiap membuka akun profil instagram min ya, makin canggih aja sosial media instagram
    1. Betul Bangron lebih memudahkan pengguna instagram untuk membantu pelaku bisnis kecil UKM di masa pandemi corona seperti sekarang
  12. Baru tahu ane gan, maklum jarang buka Instagram, tapi tadi kok lihat ig ada yang unik tentang stiker itu, langsung dah buka Google, ketemu artikel ini langsung menjawab rasa penasaran ane
    1. Makasih dah mampir, iya instagram suka nerbitin stiker yang berhubungan dengan kondisi dan tren, kali aja benar-benar bisa menolong UKM dan bisnis kecil saat seperti sekarang
  13. Baru tau saya kalau di instagram bisa kaya gitu...
    Cocok buat bisnis kuliner..
    1. Ayo ayo semangat bisnis :) di instagram bisa pasang link kalau bisnisnya sudah bergabung dengan gofood atau grabfood
  14. Nahh ini bagus banget ya fitur baru dari instagram. Jadi mudah kalo mau membantu untuk mempromosikan usaha kecil :D
    1. Benar kak, fitur instagram terbaru ini memudahkan kita untuk membantu bisnis kecil dan UKM/UMKM khususnya bisnis teman kita :)
  15. Baru tahu kalau ada fitur menarik di instagram, bagus untuk memasarkan produk makanan
    1. Ya saya kira instagram cukup inovatif membuat stiker bantu UKM dan bisnis kecil melalui menu pesan makanan di profile IG kita
  16. haha ternyata saya baru tahu kalo ada fitur ini di instagram, mungkin bisa saya coba nanti untuk bantu jualan teman.
    1. Mari kak kita bantu UMKM/UKM atau bisnis kecil teman kita melalui instagram profil kita, hanya tindakan kecil yang semoga dapat membantu :)
  17. Saya sudah aktifkan tombol ini dan copy-paste link akun gofood, tapi kok begitu saya coba klik tombolnya gak langsung ke akun gofood yang dituju tapi ke landing page gofood aja. Salah di mana ya kira-kira? Terima kasih
    1. pertama pastikan link yang dimasukkan adalah link yang langsung menuju ke profil yang berisi menu-menu, ambil dari aplikasi gojek linknya dengan cara buka profil lalu cari menu bagikan, nah saat kita gunakan menu bagikan itulah link alamat gofood yang dicopy paste ke kolom "link url: menu "tambahkan Mitra", contoh linknya seperti yang terlihat dalam gambar, berupa shortlink (link atau url pendek) dari Gofood.
  18. Cara copy link grab food gimana biar langsung menuju page restoran saya, saya udah cari" gak ketemu. Tolong dong minn
    1. kalau saya buka aplikasi GoFood terus sampe ke page restoran lalu pilih menu bagikan, nah saat itu copy linknya lalu tempelkan di Instagram
  19. Bisotisme.com, you save lives! duilah sampe keriting saya ngutak-atik cara nempelin link (artikel lain ga tuntas dong step-by-stepnya).. baru baca artikel bisotisme.com langsung bisa (ketemu broken-link nya di mana).. :( duile gaptek ga ketulungan si gw.. anyway, makasih banyak ya atas artikelnya.. oh you're so blessed!
    1. Baik terima kasih dan semoga membantu
  20. Udh update,udh ada aplikasi gojek ma grab nya,udh akun bisnis..tpi ko gak ada tombol tindakan..???
    1. Udah diaktifkan tombol tindakannya? Kalau gak diaktifkan gak muncul pilihan lain-lainnya
  21. Ditempat saya kok tombol aksinya malah Book Now dan Reserve ya?
    Padahal kategorinya Restaurant...
    1. di IG saya kalau tombol tindakan diaktifkan yang muncul, pesan makanan, gift card, pesan sekarang dan pesan, saya pilih pesan makanan lalu saya save. Lalu saya pilih tombol "pesan makanan", lalu ada pilihan GoFodd dan Grab, maka saya pilih "GoFood", kemudian saya masukkan link GoFood lalu saya klik centang biru di pojok atas, selesai.
  22. Terimakasih mas, baru tahu caranya
    1. sama-sama, terima kasih sudah meninggalkan komentar :)
  23. Akun ig sudah bisnis, tombol tindakan sudah aktif. Tapi pas dipencet cuma ada reservasi dan pesan. Setelah diklik tidak ada grabfood maupun gofood yang ada aplikasi luar semua. Gimana ya? Stiker pun di instastory tidak muncul pada ig nya updatean teranyar :(
    1. Menu pesan makanan secara default tidak aktif, musti diaktifkan mas, coba baca dengan teliti dan lihat gambar2 menu di instagram yang saya screenshoot di atas. Mudah-mudahan ketemu dimana masalahnya ya mas :)
    2. Sama saya juga kendalanya kaya gini. Saat aktifkan tombol tindakan ga ada menu "order food" adanya "Book Now" dan "Reserve". Apakah sudah nemu solusinya? Jangan suruh saya baca dengan teliti lagi ya, disini saya 3 orang sudah baca masing-masing 3 kali. Tapi memang ada yang berbeda:D
    3. Saya gak tau bagaimana settingan di IG Anda, kalau IG saya masuk ke menu "Edit Profile" ada menu "Tombol Tindakan" yang secara default "Tidak Aktif". Saat saya klik "Tombol Tindakan" di bawah ada menu "Pilih Tombol" ada 3 pilihan: 1. Pesan Makanan, 2 Pesan Sekarang dan 3. Pesan. Saya pilih tombol "Pesan Makanan" langsung keluar "Pilih Partner", di situ hanya ada 2 pilihan: GoFood dan Grab. tinggal pilih antara kedua itu. Mungkin musti setting di Opsi kontak (informasi bisnis publik) lalu pilih alamat di Indonesia.
  24. Baru tau nih, bermanfaat banget buat bìsnis di instagram, dan membantu mempromosikan bisnis teman, makasih infonya
    1. terima kasih sudah mampir, semoga bisa membantu mengembangkan bisnisnya di instagram, amiin :)
  25. Apabila kita memiliki lebih dari 1 outlet, bagaimana caranya link menuju ke pilihan list outlet dahulu, tidak langsung ke salah satu outlet?
    1. Kalau begitu manfaatkan linktree untuk membuat list, taruh link di bagian web, gak bisa pakai menu pesan makanan
  26. Initial MA
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    1. sama-sama, syukurlah kalau begitu. Saya sudah mencoba menjelaskan sedetail mungkin, tapi dari komentar-komentar di atas masih ada yg kesulitan mengaktifkan menu ini. :)
  27. Sampe skrg bingung caranya, setelah liat tutor ini jadi bisa, thanks gan
    1. Sip, terima kasih kembali sudah meninggalkan jejak di blog ini 🙏
  28. Mengapa saya tidak ada order food,hanya ada pesan dan pesan sekarang?
    1. Dsetelah login instagram, masuk dari menu Edit Profil - Tombnol Tindakan - Tambahkan Tombol Tindakan - pesan makanan - masukkan link GoFood/Grabfood
  29. Hi bisotisme, saya ingin menanyakan, apabila ada beberapa cabang (berbeda2 link Grab/Go Food) apa bisa ya dimasukkan langsung
    1. Gak bisa, pilih salah satu aja, kalau banyak link ya bikin semacam linktree taruh link di bagian profil instagram :)
  30. Halo kak,
    Klo di tombol pesan makanan atau order food hanya muncul partner luar negeri saja bagaimana ya?

    Untuk partner gofood atau GrabFood tidak muncul.

    Terima kasih
    1. saya hapus dan saya coba seting ulang, dari edit profil IG pilih tombol tindakan, lalu pilih menu "pesan makanan" pilih GoFood lalu masukkan link GoFood/Gojek, kalu klik centang di atas kanan. Kalau menu gofood gak muncul coba setingan wilayah pilih indonesia atau utak atik setingan terkait lokasi
  31. terima kasih informasinya min, sukses selalu!
    1. sama-sama, terima aksih sudah mampir dan berkomentar :)
  32. ini harus pake instagram bisnis kah mas atau pribadi bisa?
    1. iya benar, harus menggunakan Instagram Bisnis, saya belum coba pakai instagram pribadi
No Spam, Please.