24 April: Hari Angkutan Nasional

24 April: Hari Angkutan Nasional
Perahu pengangkut penumpang di Sungai Rindu Sembilangan
Angkutan adalah alat transportasi yang sudah tidak asing lagi di berbagai kalangan. Angkutan juga dijadikan sebagai sarana yang menghubungkan wilayah-wilayah yang berbeda, menjadi alat pemindah orang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain. 

Ditinjau dari kaca mata para masyarakat, alat transportasi ini sangat membantu seseorang penempuh atau mempermudah suatu urusan. Tidak hanya kendaraan bermotor, becak, gerobak, bahkan perahu pun digolongkan sebagai sarana angkutan.
Angkutan juga memiliki peran penting atas pembangunan dan keberhasilan suatu masyarakat.

Hari Angkutan Nasional selalu diperingati setiap tanggal 24 april. Tapi kebanyakan dari kita jarang yang mengetahui hal ini. Mungkin karena informasi mengenai hal ini sulit didapatkan, dan membuat masyarakat sedikit tidak menanggapi.

Angkutan di Kampung Sembilangan


Ada banyak angkutan yang terdapat di Kampung Sembilangan, di Desa Huripjaya KEcamatan Babelan dan Desa Samuderajaya Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi ini, antara lain sepeda motor, mobil (hanya ada beberapa yang memiliki), dan perahu sebagai salah satu ciri khas kampung ini. 

Setiap harinya para warga menggunakan perahu untuk mengantar mereka ke tempat tujuan yang ingin didatangi. Tidak jarang yang seperti ini, hampir setiap rumah dan dengan tujuan yang berbeda-beda. Warga pasti akan selalu merencanakan akan bepergian jauh maupun dekat, bisa lebih dari satu kali dalam satu hari, demikian juga sering terjadi dalam keluarga saya. 

Di kampung saya ini, kadang terdengar keras suara knalpot sepeda motor yang datang dan pergi di jalan yang sepi, sendiri bahkan banyak berboncengan, ada juga yang pergi dengan keluarga mengendarai mobil. Mungkin itu hanya dilakukan untuk jadwal-jadwal penting saja. Selain itu, ada suara yang tidak asing lagi terdengar di telinga, suara mesin perahu yang ramai. Perahu menjadi angkutan yang harus dimiliki para nelayan atau warga pesisir pada umumnya, walaupun hanya beberapa saja yang pergi ke laut. 
24 April: Hari Angkutan Nasional
Perahu angkutan di Pesisir Bekasi
Sesuatu akan menjadi mudah jika dihadapi dengan bantuan. Kita punya kemampuan, yang hidup dan bergerak di bumi ini pasti punya kemampuan. Alat yang dibantu bergerak dengan mesin pun berkemampuan, dia punya keunggulan yang bahkan lebih kuat daripada tenaga manusia. Dia bisa membawa seseorang pergi jauh hanya dengan bersyaratkan terisinya bensin. Ini sangat mudah untuk meringankan beban fisik seseorang karena tujuan yang jauh. 

Tidak yang mewah-mewah. Perahu juga mempunyai keunggulan yang menarik. Dengan bentuknya yang besar, bermuatan banyak orang, dia menjadi objek utama di Kampung Sembilangan. Dibutuhkan untuk menempuh perjalanan di atas air, ombaknya menjadi goyangan, bunyi mesinnya adalah pelengkap. Indah sekali bukan?.

Sembilangan juga Indonesia. Air kalinya yang mampu menampung banyak perahu, tidak pernah membosankan untuk dipandang.

 Kurangnya adalah, ketika zaman semakin canggih, teknologi semakin berkembang, banyak orang cerdas yang bersuara. Keadaan mengenai angkutan atau alat transportasi di Sembilangan terkhusus untuk perahu jarang diminati setiap harinya. Banyak sarana yang semakin mendunia di berbagai titik, termasuk di Kampung Sembilangan ini. Sepeda motor, bahkan mobil sudah menjadi pengganti kinerja perahu pada tahun-tahun sebelumnya. 

Banyak yang mengandalkan kehebatan sarana ini, karena teruji lebih mudah dan ringan. Sehingga perahu hanya dibutuhkan jika perjalanan yang dituju harus melewati rute air. 

Tidak masalah jika kita terus mengikuti perkembangan demi perkembangan di dunia ini, yang terpenting kita tidak melupakan tanggung jawab kita untuk merawat yang sudah ada dan tetap mengembangkan hal itu. Tidak terganti, hanya saja perahu cuma bisa dikendarai di laut, tidak di daratan. Mungkin itu alasan mengapa orang jarang memakainya. 

Selamat Hari Angkutan Nasional, semewah atau sesederhana apapun alat yang pernah membantu kita menuju suatu tempat. Sebut saja itu alat transportasi. Sebab berkat dia, kita dapat mempersingkat waktu dan menjaga diri tetap stabil untuk merencanakan kepergian dengan jarak yang bahkan bisa jauh sejauh-jauhnya. 



@FitriiIphii 24 April: Hari Angkutan Nasional
@FitriiIphii
Penulis adalah warga Sembilangan


Baca Juga

Klik untuk komentar