Numpang Ngopi Dan Belajar Di Rumbel IT IIP Bekasi

"Om nanti jadi narsum SEO di acara saya yah" intinya demikian, saya lupa bagaimana kalimat persisnya kata-kata Mbak Virni dari Rumbel IT IIP (Institut Ibu Profesional) Bekasi saat menodong sekitar 2-3 bulan lalu.

Penyerahan sertifikat dari Mbak Lulu setelah sesi belajar SEO selesai
Membicarakan Search Engine Optimization (SEO), ingatan saya melayang ke akhir bulan Oktober 2011 di Sidoarjo. Sebuah kamar hotel yang sedianya oleh panitia diperuntukkan untuk tempat istirahat Om Iqko yang menjadi MC acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara saat itu justru kami (Komunitas Blogger Makassar) gunakan untuk kumpul-kumpul dll.

Entah apa yang kami bicarakan saat itu, yang saya ingat di sana ada juga Daeng Herman Laja yang sedang mengedit presentasinya tentang SEO, Search Engine Optimatization - sesuatu yang baru hari itu saya kenal. Dari Herman Laja Daeng Ga'ga inilah saya mulai mempelajari tentang SEO.

Presentasi aslinya dapat dilihat di https://www.slideshare.net/bloggercakep/panduan-dasar-seo-herman-laja presentasi inilah yang sedang dia edit untuk persiapan kalau-kalau dia jadi mengisi materi tentang SEO di acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara yang berlangsung 28-30 Oktober 2011 di Sun City Convention Hall, Sidoarjo Jatim.


Saya bisa saja menggunakan materi dari presentasi ini tapi dari hasil ngobrol dengan Mbak Virni saya menganggap materi ini terlalu berat, saya harus buat materi lebih ke dasar, semacam pengenalan umum mengenai teori SEO, mendefinisikan presentasi tsb ke bahasa yang lebih umum.

Dengan suasana yang informal sesuai harapan saya akhirnya sesi Belajar SEO (Basic) tanggal 10 September 2017 berjalan lancar. Saya mencatat faktor yang mendukung kelancaran itu antara lain karena peralatan yang mendukung tersedia. Infocus, laptop, handout presentasi ditambah wifi modem. Mereka benar-benar siap, kontras dengan saya yang setelah membuat materi tsb sekitar 2 minggu sebelumnya baru pagi sebelum berangkat membaca kembali dan mencoba mengira-ngira di bagian mana yang kira-kira paling sulit.

Seluruh peserta sudah memiliki blog masing-masing jadi interaksi yang terbangun juga lebih kontekstual dan cepat ditangkap yang lain. Sayangnya saya sudah lama gak menggunakan wordpress jadi pertanyaan-pertanyaan teknis di Wordpress saya agak kurang dapat menjawab dengan baik, beda hal kalau yang ditanyakan terkait platform Blogger/Blogspot, saya cukup akrab karena hampir setiap hari menggunakan platform blogging dari google ini. :)

Ternyata berinteraksi dengan ibu-ibu lebih cepat terbangun karena mereka jelas bisa mengartikulasi pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan topik bahasan. Saya juga gak perlu terlalu susah mengkonversi bahasa sehari-hari saya dengan susah payah agar mereka paham. Beberapa kali menjadi narsum seputar blogging dan sosial media, sepertinya baru kali ini saya merasa kerjasama yang baik dari peserta. :D

suasana belajar SEO Rumbel IT IIP Bekasi

Terima kasih atas kerjasamanya kepada Rumah Belajar (Rumbel) IT Institut Ibu Profesional (IIP) Bekasi, setidaknya bagi saya pribadi sebagai orang yang telah nyaman bekerja di belakang layar sebagai "keyboard warrior" karena kemampuan public speaking yang jeblok dll, pengalaman ini membuat saya sedikit lebih PD untuk keluar meninggalkan comfort zone, dan semakin yakin bahwa semangat berbagi kebaikan akan selalu menemukan jalannya :D

Semoga....



Klik untuk komentar