Hari Pertama Kopdar 1000 Blogger Nusantara


Hari ini kami (bisot & @ Christyupo) sedang mendapat keberuntungan yang besar yaitu mewakili Komunitas Blogger NTT (Flobamora) untuk menghadiri acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara di Sun City Convention Hall Sidoarjo Jawa Timur. Mengenai seluk beluk mengapa dan bagaimana acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara teman-teman bisa mengetahui lebih jauh melalui web Blogger Nusantara di http://bloggernusantara.com/

Hari Pertama Kopdar 1000 Blogger Nusantara
Melihat lebih dalam makna dari acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara ini khususnya bagi Komunitas Flobamora mungkin akan terlalu banyak untuk disebutkan satu persatu, apalagi kalau untuk menjangkau manfaat kedepan yang saat ini belum dapat dirasakan. kayaknya terlalu sulit untuk ditulis pada postingan ini. Jadi postingan ini lebih fokus pada menjawab pertanyaan, Apasih manfaatnya mengikuti kegiatan Kopdar 1000 Blogger Nusantara ini?
Jawabannya tentu belum final, karena acaranya saja baru dimulai hari ini, besok masih ada lanjutan acara dari keseluruhan acara yang diagendakan selama 3 hari (28 – 30 Okt 2011).
Untuk Komunitas Flobamora, yang sempat mengalami kekosongan (vacum) beberapa waktu, maka acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara sangat bermanfaat, utamanya adalah kesempatan yang sangat baik guna memperkenalkan kembali bahwa Komunitas Blogger NTT masih ada dan bukan hanya sekadar ada, banyak kegiatan dan masih banyak lagi agenda kegiatan Flobamora yang akan mewarnai blogosphere dan kegiatan sosial di dunia nyata.
Lanjut kesisi materi, hari ini cukup banyak materi, yang masih melekat diingatan adalah presentasi dari Willys Wee seorang pemuda salah satu pendiri Pen Olson yang beralamat di http://www.penn-olson.com/
Willys Wee membuka presentasinya dengan kalimat “What and Who?”, jika dijabarkan kurang lebih adalah pertanyaan, Apa yg Anda tulis dan untuk siapa anda menulis? atau “Tentang apakah tulisan Anda dan kepada siapa pesan dari tulisan Anda disampaikan?”. Pertanyaan tersebut penting untuk memulai menulis sebuah postingan, idealnya pertanyaan tersebut setidaknya sudah dapat direka saat akan memulai sebuah tulisan di blog.

Saya sempat menggaris bawahi pernyataan Willys Wee saat menerangkan mengenai perbedaan antara blogger dan jurnalis adalah: blogger bebas menambahkan opini tentang sebuah fakta atau berita untuk ditulis dalam blognya, namun hal tersebut terlarang untuk dilakukan rekan jurnalis.


Materi presentasi ada disini:



Hal yang membuat saya kagum hari ini adalah tampilnya Christyupo untuk mempresentasikan tentang Flobamora Community:

Blogger Nusantara
Pada kesempatan tersebut Christyupo menyatakan: Betapa senangnya jika yang hadir saat ini bukan hanya saya seorang, tapi lebih banyak teman dari Flobamora yang dapat hadir. Begitu banyak pelajaran yang saya dapat hari ini, saya bertanya kepada diri sendiri, apakah saya mampu membagikan pelajaran yang telah saya dapat hari ini kepada semua teman-teman di Flobamora seperti apa yang saya dapatkan hari ini?.
Btw sengaja saya sering meninggalkan Christyupo karena berharap bisa cepat membaur dan belajar dari banyak orang, kalo dari saya sih gampang tinggal pergi ke Ende juga sudah ketemu :D

Proud Of You Christyupo, proficiat.
Foto link: http://yfrog.com/nvo4ngdj by Rara

oh iya  karena bertepatan dengan tanggal 28 oktober, sempat ikutan upacara hari pahlawan, selengkapnya baca aja di SINI




_____________________
Bersambung ke Laporan hari kedua yang telat di tulis :)

Artikel ini memiliki 10 Komentar

  1. Cukup dekat sebenarnya dgn tempatku. Tapi lagi masuk nih, gak bisa ditinggalin. :(

    Yg dari Nganjuk ada gak, om?

    BalasHapus
  2. belum tau eh, nganjuk seharusnya elo Riu, sampe minggu kok, hayuuk gabung :)

    BalasHapus
  3. @ Tuteh: :) sukses juga buat Flobamora, ini tulisan dari Willys Wee bisa baca di http://www.penn-olson.com/2011/10/29/talking-blogging-with-indonesian-bloggers/

    BalasHapus
  4. jahat..! saia ndak dikenalin ama Christyupo
    *pukul-pukul dada om bisot*

    BalasHapus
  5. @Gajah: maaakkkk, segera mention di twitter :D

    BalasHapus
  6. kalau saya malah sudah foto bareng Chrisyupo ..... *lirik gajah *...wkwkwkk

    BalasHapus
  7. @ Yulian: no picture = hoax hahahaha

    BalasHapus
  8. thanks kakak.. saya sangat terharu... ternyataaaa kakak kreatif bgt yah... *hug*

    BalasHapus
  9. @ Yudith: hehehe padahal dosisnya sudah menurun drastis, kreatif yah :D

    BalasHapus