Ke(tidak)sejahteraan GURU

Liburan sekolah enaknya sih seneng-seneng bareng keluarga, soalnya entar pas udah masuk sekolah lagi udah ditungguin ama setumpuk urusan sekolah lagi
Emang ada urusan apaan lagi?
Iya sekolah sudah gratis, bebas SPP tapi untuk sebagian orang tua masih aja ada pengeluaran biaya pendidikan, yang paling umum: beli buku paket sama beli LKS dll.
Beli buku?
Bukannya sekarang buku udah dibagiin gratis dari pemerintah pusat/Kementrian Pendidikan? Bukannya udah ada BSE (Buku Sekolah Elektronik) yang tinggal download di web BSE kementrian pendidikan?
Buku Gratis itu benar udah ada programnya dari pemerintah pusat dan sekian persen dari dana BOS juga boleh dipake untuk pembelian buku kalau masih ada kekurangan buku paket. Jadi masalah beli buku ini lebih ke masalah "kalo masih ada kekurangan buku paket".

Kalo beli LKS?
Sayangnya yang saya tahu dana BOS gak bisa dipake untuk membeli LKS, walaupun ada juga kabar yang mengatakan dana BOS bisa digunakan untuk foto copy, jadi LKS yang diperlukan dapat di foto copy. Sebagian sekolah lainnya malah gak jualan LKS karena "merasa" sudah cukup dengan buku paket.

Desas-desus atau isu soal penjualan LKS ini sudah banyak terdengar di Kabupaten Bekasi padahal ada sanksi/hukuman mengancam... tapi kok masih ada?
Sepertinya ada "masalah pemicu" yang tidak selesai cuma dengan hukuman buat oknum yang jualan LKS di sekolah.

Jangan-jangan ini soal kesejahteraan, jangan-jangan ini soal insentif yang masih tidak memenuhi "rasa" keadilan, tunjangan-tunjangan yang kurang?
Atau gaji bulanan tenaga honorer yang belum setara dengan UMR dan Upah Minimum Kabupaten (UMK)?
Atau... jangan-jangan.... sepertinya ada masalah di sini.

Ke(tidak)sejahteraan GURU

Kali ini serius nih, ini MASA PILKADA, jadi ayo kita tanyakan isu ini sama calon bupati kita, kalau bupati gak mikirin nasib guru, ujung-ujungnya yang kena masyarakat juga, termasuk saya dan saudara-sauadara semua.

Wahai para calon Bupati Bekasi, apa program kalian soal kesejahteraan para guru? Termasuk Guru PNS, TKK, terutama guru Honorer, guru bantu, GTT dst.

Masalah kesejahteraan guru adalah masalah kami juga, maka kami berhak menanyakan apa program calon bupati terkait kesejahteraan para guru di Kabupaten Bekasi.

_____________
*kalo ada salah mohon dimaklumi karena saya bukan guru :)*
#PilkadaKabBekasi2017

Posted on my facebook.

Klik untuk komentar