Selamat Tinggal Panoramio, Selamat Datang Google Local Guides

Panoramio adalah situs berbagi foto (Photo sharing) milik google yang berorientasikan geolokasi sejak 3 Oktober 2005. Foto-foto yang diunggah ke dalam Panoramio bisa diakses melalui berbagai cara seperi melihatnya langsung melalui situs web Panoramio, melalui Google Maps, Google Earth ataupun yang lainnya. Situs ini bertujuan untuk memudahkan pengguna Google Maps dan Google Earth untuk mempelajari dan mengetahui informasi lebih lanjut mengenai daerah tertentu yang dipilihnya melalui foto atau panorama yang diambil dan diunggahkan oleh pengguna lain ke dalam Panoramio. [wikipedia]

Selamat Tinggal Panoramio, Selamat Datang Google Local Guides

Setelah 11 tahun menjadi salah satu layanan photo sharing yang diminati para fotografer dan peminat fotografi untuk berbagi foto kini Panoramio akan menghentikan layanannya terhitung mulai 4 November 2016.

Dalam pengumuman penutupannya Panoramio menjelaskan bahwa rencana penutupannya sudah dimulai sejak tahun 2014 dan baru dapat terlaksana pada tahun ini. Melalui fitur Local Guides dalam Google Maps semua foto yang telah diunggah di Panoramio akan otomatis dipindahkan ke Google Maps, namun Google memberikan beberapa pilihan yang dapat kita pilih jika kita tidak berkenan foto-foto koleksi kita di Panoramio secara otomatis terunggah ke Local Guides

Terhitung  tanggal 4 November nanti maka di Panoramio kita tidak akan lagi dapat membuat akun baru, unggah foto, komentar dlsb, namun kita masih memiliki akses ke foto kita dan dapat mengekspor datanya hingga Panoramio benar-benar di non-aktifkan pada November 2017.

Selamat Tinggal Panoramio, Selamat Datang Google Local GuidesDari yang saya perhatikan, Google berupaya merekomendasikan agar para pengguna Panoramio berpindah ke Local Guides dengan tawaran berupa memori penyimpanan gratis dengan kapasitas sebesar 1TB pada akun Google Drive. Untuk mendapatkannya kita harus mencapai level 4 atau telah memperoleh poin sebesar 200-499 pada akun Local Guides. Perlu kita ketahui untuk memiliki ruang 1TB di Google Drive kita wajib membayar sewa sebesar $9.99 atau sekitar Rp.140.000 perbulannya. Sebuah tawaran yang cukup menggiurkan bagi para netizen :)

Bagi pengguna Panoramio ada pengalaman berbagi dan menjelajah yang hilang, menikmati foto-foto hasil unggahan di Panoramio seperti menjelajahi koleksi hasil karya fotografi yang telah dikurasi. Beberapa kali Panoramio juga mengadakan Panoramio Geotagged Photo Contest berkala bulanan yang terhenti pada September 2013, yang kemudian disusul rencana penutupan Panoramio di tahun 2014.

Bagaimanapun Panoramio adalah situs berbagi foto (Photo sharing) seperti Instagram, Flickr, Photobucket dlsb. Menggabungkan Panoramio dengan Google Maps dalam fitur Google Local Guides sepertinya tidak akan memuaskan semua pihak :)

Good bye Panoramio, Wellcome Local Guides...

Selamat Tinggal Panoramio, Selamat Datang Google Local Guides

Happy Weekend.

Postingan terkait adalah tentang penyalahgunaan fitur Local Guides baca di: Reward mengiurkan dari Local Guides Yang Disalahgunakan.

2 komentar

Klik untuk komentar