ENFP: Giving life an extra squeeze!

ENFP Myers-BriggsENFP Myers-Briggs 

Melanjutkan tulisan mengenai tipe kepribadian menurut MBTI, saya sendiri sudah mencoba melakukan test online ini berkali-kali, semua hasil secara konsisten menunjukkan hasil tipe kepribadian ENFP (Extraverted iNtuitive Feeling Perceiving). Tujuan test ini tidak lain sebagai panduan dalam upaya memaksimalkan potensi kepribadian diri sendiri secara mandiri, lebih jauh dapat menjadi bahan perenungan dan kemudian menentukan langkah-langkah terbaik dalam menghadapi permasalahan mendatang.

Ini hasil test saya terakhir:
Hasil test MBTI -  ternyata persentase mikir jauh di bawah perasaan :D

Secara umum pribadi berkategori ENFP dirangkum dalam “The Inspirers” (Penjiwa) & “Champion” (Juara), Giving life an extra squeeze.

Lebih jauh pribadi ENFP disimpulkan sebagai pribadi yang hangat dan memiliki antusias tinggi serta imajinatif. Umumnya memiliki pandangan bahwa kehidupan adalah sesuatu yang dinamis dan penuh kemungkinan. Pribadi ENFP memiliki kemampuan memahami hubungan antara kejadian dan informasi di atas rata-rata, dan percaya diri melakukan sesuatu berdasarkan pola yang mereka lihat. Menginginkan banyak pengakuan dari orang lain, dan siap memberikan apresiasi dan dukungan. Spontan dan fleksibel, seringkali mengandalkan kemampuan mereka dalam berimprovisasi dan kefasihan lisan mereka.

Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, mengkategorikan manusia ENFP masuk ke dalam kelompok bertemperamen Idealist. Temperamen Idealist adalah salah satu dari 4 temperamen yang di definisikan oleh David Keirsey, yaitu Guardian, Rational, Idealist dan Artisan.

Keirsey Temperament Sorter David Keirsey
Menurut Keirsey Temperament Sorter, Idealists merupakan jenis pribadi abstrak dan penyayang. Mencari arti dan makna, mereka peduli dengan pertumbuhan pribadi dan menemukan identitas unik mereka sendiri. Kekuatan terbesar mereka adalah diplomasi. Mereka unggul dalam mengklarifikasi, individualistis, pemersatu, dan inspirasi. 
Keirsey Temperament Sorter David Keirsey

Tipe Idealists lebih banyak berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata abstrak dan perumpamaan. Lebih senang berbicara mengenai hal-hal yang tidak secara nyata dapat diamati, tetapi hanya dapat dibayangkan. Percaya bahwa dunia memuat banyak kemungkinan yang menunggu diwujudkan, dunia memuat banyak makna yang perlu dimengerti. 
Tipe Idealists biasanya memiliki intuisi yang tajam. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengerti perasaan serta pemikiran orang lain dan menarik hal-hal di luar sesuatu yang konkret. Biasanya peka terhadap simbol-simbol, tanda, atau “benang merah” antara satu hal dengan hal yang lain. Pada saat berkomunikasi, akan dengan mudah memindahkan satu topik pembicaraan ke topik lainnya.
Mereka adalah pribadi yang sensitif terhadap perasaan orang. Kepedulian individu Idealist terhadap orang lain merupakan salah satu bentuk dari sikap altruistik (sikap suka menolong) yang mereka miliki. Karena mereka biasanya dapat memahami keadaan dan perasaan orang lain, mereka pun dapat membantu orang tersebut untuk mengatasi keadaan dan perasaan yang dialami. Selengkapnya bisa baca di sini.

Sedangkan dalam MBTI, individu ENFP adalah tipe manusia dengan karakter utama NF (Intuitive Feeling), beberapa tipe kepribadian MBTI yang masuk ke dalam kategori NF (Intuitive Feeling) adalah Champion (ENFP), Healer (INFP), Teacher (ENFJ), Counselor (INFJ).

Lebih jauh mengenai ENFP: mereka adalah inisiator perubahan, memiliki perseptif yang tajam tentang kemungkinan. Mereka memberi energi, dan merangsang orang lain melalui antusiasme mereka yang menular. Mereka lebih suka fase awal dari sebuah pekerjaan atau hubungan, dan tak kenal lelah dalam mengejar ketertarikan yang baru mereka temukan. ENFP mampu mengantisipasi kebutuhan orang lain dan memberikan bantuan yang mereka perlukan serta memberikan apresiasi. Mereka membawa semangat, kebahagiaan, keaktifan, dan kesenangan untuk semua aspek kehidupan mereka. Mereka adalah yang terbaik dalam mencairkan situasi yang memungkinkan mereka untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan menggunakan karisma mereka. Mereka cenderung mengidealkan seseorang, dan bisa kecewa ketika kenyataan gagal untuk memenuhi harapan mereka. Mereka mudah frustrasi jika proyek membutuhkan banyak tindak lanjut atau perhatian terhadap detail.

Membaca itu saya tersenyum sendiri mengingat beberapa hal sangat cocok dengan karakter saya.

ENFP Myers-Briggs

Jika Anda juga termasuk dalam kategori berkepribadian ENFP, berikut saran pengembangan diri yang perlu kita perhatikan:
  • Belajarlah untuk fokus, disiplin, tegas dan konsisten;
  • Belajarlah untuk menghadapi konflik dan kritik;
  • Pikirkan kebutuhan diri sendiri. Jangan melupakannya karena terlalu peduli pada kebutuhan orang lain;
  • Jangan terlalu boros. Belajarlah untuk mengelola keuangan sedikit demi sedikit.
Kalau bicara tokoh ENFP, dari beberapa tokoh semisal Elvis Presley dll saya lebih suka George Carlin.... dia seorang komedian favorit saya :)
Salam :)


Sumber:
www.si-pedia.com
www.keirsey.com
ranahumum.blogspot.co.id

Artikel ini memiliki 4 Komentar

  1. Meskipun belum cobain tesnya, macamnya saya ini tipe guardian ;)
    Uhuk ... karena warna kuning ... haha.

    BalasHapus
  2. bisa digunakan secara gratis nih bang

    BalasHapus