MOBIRISE aplikasi gratis membuat website mobile friendly

Menurut Erik Meijer, Strategic Brand Advisor Ooreedoo South East Asia mengungkapkan penggunaan internet di Indonesia didominasi oleh perangkat mobile (handphone/tablet dst). Trafik pengguna internet dari perangkat tersebut mencapai 51 persen. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan pengguna internet yang menggunakan desktop, ‘hanya’ sekitar 49 persen. Hal tersebut diungkapkannya saat ia membawakan materi "Mobile First Approach to Meet Indonesian Millennials", di salah satu sesi event IDByte 2015 tanggal 1 Oktober 2015.
 
Berapa banyak pengguna internet di Indonesia?
Pada tanggal 14 April 2015 yang lalu, Pusat Kajian Komunikasi (PUSKAKOM) Universitas Indonesia yang bekerjasama dengan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) melakukan rilis pers tentang hasil survey pengguna internet di Indonesia. Survey tersebut mengungkap fakta bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 sudah mencapai angkat 88,1 Juta.
 
web design responsive mobile friendlySementara itu... tanggal 21 April 2015, Google  meluncurkan algoritma yang ramai disebut Mobilegeddon. Mobilegeddon menurut Wikipedia adalah dimana situs website dengan fitur responsive akan mendapatkan prioritas saat seseorang mencari sesuatu di Google melalui prangkat mobile maka website dengan design responsive mobile friendly akan mempunyai kemungkinan berada di urutan pertama di dalam hasil pencarian. Algoritma ini "katanya" telah membuat "petaka" merosotnya jumlah kunjungan pada website yang tidak mobile friendly. Mobilegeddon sendiri diluncurkan karena Google menilai adanya peningkatan penggunaan internet melalui piranti mobile.Lebih jauh mengenai isi survei PUSKAKOM UI dan APJII dijabarkan bahwa pada tahun 2014 penggunaan internet antara lain: akses Jejaring Sosial mencapai 87.4%, mencari informasi/searching/browsing mencapai 68.7%, mencari berita terkini mencapai 56.7%, jual beli online mencapai 11.0% dan seterusnya.
Membicarakan tentang 51% dari 88,1 Juta adalah membicarakan tentang sekitar 44 sampai 45 juta orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile.
Mengenai mobile friendly website atau web yang ramah pada layar smartphone saat ini dikenal bootstrap framework. Bootstrap merupakan framework untuk membangun desain web secara responsif. Artinya, tampilan web yang dibuat menggunakan platform bootstrap akan mampu menyesuaikan ukuran layar dari browser yang kita gunakan baik di desktop, tablet ataupun mobile device.

Lebih jauh tentang Bootsrap secara teknis mungkin akan mudah bagi seorang web developer yang sudah terbiasa menggunakannya, bagaimana dengan yang belum mengenal Bootstrap akan tetapi ingin membuat halaman website mobile friendly yang stabil bila di akses di berbagai platform device
Bisa gak yah membuat halaman website mobile friendly tanpa perlu coding html5, css3, bootsrap dan apalah semua itu?. Ada gak yah aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk membuat website mobile friendly dengan mudah?
Jawabnya ada kok, coba gunakan aplikasi perangkat lunak Mobirise, silahkan download gratis di http://mobirise.com.

Mobirise ini adalah aplikasi Bootstrap 3 yang bisa membantu kita membuat website dengan mudah, dengan fungsi drag and drop komponen atau blok yang sudah tersedia sepeti header, slider, blok konten, blok galeri, blok kontak dan seterusnya. 


Semua komponen yang diperlukan untuk membangun sebuah website sudah tersedia, kita tinggal menambahkan lalu mengedit dan menyesuaikannya sesuai dengan yang kita inginkan lalu publish atau simpan.
aplikasi gratis membuat website mobile friendly
Tampilan UI MOBIRISE
Yah namanya juga aplikasi pembuat web instant, pasti ada kekurangannya, namun buat belajar gak apa-apalah, perlu dibuatkan tutorial menggunakan Mobirise gak? sepertinya sih aplikasi ini cukup simple, coba dulu aja :) 

Silahkan bandingkan sendiri aplikasi tersebut dengan beberapa aplikasi web desain ini:

_____________________

4 komentar

avatar

Oh ternyata namanya bootstrap frameworks, baru tau kalo website yang bisa mobile friendly itu menggunakan sistem bootstrap frameworks.

avatar

html5 css3 juga sudah responsive, bootstrap lebih simple kayaknya :)

avatar

Panduan upload ke hostingnya donh om

avatar

Kalo pake software ini kan tinggal klik upload, palung lanjut isi username dst ata ada di konfigurasi setingannya :)

Klik untuk komentar