KLB Cacar Air di Rumah

Liburan sekolah anak-anak saya kali ini mudah-mudahan gak dialami teman-teman. Kami sekeluarga kena Cacar Air (Varicella Simplex). Gejala awal demam sehingga kami kira hanya flu biasa, kepala pusing, nyeri persendian, perut kembung.

Saya mengalami setidaknya dua kali gejala ini, gejala pertama muncul akibat tubuh yang kurang fit. Saya minum vitamin C dosis tinggi dan suplemen vitamin kemudian istirahat, Alhamdulillah bangun sudah kembali normal.

2 minggu kemudian gejala muncul kembali, kali ini saya mencoba resep pertama: vit C dan suplemen tapi tidak mempan, akhirnya menggunakan kombinasi obat Parasetampl+CTM+Anti Biotik, lumayan untuk menghilangkan demam, keringat langsung bercucuran, namun demikian esok harinya demam kembali meninggi.

Di Poliklinik dokter memberi Parasetamol 500mg + Suplemen (vit B kompleks dan vit C dalam satu tablet) ditambah tablet Asiklovir generik  (acyclovir) 200mg yang harus diminum per 4 jam (5 kali/hari) jika ruam / lesi mulai muncul (mulai penggunaan obat idealnya 72 jam sejak ruam pertama muncul).


Saya tidak tahu apa isteri dan anak-anak saya mendapatkan obat yang sama, yang saya tahu cacarnya hanya seminggu saja bertumbuh, seminggu berikutnya masa penyembuhan saja.

Cacar ini menggganggu agenda sunatnya Aziz, karena terkena cacar terpaksa ditunda hingga tanggal 29 Desember 2013 kemarin setelah cacarnya agak membaik barulah sunat dilaksanakan di Haji Amung Dokter Sunat Kampung Bulak Temu, Suka Budi Kecamatan Sukawangi Bekasi Utara.

Mengenai obat Asiklovir (acyclovir) di jelaskan sebagai: Acyclovir adalah obat antivirus. Pertumbuhan dan penyebaran virus herpes terjadi secara lambat sehingga tubuh dapat melawan infeksi ini. Acyclovir tidak menyembuhkan herpes, tetapi dapat mengurangi gejala infeksi. (Sumber)

Loh kok Herpes? Dalam persepsi saya herpes ini sejenis penyakit "kotor", ternyata dalam dunia kedokteran, cacar air atau Chicken Pox ini istilah medisnya Varicella Simplex adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh salah satu dari kelompok virus herpes. Masih satu keluarga :)

Cara penularan cacar air itu Aerogen alias penyebaran suatu penyakit lewat perantara udara. Beberapa virus menggunakan sarana ini untuk menempati inang baru contohnya flu atau pilek. Dapat juga ditularkan dari cairan yang keluar dari lepuh cacar air, benda-benda yang terkena cairan dari lepuh cacar airpun dapat menularkan pada orang lain bila tersentuh (handuk, bantal, selimut). Penderita cacar air juga dapat menularkannya melalui batuk atau bersin.

Dengan mengetahui cara penularannya semoga teman-teman dapat memikirkan cara agar tidak tertular, jaga stamina dan jaga kebersihan, kalau tertular juga? yah ke dokter dong :)

7 komentar

avatar

Yawn... cacar air... kabarnya cacar air itu penyakit sekali seumur hidup ya, om? Bila sudah kena waktu kecil, maka seterusnya nggak bakal kena lagi?

avatar

saya kena cacar tiga tahun lalu. menderitanya :(

avatar

saya baru mengalami dan hehehehe belum masuk tahap penyembuhan, paling sebel dengan cacara yg tumbuh di jari, mengganggu aktifitas banget ;(

avatar

Saya pernah juga kena cacar air, Om. Saking lamanya gak ingat kapan.
Kalau di tempat saya selain obat, juga disuruh mandi pakai daun cangkring. Alhamdulillah, sembuh :)

avatar

Alhamdulillah seminggu saja sdh berlalu cacarnya. :)

avatar

Rumah kita deket H. Amung itu bang bisot.. mampir-mampir lah.. hehe..
kalo ga salah jika sudah pernah kena tubuh kita akan membentuk antibodi terhadap cacar
tinggal jaga stamina aja jangan sampe turun..

avatar

siappp, kaan-kapan nyaba ke sono dah :) setidaknya sudah mengalami, mudah-mudahan gak akan kena lagi :)

Klik untuk komentar