Black Friday dan Cyber Monday

Dua kata di atas sebenarnya adalah term atau kata yang terkait dengan marketing. Keduanya muncul sebelum tanggal 26 November yang merupakan hari libur Thanksgiving yang sudah merupakan tradisi rakyat Amerika sejak 1863 saat masa jabatan Presiden Abraham Lincoln (4 Maret 1861 – 15 April 1865).

Black Friday dan Cyber Monday tentu saja diramaikan tidak hanya sampai tanggal 26 November, bahkan sampai awal Desember. Awal dimulai kekuasaan zodiak Sagitarius :)

Thanksgiving sendiri dirayakan pada hari kamis keempat di bulan November, jadi kalaupun awal bulan tanggal satu, dipastikan bahwa hari kamis keempat masih dibawah tanggal 26 November.

tanggal 26 November sendiri adalah hari ke-330 (hari ke-331 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian, sisa 35 hari untuk menuju tahun baru.
Black Friday dan Cyber Monday itu apa?
Kata: Cyber Monday pertama kali digunakan sekitar 21 November 2005, diperkenalkan oleh http://www.shop.org/ dalam artikel berjudul "Cyber Monday" Quickly Becoming One of the Biggest Online Shopping Days of the Year  -Online Retailers Also Going All Out for Thanksgiving.

Pada tahun berikutnya 2006, Shop.org melaunching lah portal http://www.cybermonday.com/ hingga kata "Cyber Monday" menjadi term marketing yang lazim digunakan oleh retailer internasional, setidaknya di Canada, Inggris (UK), Portugal, Jerman, dan Chili.

Bagaimana dengan Black Friday?

Black Friday juga masih merupakan term marketing, jangan terkecoh dengan istilah "Black Monday". Menurut Wikipedia, kata Black Friday aslinya berasal dari Philadelphia sebelum tahun 1961, yang digunakan untuk menggambarkan suasana ramainya para pejalan kaki dan kemacetan lalu-lintas akibat kegiatan berbelanja sehari setelah hari Thanksgiving. Sekitar tahun 1975 barulah istilah Black Friday mulai dipergunakan secara luas.

Black Friday dan Cyber Monday itu apa?
Black Friday dan Cyber Monday adalaah masa-masa diskon, maka akan banyak tawaran menarik dalam masa tersebut. Konon diskon saat  Cyber Monday tidaklah sebesar diskon pada Black Friday, namun pada Black Friday ataupun Cyber Monday biasanya toko-toko, store dan sebagainya akan buka lebih awal dan tutup lebih telat dari hari-hari lainnya.

Bagaimana dengan Indonesia?

Sepertinya Indonesia tidak terpengaruh akan 2 hari ini, Indonesia memiliki term marketing dan marketing tag-nya sendiri :)
Black Friday dan Cyber Monday paling hanya masuk di email, tawaran diskon, rabat dan tawaran lainnya dari marketing di luar negeri. (tunjuk diri sendiri)
Saya kira belanja menjelang Lebaran (Idul Fitri) lebih heboh dari pada Black Friday dan Cyber Monday dimanapun :)
oh yah, btw menarik juga membaca postingan blog ini... Black friday, Indonesian Style :)

Klik untuk komentar