Aplikasi Yahoo Koprol untuk Android

Saya sebagai pengguna Koprol berharap banyak akan tersedianya aplikasi Koprol untuk Android. Perkembangan Koprol dari waktu kewaktu saya perhatikan semakin mengarah untuk terwujudnya harapan akan aplikasi Koprol yang dapat berjalan di OS Android. Setidaknya dengan hadirnya Koprol Touch sedikit banyak memudahkan penggunaan Koprol di handheld android.

Saya sendiri sejak februari 2011 telah membuat aplikasi Launcher atau Widget Koprol untuk Android yang memanfaatkan Koprol Touch untuk saya gunakan sendiri, tampilannya seperti ini:

(*silahkan scan QR Code di atas untuk mendownload aplikasi koprol android versi tidak resmi ini)


Seiring dengan perkembangan koprol, aplikasi ini menjadi tidak bisa digunakan karena koprol menggabungkan ID Yahoo dengan ID Koprol. Untunglah proses merge akun koprol dengan akun yahoo di web tidak rumit, begitu saya sign in dengan ID Yahoo langsung dikenali dan tinggal klik merge akun.

Khusus aplikasi Koprol saya perlu sedikit modifikasi pada halaman login agar langsung redirect ke koprol, bukan ke halaman yahoo mobile. Seperti yang terjadi pada aplikasi android sebelum di modifikasi.






Dari segi aplikasi juga ada pengembangan karena support auto orientation, jika pada aplikasi pertama tidak otomatis mengikuti arah layar, aplikasi koprol untuk android yang baru ini sudah dapat tampil vertikal ataupun horisontal secara otomatis mengikuti settingan display atau pengaturan arah layar gadget android kita.

Ini tampilan terbaru aplikasi koprol android versi saya :)



Satu kekurangannya, jika aplikasi yang lama tidak menampilkan iklan, aplikasi yang baru ini kadang-kadang menampilkan link/iklan web tools pembuat aplikasi ini.

Awal bulan ini blog Daily Social memperlihatkan beberapa foto bocoran aplikasi koprol android versi beta yang katanya langsung dari Andreas Fendri sang perancang design koprol. Kemudian tidak lama setelah itu akhirnya Yahoomerilis Koprol android versi beta yang diujicobakan secara terbatas pada acara kegiatan #YTownHall tanggal 6 Mei 2011 lalu. Sudah banyak artikel dan postingan blog mengenai beta tester koprol android ini, antara lain di SINI dan di SINI.

Nampaknya tidak lama lagi Aplikasi Koprol untuk Android akan segera launching, cant hardly wait!

Masih ada yang bertanya KOPROL ITU APA?
tanya mbah google aja deh, saya gak tega menjelaskannya :)

Salam Koprolers.
http://www.koprol.com/users/bisot




Disclaimers: segala hak cipta, design, ide, dlsb milik Yahoo Koprol dan 100% tidak ada hak saya untuk mengkomersilkan dlsb. Aplikasi ini saya buat untuk saya pakai sendiri, jika ada yang mau pakai juga silahkan, tidak dipungut biaya alias gratis untuk di download. Install dan gunakan aplikasi ini dengan resiko di tanggung masing-masing, DWYOR (Do With Your Own Risk)

Dengan mendownload aplikasi ini, berarti teman-teman sudah memahami disclaimer di atas, setuju?
Silahkan download di http://bit.ly/f0KD4 (type file: APK, size: 243 KB)

Klik untuk komentar