test aplikasi gratis untuk blackberry gemini 8520

Well done, setelah sukses upgrade  OS-5.0.0.822 di Gemini (Curve-8520) banyak hal yang mau saya share, sampe bingung mau mulai dari mana.

Masih agak norak maklum masih dalam tahap honeymoon :) , belum genap sebulan nyoba handheld yang lagi laris manis di dunia gadget.

So, tulisan ini berdasarkan pengalaman ngoprek Gemini (Curve-8520), saya gak tahu apakah ini juga akan berlaku sama dgn jenis BB yang berbeda. DWYOR *Do With Your Own Risk (disclaimer kalo terjadi masalah :) )

Untuk upgrade OS-5 saya benar-benar mengikuti panduan yang ada di BerryIndo. Sempat ragu apakah perlu di "wipe" atau gak, jaringan perlu dimatikan atau gak, kartu telepon atau memory card perlu di copot atau enggak, yah untung panduan singkat itu menjawab semua. Gracias... :D
test aplikasi gratis untuk blackberry gemini 8520

@ Instal OS-5.


Yang pasti WAJIB terinstal blackberry desktop manager, sekarang (juli 2010) versi 5.0.1. kalo gak mau repot saat install blackberry desktop manager dari CD bawaan saat kita membeli BlackBerry coba aja konek ke internet, otomatis akan mengupdate apa-apa saja yang diperlukan, cuma yah tergantung kecepatan koneksi, bisa memakan waktu 30 menit atau lebih untuk mendownload-upgrade-install blackberry desktop manager. Sampai tahap ini anggap deh sudah sukses install blackberry desktop manager. di laptop atau PC.

Selanjutnya Download OS-5 nya. Update app launchernya juga cukup memakan waktu. Repot? yup, kalau tidak mau repot dan tidak mau menanggung resiko berat akibat tiba-tiba listrik mati (seperti saya di Maumere) dlsb, sudah banyak kok yang menyediakan jasa upgrade dengan tarif jasa di kisaran IDR100.000-200.000  :)

@ aplikasi gratis 


1.  BlackBerry App World.

Banyak aplikasi gratis khususnya dari BB app world, semua bisa di cari berdasarkan kategori. Saat setelah upgrade BB app worldnya masih berbentuk "launcher" atau short cut download, jadi harus di install dulu. Saya rekomendasikan sebagai salah satu aplikasi wajib ada di BB kita. Atau untuk sementara browse aja dulu nih di SINI

2. BlackBerry Messenger

ini juga masuk kategori wajib, aplikasi messenger/chating ini sulit dicari tandingannya, fitur group, send file, send picture, voice notes, lengkap deh. daripada ngirim foto dengan MMS yang kena tarif provider mending pake ini, sayang kalo gak digunakan, terus kalau lagi males ngetik kita dapat memanfaatkan fitur voice note :)

3. Yahoo Messenger

punya account yahoo? ya sudah, tidak usah basa basi bla bla bla aplikasinya stabil, ada send file, buzz, confrence, copy chat buat dokumentasi dst. sayang tidak ada video chat n voice seperti aplikasi aslinya di PC.

4. Google Talk

punya account Gtalk? ya sudah, tidak usah basa basi bla bla bla aplikasinya juga stabil, tapi tidak ada send file, buzz dan confrence seperti Yahoo Messenger, copy chat buat dokumentasi sih tetap ada. sayang tidak ada video chat seperti aplikasi aslinya di PC.

5. FourSquare

Ini mainan baru saya, check in, add venue dst. Kalau bohong checkin tidak dapat point. aplikasi ini menggunakan deteksi lokasi dan juga ada preview dari Teleatlas mirip Google Maps sehingga cukup membantu kita mengenali tempat-tempat baru dan lokasi-lokasi yang sudah di kenali oleh FourSquare. FourSquare juga dapat di integrasikan ke Twitter dan Facebook, jadi saat Check in di suatu tempat kita bisa sekalian up date status di Twitter ataupun Facebook. (perlu di setting account FourSquare sebelumnya). Saat ini telah siap didownload FourSquare Beta versi 1.9.

6. Facebook

Lumayanlah kalau hanya buat update status, upload foto dan komentar2 status atau menulis di wall teman, tapi kelemahannya, tidak ada notifikasinya, notifikasi masuk ke email jika kita mengaktifkan setingan notifikasi ke email pada Facebook. Karena saya tidak mau email saya penuh dengan notifikasi Facebook yang banyak, akhirnya saya lebih sering menggunakan mobile Facebook melalui browser Blackberry. Saat ini sudah upgrade ke Facebook versi 1.8.0.31 (Beta)

7. UberTwitter

Menurut saya aplikasi ini jauh lebih enteng dari Twitter app, lebih sederhana namun menunya perlu adaptasi bagi yang telah sering menggunakan Twitter app for BB. Btw, kalo sudah install UberTwitter yah gak perlu lagi install Twitter.

8. Twitter

Gunanya yah untuk berkicau eh Twitteran via Blackberry. Bagus, GUI atau menu-menu grafis di bagian atas timeline membuat aplikasi ini mudah dipelajari dan digunakan. Btw, kalo sudah install Twitter yah gak perlu lagi install UberTwitter. Fungsinya sama kok. :)

9. Google Maps

Google Maps 4.2.0 terinstall baik di Gemini saya, banyak yang ragu apakah Google Maps bisa aktif di Gemini (Curve-8520) yg tidak ada GPSnya, yah kalo untuk fungsi GPS memang tidak aktif tapi di Google Maps ada menu "my location" memang tidak tepat menunjukkan keberadaan kita secara tepat, masih dengan kira-kira radius 1KM atau lebih, mungkin karena Google Maps memanfaatkan lokasi BTS provider sehingga menggunakan radius, tapi untuk mengetahui di mana kita berada, aplikasi ini cukup memuaskan saya. :) (Upgrade ke Google Maps versi 4.2.0 ?)

10. Nimbuzz

Bisa untuk chating Yahoo Messenger, Gtalk. Chating Facebooknya tidak bisa, sepertinya error deh, padahal dulu alasan saya instal Nimbuzz untuk mengaktifkan Facebook chating, tapi tidak berhasil. Saya masih menyimpan aplikasi ini karena saya memiliki ID Yahoo Messenger dan Gtalk lebih dari 1, sehingga untuk tetap on line saya menggunakan Nimbuzz untuk second ID Yahoo Messenger dan Gtalk saya. Its work fine

11. Opera Mini

Selama ini tidak ada masalah dengan browser bawaan BB, cuma memang tidak ada tab browser sehingga kita tidak bisa browsing beberapa web atau sites secara simultan layaknya di Opera Mini. silahkan aja buat yg berminat, opsional saja, saya pernah install, terus saya hapus, karena tidak familiar dengan menu-menu dan pengaturan tabnya. :)

12. Wasolim – Aplikasi Jadwal Solat di Blackberry

Mendekati bulan Ramadhan, aplikasi ini sungguh sangat berguna sebagai pemantau jadwal sholat dan jadwal imsakiyah, download Wasolim – Aplikasi Jadwal Solat di Blackberry. Aplikasi gratis ini buatan dalam negeri lho. :)

13. PocketQuran

Pocket Quran  sudah menemani saya sejak saya menggunakan HP yang support Java, saat mencari aplikasi Pocket Quran saya sudah coba hampir semua yg di sediakan BB App World kayaknya gak ada yang cocok. So saya merekomendasikan PocketQuran v0.97b. Silahkan Download Zip filenya, ekstrak dan install di BB menggunakan BB Device Manager dari Laptop atau PC anda. :).

Oh yah, apapun jenis Handheld atau Handpone anda, silahkan download PocketQuran sesuai jenis operating systemnya. PocketQuran tidak memiliki fitur transliterasi (tarjamah), jika anda menginginkan fitur tsb, ada aplikasi lain yg menawarkan fitur tersebut. Silahkan lihat di BerryIndo.

Udah itu dulu, mau jalan-jalan ke Kaskus lagi :)

Klik untuk komentar