tentang Niat

Besok hari jumat lagi, sedikit tulisan yg sifatnya subyektif buat renungan bisot aja, yg mau ikut baca silahkan.

“Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka siapa saja yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Siapa saja yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”.

Hadis pertama dari hadis 40 (Arba'in) dari Imam An-Nawawi.

Maksud kata amal diatas itu adalah dalam pengertian luas, baik ubuddiya (kegiatan sosial sehari2) dan Ulluhiyah (amal ibadah syar'i seperti sholat Jum'at dan Puasa Ramadhan).

Sebagai analogi atau contoh sederhana misalnya ngeblog atau blogging, ngeblog masuk dalam kegiatan amal ubuddiyah niatnya bisa bermacam-macam dan kita hanya mendapatkan apa yg kita niatkan, misalnya saya ngeblog untuk meluaskan pergaulan dan mencari teman, Alhamdulillah niat tersebut sudah tercapai dengan bertambahnya banyak teman dari kalangan blogger. Apakah itu masuk dalam amal yang termasuk ibadah? rasanya sih masih terlalu muluk deh.

Saya memahami bahwa ada tiga landasan penting yaitu, Niat - Ilmu - Amal. Bahwa sesudah membersihkan niat barulah kemudian mempelajari ilmunya untuk kemudian diterapkan dalam amalan. Beramal tanpa ilmu tentu saja sebuah kesia-siaan terlebih tanpa niat yang benar. Ibadah tanpa niat tentu tidak sah, kalau tanpa ilmu yah sia-sia, niat saja tanpa ilmu dan amal tentu lebih absurd, mungkin begitu analogi sederhananya.

Lebih lanjut buku saku ini menjelaskan:
Para ulama gemar memulai karangan-karangannya dengan mengutip hadits ini. Di antara mereka yang memulai dengan hadits ini pada kitabnya adalah Imam Bukhari. Abdurrahman bin Mahdi berkata : “bagi setiap penulis buku hendaknya memulai tulisannya dengan hadits ini, untuk mengingatkan para pembacanya agar meluruskan niatnya”.

Saya rasa hal tersebut juga dapat diterapkan dalam dunia blogging.

Salam.

Jumat, 12 January 2007 @ 11:37 WIB.

Silahkan Download bukunya
Arba’iina Hadiitsan An Nawawiyah, 40 Hadits An Nawawi

2 komentar

avatar

mencintaimu kurasakan begitu indah...
kasih sayangmu..

avatar

mencintaimu kurasakan begitu indah...
kasih sayangmu..
kubahagia.. bila ragamu di sampingku..
ku merasa...

Klik untuk komentar