Blog = blok ???

Quote:

bisot Selasa, 15 April 2008 @ 23:24 WIB
bos. pernah gak gw bikin masalah dibloggaul? pernah gak gw motong komentar org dgn komentar profokatif? gak ada gunanya buat gw. dah gw kasih tau deh. jgn suka nyelak koment gw, krn jelas yg gw ajak bicara itu bukan elo. ok bos.

c00l Rabu, 16 April 2008 @ 06:13 WIB
wow ada yang marah.... gila baru nyeletuk segitu ajah ... dah kebakaran jenggot.. banyak kok di blog ini yang motong komentar orang lain... semuanya pada nyantai ajah bos ...
anda bisa becanda kenapa kita tidak bisa...
ok bos

bisot Rabu, 16 April 2008 @ 07:23 WIB
gw suka 3 c, gw suka crewnya, gw gak suka org yg gak bisa apa2 gak tahu apa2 sok jadi kompor. kebakaran jenggot yah? coba jelasin kenapa lo punya anggapan geto ama gw?

End Quote


Blogging just for fun, prisip pertama yang saya pegang dari awal membuat blog di sini.
Mengenai batas-batas "FUN" jelas setiap orang berbeda, gak usah panjang lebar, setiap individu itu unik, bahkan negara adi daya seperti Uni Soviet (saat itu) dengan paham Sosialisnya yang ingin menyeragamkan setiap manusia saja gagal dan runtuh karena perpecahan dari dalam.

Blogging memang menyimpan kontradiksinya sendiri, disatu sisi blog adalah semacam diari namun disi lain bersifat publik. Mengenai batasan antara yang mana bersifat pribadi dan publik kadang sulit juga dipisahkan, Apakah hanya dengan membedakan postingan yang di "publish" dengan yang di "private"?.

Kembali ke "blogging just for fun", saya mencantumkan tag "nothing personal..." untuk blog ini. Saya membedakan apa yang bersifat personal dan mana yang tidak bersifat personal. Mana yang dapat di publish dan mana yang tidak, kalaupun saya ingin mempublish sebuah hasil pemikiran dan opini atau apapun bentuknya, saya sudah mencobanya bersikap netral, sesuai dengan tag "nothing personal".

Sebuah postingan yang dipublish dalam sebuah blog menurut saya adalah bentuk komunikasi terbuka antara penulis dan pembaca . Saya kira siapapun akan sepakat dengan hal ini.


Namun apakah kita akan sepakat dalam hal sebuah komentar?

Mari kita perhatikan. Setiap postingan yang di publish bukan merupakan komunikasi person to person yang bersifat personal, itu adalah sebuah artikel yang mengajak semua pembacanya berkomunikasi, kecuali postingan itu memang ditujukan kepada seseorang atau personal (baik sendiri maupun komunitas). Atau dengan kata lain, sebuah postingan secara "default" bersifat publik, kecuali kita membuatnya hanya tertuju kepada seseorang atau kelompok tertentu.

Bagaimana dengan sebuah komentar?

Sebuah komentar jelas merupakan komunikasi 2 arah yang bersifat personal. Karena jelas siapa yang berbicara, yaitu pemberi komentar dan pemilik blog. Ini akan banyak dipengaruhi walau tidak hanya terbatas pada hubungan interpersonal, keakraban, status hubungan antara pemilik blog dan komentator dlsb. Terlepas apakah komentar itu OOT, spaming, joke dlsb.

Back to the topic.

Saat saya memberi komentar pada sebuah postingan, maka secara sadar saya sedang mengajak bicara sang pembuat tulisan yang biasanya adalah juga pemilik blog, bukan orang lain. Tentu saja saya marah saat dialog saya diinterupt oleh pihak ketiga yang bukan saja OOT tapi sebuah profokasi.
Jika di komunitas blog ini banyak orang yang menggunakan cara seperti itu dan memotong dialog dengan kalimat-kalimat profokasi memang menjadi sebuah kebiasaan yang wajar dalam komunitas bloggaul ini.
Saya memohon maaf. Maaf, karena itu menjadi kesalahan saya, karena saya tidak mengantisipasi hal itu dan bukan kebiasaan saya memotong komentar orang lain dengan opini profokatif seperti itu.

Maaf saja kalau dalam media blog ini saya tidak bisa di kotak-kotakkan dengan apapun namanya, entah itu komunitas, blok, gank, club dlsb. Karena saat saya blogging, saya sadar, bukan hanya orang-orang yang saya kenal yang akan saya temui, saya akan bertemu dengan banyak manusia unik dengan berbagai atribut psikologis dan sosialnya. Kalaupun saya "attach" dan masuk sebuah kelompok atau komunitas, saya telah dapat menjamin bahwa komunitas itu adalah wadah untuk lebih mempererat hubungan interpersonal, bukan untuk mengkotakkan dan membelenggu spirit saya, apalagi sampai melanggar pondasi "blogging for fun". So saya pun masuk dalam komunitas Jambu_Monyetz, BrotherFood, AngingMammiri, Resonansi dlsb, apapun bentuk dan tujuan komunitas itu, dan Alhamdulillah hingga saat ini saya enjoy aja, karena saya yakin sinergi hanya dapat dibentuk oleh manusia-manusia mandiri dalam semangat egaliter. Bukankah itu sebuah demokrasi? sebuah semangat dari arti kata musyawarah yang sebenarnya, bukan arti yang telah dieksploitasi oleh para tiran sebagaimana banyak dipahami orang.

Jika ada blog yang hanya ingin menerima komentar dari komunitas tertentu, saya infokan ada sebuah forum gratisan yang bisa digunakan dengan lebih efektif untuk tujuan itu. Jika saya terlanjur memberi komentar dalam blog itu, saya sangat tidak berkeberatan jika komentar saya di hapus, malah saya sangat menganjurkan hal itu demi kebebasan saya bergaul dalam dunia maya ini. Karena saya memahami, tidak menutup kemungkinan adanya pihak-pihak yang mengartikan bahwa sebuah komentar adalah sebuah keberpihakan, saya secara pribadi menolak hal yang demikian.

Apa karena terlalu lama meninggalkan blog sehingga banyak kebiasaan-kebiasaan di bloggaul (seperti memotong komentar, membuat blok-blok) yang berkembang dan saya tidak pahami. Saya hampir tidak merasakan bedanya antara blog dan forum, misalnya bloGGaul dan Lautan Indosiar, yang satu blog yang lainnya forum, toh di blog ada blok, di forum ada room. Atau memang Blog berasal dari kata blok (gank, komunitas) dan Forum dari kata room (baca: rum).

Thx for oceph.




furkon_thea   Rabu, 16 April 2008 @ 09:25 WIB



waduh bener banget tuh .....

udah yang ga berkepentingan ga usah ikut campur
apa lagi yang berbicara ada lah om bisot ini sang legent atau dedengkot dari lautan indosiar


bisot   Rabu, 23 April 2008 @ 15:20 WIB


??????

henceu   Rabu, 16 April 2008 @ 09:52 WIB

wew...ada apa nih om dengan quote nya?keliatannya serius banget diskusinya sm id cool_forever

quote:

saya telah dapat menjamin bahwa komunitas itu adalah wadah untuk lebih mempererat hubungan interpersonal, bukan untuk mengkotakkan dan membelenggu spirit saya, apalagi sampai melanggar pondasi "blogging for fun"


gw setuju, nge blog itu bagi gw sekedar menyalurkan hobby membaca dan menulis, nantinya bakal saling mengenal karena gw udah masuk suatu komunitas, tapi kalau harus dikotakan dalam satu gank atau apapun namanya, yah gak asik lagi donk, jadi otak gw mumet sm urusan gank gw aja...

duh kenapa blgindos (males nyebut gaul) jadi aneh gini ya

icot   Rabu, 23 April 2008 @ 15:21 WIB

tanya kennnnnnn napa???


hideous   Rabu, 16 April 2008 @ 09:59 WIB


gue speechless bro ngeliat lo gini
*ampe keringet dingin neh

yah, whatever you're up to, apa yang elo ungkapin semua di atas adalah benar adanya

*btw, kok gue jadi ngerasa makin gimana neh ke lo hehehhe(mudah2an gak kebawa mimpi lagi..)
icot   Rabu, 23 April 2008 @ 15:23 WIB


ups... hidy hidy... ehm bikin gw ge-er aja degh wkkkkk


ferror   Rabu, 16 April 2008 @ 10:08 WIB


bisot pun bicara .... gue juga kadang ngerasa di dalam blog ada blok sot . dan tyernyata ada di blog indos , sampe sekarang gue gak mau nyebut blog indosi ganti sama bloggaul .

itu quote di atas cuplikan dari mana sih ? semoga g ada versus ya sot

henceu   Rabu, 16 April 2008 @ 10:25 WIB


loe liat disini de fer
http://bloggaul.com/three_colours/?op=readblog&idblog=84534

dan ini

http://bloggaul.com/cool_forever/?op=readblog&idblog=84181


indi sedih...   Rabu, 16 April 2008 @ 10:19 WIB


blogging gak selalu fun lagi, om..
liat aja blog aku, ada yg kirim komen nyakitin bgt..


hideous    Rabu, 16 April 2008 @ 11:39 WIB

ndy, yang komen di blog lo tuh jelas banget orang yang sirik, dengki dan pengecut secara dia gak berani nunjukin id nya


harry_zoe   Rabu, 16 April 2008 @ 10:39 WIB


hehhehehe...kok aneh ya?
kalo gue sih..silahkan deh gue dicaci maki diblog gue!asal jangan dicaci di blog orang aja!kalo diblog orang sih... ngajak gue adu panco!

gue gak merasa illfill kok kalo ada orang koment di blog gue...bahkan sering mereka beda pendapat dengan gue!different make this comunity getting beautiful.pasti akan terkesan deh...meski itu kesan gak enak.hehheheheee....

soal blog=blok? gue gak tahu tuh...yang gue tahu tuh bangsat amerika aja yg suka adudomba!and sering buat blok...

kalo disini kan semua blogger baik semua termasuk om incot!hehhehehe.....peace man!

hideous    Rabu, 16 April 2008 @ 11:43 WIB


yang lo maksud dengan aneh apa tuh harr???lo gak tau soal bisot kaliii
mana pernah bisot masalahin komen orang di blognya or bahkan di blog orang sekalipun kalo gak karena komen itu keterlaluan.
kalo gue bilang ya har,dari awal lo udah terlalu banyak omong deh.
secara lo sering kali ngeluarin komen berdasarkan apa yang terlihat selintas tanpa tahu akar ataupun latar belakang dari hal yang lo komenin itu


henceu   Rabu, 16 April 2008 @ 11:53 WIB

sory nih ya, gw gak ngeliat ada keanehan diposting om icot, yang aneh juga tuh elo bilang aneh har, dan gak ada kata2 ilang feeling tuh di posting bisot soal mau komen di blog dia kek di blog elo kek, emang bisot pikirin meskipun beda pendapat, coba loe baca lagi deh perkalimatnya, perhatiin nih kata
quote:

karena saat saya blogging, saya sadar, bukan hanya orang-orang yang saya kenal yang akan saya temui, saya akan bertemu dengan banyak manusia unik dengan berbagai atribut psikologis dan sosialnya


dan emang bangsat amerika aja yg suka adu domba?coba deh kalo loe tau kasus per kasus, pasti loe nemuin domba yang mau di adu sama tukang adu dombanya

harry_zoe   Rabu, 16 April 2008 @ 12:07 WIB

quote:

kalo gue bilang ya har,dari awal lo udah terlalu banyak omong deh.
secara lo sering kali ngeluarin komen berdasarkan apa yang terlihat selintas tanpa tahu akar ataupun latar belakang dari hal yang lo komenin itu



kok baru tahu sih gue banyak omong, dari dulu gue banyak omong!wakakkakakaaa.....gue seh yang penting komen gak peduli yg deh topiknya apa.hehhehehe....aku suka deh komen diatas gue!


abell   Rabu, 16 April 2008 @ 11:34 WIB


bisa gak sih tulisannya jangan panjang2 males gue bacanya, intinya seru...seru...gue setuju !! nyambung gak sih qlo gue komentar kaya gitu hahahah keder gue nih !

hideous    Rabu, 16 April 2008 @ 11:40 WIB


bel, bel kalo pendek itu namanya sms hehehhee


debby_cavanna   Rabu, 16 April 2008 @ 15:29 WIB


ya elaah sot..ga penting banget lo ributin si kuli warnet..mendingan traktir the gathalz...

kalo lo ributin die trus dapet duit. baru semangat ributin..tapi kalo cuman makan hati ga penting amat seh..

risar   Rabu, 16 April 2008 @ 17:33 WIB


heuheeuu . . peace akh . .

hmmmm kuli warnet . nampak kenal dech . yg penting halal z xalle y . wakszzz .


sarojini   Jumat, 18 April 2008 @ 06:12 WIB

sudah..sudah... mengapa kita tidak bisa saling berkepala dingin, semua itu hanya karena miss-communication..ya karena antara kita tidak mengenal dari pribadi yang lebih dalam, sehingga sering diinterpretasikan dari tulisan kata yang terkadang salah, atau dg tidak sengaja menyulut emosi orang lain..itu wajar saja, sangat manusiawi, mana ada manusia yang selalu benar..di sini perlu keikhlasan untuk menerimanya..

ya.. mengapa kita sering secara tidak sadar, telah menyia-nyiakan waktu, hanya untuk mempersoalan sesuatu yang tidak memberi manfaat bagi hidup kita sendiri..

buat daeng bisot..terimakasih banyak ya sudah menerima aku apa adanya dan mendukung buku 3 colours, ya daeng kita ini cuma ingin berkarya dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.. itu saja ..



debz   Jumat, 18 April 2008 @ 09:46 WIB


bener kata si jini..manusia ga ad yg sempurna sot. namun selalu ad manusia yg lebih unggul dr manusia lainnya..spt kita, manusia2 yg lebih unggul dibanding lainnya(sukasukagwmaunarsis.com)

maklumin aja kalo si kuli warnet n antek2nya itu jauh dibawah elo kualitasnya..kalo dia ga bisa mengerti juga tulisan lo ya wajarin aja lah sot..drpd lo urusin orang yg hampir mendekati psychopat, mendingan urusin gath n the gathalz..

btw tau lagunya cock sparrer ga?

three_colours   Minggu, 20 April 2008 @ 09:00 WIB


ehmm jadi pengen kenal..siapa sih yang menyebut diri nya manusia unggul itu..?


w32kuro   Jumat, 18 April 2008 @ 13:33 WIB


wah, ternyata complicated juga yah

halo bisot, i see you have a lot of fans here!nice to see you

loiyloi   Jumat, 18 April 2008 @ 23:08 WIB


hm... binun mo koment apaan lom u p d a t e berita berita yg ada
mo absen aja dulu ah
hehehe malem om ...[:d]

mus_   Selasa, 22 April 2008 @ 12:26 WIB


daeng bisooot...
jalan jalan kaaa'....

bisot   Rabu, 23 April 2008 @ 15:24 WIB


mampir moko propessor wkkkkk

Klik untuk komentar