Peran Penting Payment Gateway Indonesia dalam Membantu UMKM

Payment gateway Indonesia yang mudah diakses dan terjangkau, membantu UKM UMKM mengoptimalkan teknologi dalam mengembangkan bisnis perekonomian bangsa

Apa Itu Payment Gateway?

Payment gateway secara sederhana dapat dijelaskan sebagai bentuk sistem transaksi yang bertugas untuk mengotorisasi suatu proses transaksi melalui portal pembayaran

Saat transaksi online, kita tentunya mengharapkan sebuah proses pembayaran yang lebih cepat, mudah dan aman. Proses transaksi dalam teknologi payment gateway bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari transaksi kredit, debit, transfer bank, atau sistem pembayaran langsung jenis lain seperti: e-wallet, direct debit, dan lain-lain.

Dengan teknologi internet, payment gateway dapat diterapkan dalam kegiatan berbelanja online di mana saja. Teknologi payment gateway memungkinkan para penjual untuk menerima pembayaran dari siapa saja dan kapan saja, dan dari mana saja dengan mudah.

Salah satu kelebihan dari teknologi payment gateway adalah tidak hanya pihak bank saja yang dapat menyediakan layanan ini, tapi pihak lain selain bank juga dapat menyediakan layanan ini untuk memvalidasi dan mengotorisasi transaksi antara penjual (merchant) dan pembeli (konsumen).

Payment Gateway

Peran Penting Payment Gateway untuk UMKM

Perkembangan pesat ekonomi digital di Indonesia dalam dekade terakhir tidak bisa lepas dari peran payment gateway. Tahun 2022 lalu, total nilai transaksi pembayaran online melalui payment gateway naik sebesar 35% dari tahun 2021, angka transaksi mencapai sekitar Rp2.000 triliun. 

Kenaikan penggunaan yang signifikan penggunaan payment gateway ini menunjukkan tingginya adopsi pembayaran digital di berbagai sektor bisnis, mulai dari e-commerce, pembayaran tiket, serta layanan jual beli online lainnya, yang tentunya telah turut mendorong pertumbuhan perekonomian secara keseluruhan.

Payment Gateway Indonesia tentunya juga telah terbukti mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Data menunjukkan bahwa sekitar 80% dari total transaksi pembayaran online melalui payment gateway berasal dari UMKM. 

Data tersebut menunjukkan bahwa UKM (Usaha Kecil Menengah) dan UMKM juga tidak ketinggalan dalam mengadopsi model bisnis digital untuk memperluas lini bisnis, ekspansi pasar yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan.

Dengan tersedianya payment gateway yang mudah diakses dan terjangkau, UKM dan UMKM semakin mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan bisnis mereka, sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian bangsa.

Peran Penting Payment Gateway

YUKK Payment Gateway

Kelebihan dari payment gateway Indonesia lain adalah, YUKK membawa layanan payment gateway-nya dari online ke offline, transaksi pembayarannya didukung solusi point of sales dari YUKK sendiri yakni iSeller

Selain itu, startup yang didirikan pada tahun 2018 ini juga memiliki berbagai pilihan produk, seperti pilihan QRIS statis dan dinamis yang masih jarang dimiliki oleh payment gateway lainnya. 

YUKK kini memposisikan diri sebagai solusi pembayaran yang memperhatikan kebutuhan UMKM di Indonesia. Pada Mei 2023, PT. YUKK Kreasi Indonesia mencatat lebih dari 3,4 juta transaksi, hal yang menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 140% dibandingkan pada transaksi di tahun 2022.

Keberhasilan ini tentunya memberikan dukungan bagi pengusaha UMKM dalam mengadopsi pembayaran digital untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Lebih dari 12.000 cabang telah bergabung sebagai mitra PT. YUKK Kreasi Indonesia, yang memberikan peluang bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang dengan mengadopsi sistem pembayaran digital.

------------

Posting Komentar

No Spam, Please.