Mampir di Distro Blarak Semplak Bekasi

Distro Blarak Semplak
Sepasang patung manekin berbusana Betawi dengan baju pangsi berwarna ungu lengkap dengan songkok dan berkalung sarung berdampingan dengan manekin berkebaya berdiri di etalase seakan menyambut kedatangan siapa saja yg hendak singgah. Begitupula pasangan manekin disebelahnya, berbalut baju koko berpasangan dengan kebaya warna terang yang memancarkan aura tenang dan damai wajah distro ini. Etalase yang sekaligus menjadi pintu masuk juga dilengkapi lemari hias dari kaca yang berisi berbagai busana tradisional khas Bekasi juga aksesorisnya. Ruko berukuran 4x3 meter ini dikenal dengan Distro Blarak Semplak Bekasi.

Terletak di seberang SMK Karya Guna, Jalan Borobudur Perumahan Duren Jaya, Bekasi Timur Kotamadya Bekasi, Distro Blarak Semplak setahun belakangan ini fokus berjualan pakaian tradisional Bekasi.
"Distro Blarak Semplak ini saya hadirkan untuk mempermudah warga Bekasi yang ingin mencari busana-busana tradisional budaya Bekasi, selain itu juga untuk memperkenalkan dan melestarikannya. Dari celana Batik Betawi sampai aksesoris ikat kepala blarak semplak dan amben ada disini". ungkap Mak Lilies menjelaskan.
Mak Lilies Sri sang pemilik distro dulunya sempat mengelola salon, namun sekarang beralih ke penjualan busana adat, khususnya adat Betawi. Sebut saja Baju Pangsi lengkap dengan songkok/peci berwarna merah dengan pin golok dari kuningan yang tersemat, amben/ikat pinggang, di sebelahnya terdapat manekin memperagakan Kebaya Encim dengan dipermanis kerudung bermotif warna senada. Baju Koko Sadariah juga terpajang rapih pada manekin dibagian dalam ruko.

Distro Blarak Semplak Bekasi
Mak Lilies owner Distro Blarak Semplak
Usaha distro pakaian tradisional ini memang tidak ramai dan merupakan peluang usaha yang masih sepi persaingan namun itu bukan berarti tidak ada kendala. Mak Lilies mengaku agak sulit mengumpulkan barang-barang dari berbagai pemasok untuk melengkapi distronya.

"Saya membuka peluang kerjasama usaha kepada siapa saja, sampai saat ini saya masih mencari suplier golok, sendal dan aksesoris yang terkait Budaya Betawi dan Sunda khas Bekasi" tuturnya saat ditanyakan suka-duka membuka usaha distro pakaian budaya.

Ditanyakan mengenai tips-tips usahanya Mak Lilies hanya tersenyum.
"Tidak ada yang istimewa, intinya musti sabar, tekun dan pandai membaca peluang,misalnya pada bulan Agustus menjelang peringatan hari Kemerdekaan RI yang ke 70 anak-anak usia sekolah biasanya akan ramai mencari pakaian adat, untuk karnaval ataupun lainnya, ini peluang usaha dan kesempatan untuk saya memperkenalkan budaya Bekasi melalui pakaiannya" ujarnya bersemangat, "saya akan turut serta merayakan dengan memberi discount khusus Hari Kemerdekaan RI ke 70" pungkasnya bersemangat.

"Saya juga memanfaatkan sosial media seperti Facebook untuk memajang koleksi dagangan, tanggapan teman-teman dan keluarga cukup positif, itu membuat saya semakin bersemangat menjalankan usaha ini. Kedepannya saya ingin terus mengembangkan distro ini bukan hanya menjual pakaian, tapi juga segala macam kebutuhan budaya seperti alat-alat musik dan lain-lain".

Hari menjelang malam saat saya berpamitan, tanpa terasa telah 3-4 jam bersilaturahim ngobrol ngalor-ngidul di Distro Bekasi, sudah sekian gelas kopi tidak terasa tandas, belum lagi kue-kue dan bermacam makanan ringan :) Sebelum pulang saya sempatkan membeli 2 celana batik panjang untuk suasana santai di rumah.

Oh iya kalo kalau mau tahu lebih lanjut mengenai Distro Blarak Semplak Bekasi dan produk-produk koleksinya, silakan hubungi Mak Lilies di nomor: 0877-8841-5261 / 0813-1042-9367 atau silahkan invite pin Blackberry Messenger: 2BB292F9 atau berteman di Facebook-nya.

Happy weekend :)


Distro Blarak Semplak Bekasi

Untuk alamat Distro Bekasi Blarak Semplak Bekasi mungkin bisa cek di peta google ini.



Artikel ini memiliki 14 Komentar

  1. Agak susah yah mencari baju pangsi dan kebaya di Bekasi, terima kasih postingannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir, tapi kayaknya zaman sekarangsudah banyak deh yang jual baju pangsi betawi :)

      Hapus
  2. Jadi tau kemana beli baju tradisional di sekitaran bekasi, makasih om postingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terima kasih sudah mampir

      Hapus
  3. Oh iya ini kan yang di depan SMK Karyaguna nih.... makasih infonya bang

    BalasHapus
  4. Minta alamat lengkapnya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tambahkan tampilan peta google map aja yah, saya gak yakin alamat pastinya :)

      Hapus
  5. Minta alamat lengkapnya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. seberang SMK Karya Guna, Jalan Borobudur Perumahan Duren Jaya, Bekasi Timur Kotamadya Bekasi

      Hapus
  6. Usaha yg bagus demi mempertahankan budaya yg semakin tahun semakin sirna ... Kata siapa indonesia sudah merdeka .. Ya kata siapa ya kata siapa .. Budaya sendiri hilang di jajah budaya barat ...

    BalasHapus
  7. Ikat kepala sunda yg sering digunakan kang emil ada ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kainnya ada bang, kalo yang udah siap pakai kudu mesen kayaknya, kontak ke Mak Lilis ajah di nomor 0877-8841-5261 / 0813-1042-9367

      Hapus