Flashing Mi4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM

Flashing MI4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM ini sebenarnya sama saja dengan meng-update Fastboot ROM. Kejadiannya karena HP Xiaomi MI4i saya yang gagal booting/boot loop. Setelah saya flah ulang dengan LineAge OS ternyata kondisi tetap boot loop dan selalu restart. Walaupun sudah di-wipe dan clean install tetap saja kondisinya selalu restart, bahkan terakhir sudah tidak mau lagi di flash, selalu mati di tengah jalan lalu restart.

Flashing Mi4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM

Dari hasil browsing saya temukan banyak cara untuk mengembalikan kondisi Xiaomi Mi4i dengan cara update Fastboot. Sekalian saja saya share pengalaman dan sebagai catatan kalau-kalau HP saya kumat kembali. Buat yang mau ikut coba yah DWYOR ata baca disclaimer. :)

Untuk melakukannya kita akan membutuhkan Windows PC/Laptop lalu kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini. Sebelum melakukannya perlu kita pastikan bahwa HP kita sudah fully charged alias sudah penuh terisi baterenya agar HP memiliki sumber daya yang cukup dalam proses flashing ini, kalau HP mati di tengah proses karena batre habis banyak kemungkinan yang enggak kita inginkan bisa terjadi, so daripada repot mending di cas full dulu HP-nya.
Proses ini akan menghapus semua data, jadi kalau masih bisa di back up silakan back up semua data yang sekiranya diperlukan.

Baiklah berikut langkah-langkah  Flashing HP Xiaomi Mi4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM.

1  Download MIUI ROM Flashing Tool di SINI (Size: 46 MB) dan install di laptop/PC. Perangkat dengan tanda bintang ★ adalah perangkan yang bootloader-nya terkunci. Carilah cara untuk membuka kunci bootloader-nya. Mi4i tidak terkunci karenanya bisa langsung mengikuti langkah selanjutnya.
Flashing Mi4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM

2.  download File ROM di SINI.

3.  Matikan HP, kalau tidak bisa maka matikan melalui menu recovery. Setelah itu masuk ke download mode atau Fastboot dengan menekan tombol volume down (-) dan tombol power secara bersamaan sampai muncul gambar seperti di bawah ini. Segera sambungkan kabel USB ke komputer/laptop.
Flashing Mi4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM

4 Klik dua kali file ROM yang sudah didownload tadi di nomor 2. Buka folder file tersebut dan copy alamat foldernya
http://static.en.intl.miui.com/static/article/innerimg/tongyong/tongyong-3-2.jpg
(klik gambar untuk memperbesar)

5. Ekstrak file MIUI ROM flashing tool yang sudah terdownload sebagaimana diterangkan di langkah 1, lalu install (abaikan saja security warning dan klik "Run"). Setelah proses install selesai, buka file MiFlash.exe lalu paste alamat folder yang kita copy di langkah ke 4 yaitu alamat dimana file ROM berada.
Jika HP terdeteksi maka klik "Refresh" (Tombol yang diwarnai kuning) agar MIUI Flashing Tool dapat mendeteksi HP kita. Jika sudah silakan lanjutkan dengan klik tombol yang ditandai warna merah (Flash) untuk memulai proses flashing.

Flashing Mi4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM

6.  Tunggu sampai proses selesai, dapat dilihat dari layar progres sekian persen % dan tunggu hingga ada keterangan "success" sebagai tanda telah selesainya proses flashing.

Flashing Mi4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM

Jika sudah selesai HP akan otomatis reboot dan setelah menyala maka akan kembali ke tampilan ROM terbaru dari MIUI.

Waktu pertama coba saya mendapat peringatan "can not found file flash_all_lock.bat" dan proses flashing tidak mau berjalan. Lalu saya ubah pilihan di bagian paling bawah menjadi "Clean All & Lock" barulah proses flashnig mau dimulai dan dengan cepat hingga selesai.  Setelah selesai HP Xiaomi Mi4i saya sudah terinstal MIUI 9 Global Edition.

Demikian sharing saya kali ini. Sayang HP saya batrenya sudah tidak kuat, maka saya harus mengganti batre Mi4i dahulu.

Flashing Mi4i Dengan MIUI Flashing Tool dan Fastboot ROM
Pesanan Batre Mi4i sudah sampai
Alhamdulillah ada teman yang mau bikin vlogging penggantian batre ini, so, tunggu vlogging cara mengganti batre Mi4i dari saya yah :)

Salam.