Kategori:

Bocoran soal ujian ora danta

Sambil ngopi sore mari kita pecahkan soal ujian ora danta. Ora artinya tidak atau enggak, danta artinya jelas, atau terang, jadi Soal Ujian Ora Danta = Soal Ujian Enggak Jelas. :)

Soal ini sudah pernah saya terima juga sih di salah satu grup WA lama sebelum postingan ini, intinya hanya lelucon saja, dan tidak ada yang menanggapi serius lelucon ini. So saya posting di sini juga bukan mau menanggapi serius, hanya sekadar belajar bahasa bagi yang "roaming" dengan salah satu dialek Bahasa Bekasi yang sering disebut juga Bahasa Betawi Ora.

Postingan ini sebagai jawaban atas salah satu twit yang di-oper ke saya, kita bahasnya santai aja yah :)

soal ujian ora danta bahasa bekasi betawi ora

Soal nomor 1:

Udah 2 taon Baba sering sesek napas, apalagi kalo abis kerja berat. Napasnya langsung ngos-ngosan. Penyakit Baba disebut ...
a. kudis b. giduh c. bengek d. ampeg.

Sudah 2 tahun bapak, sesak nafas, apalagi kalau sehabis kerja berat, nafasnya langsung ngos-ngosan. Penyakit Bapak disebut?

Baba = Bapak.
Kudis = sejenis penyakit kulit.
Giduh = biduren, giduan, gatal-gatal dan ruam bentol di kulit akibat alergi udara (tidak menular)
Bengek = Sesak nafas, susah bernafas, TBC dll terkait pernafasan.
Ampeg = Campak, ruam merah di kulit.

Soal nomor 2:

Pentil cecek disebut juga:
a. beton b. tai babal c. tekokak d. juwet

Pentil = buah yang masih sangat kecil
Cecek = buah nangka
Beton = Biji buah nangka yang masak
Tai babal = buah nangka yang masih sangat kecil (pentil)
Tekokak = sejenis pohon berbuah terong-terongan kecil yang pahit
Juuwet = Buah juwet atau jamblang

Buah Nangka memiliki banyak nama karena dapat dimanfaatkan sejak masih pentil (buah kecil) untuk lalapan atau rujak, setelah agak besar sering disebut gori atau cecek dan bisa di masak, setelah matang maka barulah disebut buah nangka. Ungkapan sayur nangka dan sayur cecek berarti sayur buah nangka yang belum masak di pohon, bedakan antara penyebutan cecek, gori dan nangka, karena istilah nangka hanya digunakan untuk buah yang telah masak di pohon dan dapat dikonsumsi tanpa pengolahan lebih lanjut.

Soal nomor 3:

Bang Jeki marah banget ama anaknya, saking sewotnya, anaknya di bledig-bledig ampe nyubar ke empang. dibledig-bledig artinya ...
a. dibonggol b. disrampang c. dikejar-kejar d. ditincras

Sewot = sangat marah
bledag-bleding = bledig = dikejar/diuber
nyubar = nyebur = kecebur
empang = tasik, kolam air, danau
dibonggol = dikerjai (perbuatan seperti memukul dll). (saya masih ragu dengan kata-kata ini)
disrampang = dilempari
ditincras = diiris tipis (ngerancasin)

Soal nomor 4:

Kali CBL aernya butek campur limbah pabrik, banyak ikan pada ...
a. nenggak b. nelor c. ngengob d. brenang

CBL = Kali buatan Cikarang Bekasi Laut yang membelah Kabupaten Bekasi
Butek = kotor/tidak jernih
Nenggak = ikan muncul menghirup udara
Nelor = bertelur
Ngengob = menguap karena ngantuk
Brenang = berenang

Soal nomor 5:

Bacaan di tulisan ini rada ora danta, jadi keliatannya ...
a. tipis-tipis b. latap-latap c. blepetan d. acak-acakan

rada = agak
ora = tidak/enggak
danta = jelas
keliatannya = terlihatnya
latap-latap = samar-samar
blepetan =  berceceran

Soal nomor 6:

Udin punya kebiasaan siang malem ora pernah make baju, segitunya mah dia rada kebal ama penyakit masuk angin. kebiasaan si Udin disebut ...
a. ngedakom b. rungseb c. ngaprak d. mleding

ora = enggak/tidak
ngedakom = tengkurab
rungseb = ruwet/kusut
ngaprak = suka pergi ke tempat yang tidak umum/menerobos dll
Mleding =  tidak menggunakan pakaian atas

Dari penjelasan di atas semoga kita bisa menjawab semua pertanyaan ujian itu.
Kalo ada yang salah mohon diperbaiki, kalau ada penjelasan tambahan silahkan ditambahkan di form komentar

:)

Artikel terkait:

6 comments

  1. meski oradanta, tapi lumayan menghibur nih om Bisot hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli iseng aja abis gak ada yang mau jelasin :D makasih mbak sudah mampir :)

      Hapus
  2. ahahahahahah,,,,mengedukasi banget , sambil belajar bahasa betawi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saking banyaknya kosa kata berbagai dialek saya sendiri banyak juga yang tidak tahu makna ungkapannya :D

      Hapus
  3. http://irwanseegenerasimudaislam.blogspot.com

    BalasHapus

badge