Berkah Ramadhan & Workshop Fotografi Makanan di Ultah Ke-11 Instanusantara Makassar

Komunitas fotografi Instanusantara Makassar (IN Makassar) merayakan ulang tahun ke-11 dengan berbagi Charity dan mengadakan workshop fotografi makanan
Berkah Ramadhan & Workshop Fotografi Makanan di Ultah Ke-11 Instanusantara Makassar
Foto bersama Ultah Ke-11 Instanusantara Makassar

Menjelang sore di ujung jalan Pettarani, lalu lintas padat tersendat. Di tepi jalan, depan GraPARI Telkomsel Pettarani tampak sekelompok pemuda membagikan ifthor kepada para pengguna jalan.

Beberapa pengendara roda dua maupun roda empat menepi mendatangi para pembagi takjil, klakson bersahutan menambah ramai suara deru mesin. Matahari semakin condong ke barat, kepadatan lalu lintas semakin rapat.

Sharing and Workshop Food Photography

Tidak jauh dari lokasi, terdengar kontras suara lembut Irma Safitry, fotografer makanan profesional sedang membawakan materi Food Photography (Fotografi Makanan) dalam acara Anniversary Ke-11 Instanusantara chapter Makassar (IN Makassar). Tepatnya di Kafe PlazGozz, sudut halaman GraPARI Telkomsel Pettarani Makassar.

Irma atau yang akrab disapa Kak Emma, pemilik IG: @EmmaCreativeShoot berbagi tips-tips fotografi selaku nara sumber pada sesi Sharing dan Workshop Food Photography. Rangkuman materinya saya post di: Rahasia Foto Makanan Menggoda Selera: 9 Tips dari Workshop InstaNusantara Makassar 🙏 

Berkah Ramadhan & Workshop Fotografi Makanan di Ultah Ke-11 Instanusantara Makassar
Kak Emma sedang membawakan materi Food Photography

"Food Photography adalah bagian dari genre Still Life Photography, bisa menjadi seni terapan (aplied art) yang bertujuan komersil, dapat pula menjadi seni murni (fine art) yang mengutamakan keindahan," ungkap Kak Emma menjelaskan tayangan slide materinya.

10 menit berlalu, dipandu dan dibimbing Kak Emma, para peserta Workshop Fotografi Makanan yang sebagian besar adalah anggota Instanusantara Makassar langsung asik membidikan kamera pada makanan yang telah disediakan oleh pihak PlazGozz Pettarani kafe.

Ultah Ke-11 Instanusantara Makassar
Praktek workshop Food Photography

Berkah 11 Tahun IN Makassar

Acara perayaan atau syukuran ulang tahun yang bertajuk Berkah 11 Tahun IN Makassar ini juga diisi dengan acara buka puasa bersama, berbagi charity ke anak-anak panti asuhan, lomba foto on the spot, dan pemotongan tumpeng.

Berkah 11 Tahun IN Makassar
Santunan dan penyerahan bingkisan

Sekitar 20 anak asuh dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Wahyu Ilahi sengaja didatangkan dari Kabupaten Gowa. LKSA adalah lembaga resmi yang lebih sering disingkat atau lebih dikenal dengan istilah Panti Asuhan

Perwakilan LKSA Wahyu Ilahi Gowa sempat menjelaskan bahwa LKSA ini berada dalam naungan Yayasan Wahyu Mandiri yang sudah berdiri sejak 25 Desember 2002 di JI. Mustafa Dg. Bunga Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel. Yayasan Wahyu Mandiri punya beberapa kegiatan sosial, antara lain: Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) serta Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah.

Santunan atau charity yang telah dikumpulkan langsung diserahkan oleh Kholik Hanafi sebagai Ketua Instanusantara Makassar kepada perwakilan LKSA Wahyu Ilahi. Juga diserahkan paket goodiebag kepada masing-masing anak asuh tersebut, bingkisan disediakan oleh Wings Food selaku sponsor acara. Selain Wings Food, acara ini juga disponsori oleh Fujishop, Mie Sedaap, Bestie Kamera dan Kafe PlazGozz Pettarani.

"Salam kompak karena kompak adalah yang utama"

Harapan Ke Depan

Menurut Kholik Hanafi, atau yang akrab disapa Kak Olie, sejak pandemi covid, kegiatan Instanusantara Makassar boleh dibilang vakum, masing-masing anggota mengisi kegiatan pribadi dan sangat jarang bertemu. Barulah akhir-akhir ini IN Makassar mulai kembali giat melakukan agenda bersama, seperti hunting bareng foto dan workshop photography seperti dalam perayaan anniversary ke-11 ini. 

Ke depannya IN Makassar hendak menjadi tuan rumah acara Gathering Nasional Instanusantara dan agenda Photografy Camp di Kabupaten Bone. Karenanya IN Makassar sedang giat mengkonsolidasi anggota dan bersiap menggandeng berbagai komunitas untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Selamat ultah ke-11, sukses dan kompak selalu buat IN Makassar, "Salam kompak karena kompak adalah yang utama". Semoga solid dan sukses dalam agenda event ke depan.


Aziz yang saya ajak menghadiri acara, seperti biasa belum bisa tuning dengan suasana, padahal ini sudah event IN Makassar kedua yang ia ikuti, walaupun sempat beberapa kali ikut memotret dengan HP Infinixnya, mungkin fotografi bukan passionnya, atau belum? Mengingat saya juga belum lama belajar fotografi.

Berkah Ramadhan & Workshop Fotografi Makanan di Ultah Ke-11 Instanusantara Makassar
Aziz praktek memotret makanan

Ya harapan saya gak banyak, minimal dia bisa menambah wawasan mengenai fotografi, bertemu orang baru dan komunitas baru.

Salam :)




Posting Komentar

No Spam, Please.