Ngopi Santuy di Keseruan Acara 1st Anniversary Instanusantara Karawang Bekasi

1st Anniversary Instanusantara Karawang Bekasi
1st Anniversary Instanusantara Karawang Bekasi


Cuaca Minggu siang agak mendung ketika saya tiba dan memarkirkan motor di halaman Starbucks Drive Thru Lippo Cikarang. Awalnya saya sudah masuk ke areal halaman Hotel Harper dan bertanya kepada salah satu Satpam yang bertugas mengenai lokasi parkir untuk kendaraan roda dua. Satpam dengan sopan meminta agar saya memarkirkan motor di area Starbuck disertai alasan-alasannya. 


Memasuki loby hotel, satpam yang tadi mengarahkan saya parkir kini dengan sigap mengucapkan selamat siang dan membukakan pintu kaca. "Terima kasih pak," ucap saya yang terkesan dengan kesigapan mereka. Sepertinya mereka sudah dibekali berbagai SOP pelayanan sehingga dari parkir sampai etika yang lazim berlaku di dunia perhotelan dilaksanakan dengan cukup baik.


Di belakang resto, area luar tampak 2 penari berpakaian dan bertopeng merah dengan energik dan bersemangat menampilkan Tari Topeng Kelana dari Cirebon. Tari yang konon awalnya menggambarkan tokoh Rahwana dalam pewayangan ini memang ada dalam agenda untuk dipentaskan sebagai salah satu rangkaian acara dalam peringatan ulang tahun pertama Komunitas Instanusantara Karawang Bekasi. Tanpa pikir panjang saya langsung bergabung dengan teman-teman yang sedang asik memotret 2 penari tersebut.


Oh iya, Komunitas Instanusantara Karawang Bekasi (Inkarasi) adalah salah satu region dari Instanusantara, sebuah komunitas fotografi yang bertujuan untuk mempromosikan Indonesia melalui foto dan video pendek di media sosial Instagram.


Mengambil lokasi di Hotel Harper Cikarang, Minggu (13/12/2020), Komunitas Inkarasi menghelat kegiatan peringatan anniversary pertamanya dengan tajuk “Tumbuh Bersama” (Sisi Lain Pesona Bekasi dan Budaya Bekasi) yang berisi rangkaian kegiatan sesi foto hunting dalam dan luar ruang. Sayangnya hujan membuat sesi hunting foto luar ruangan menjadi lebih cepat selesai sebelum waktunya.


Keseruan Acara 1st Anniversary Instanusantara Karawang Bekasi
Sesi hunting foto luar ruangan menampilkan Tari Topeng Kelana
Foto by: @tukangfotogadungan


Lanjut ke acara dalam ruang yang beraroma handsanitizer. Salut untuk panitia yang dengan tegas tetap mewajibkan peserta untuk mengenakan masker selama acara dan menata ruang dengan menerapkan aturan menjaga jarak. Meskipun aturan itu membuat suasana awalnya agak kaku tapi itu sebentar saja, keceriaan mencairkan suasana hingga acara selesai. Slide show foto-foto karya anggota dan game-game kecil berhadiah berhasil menyatukan perhatian dan menjalin engagement semua yang hadir hari itu.


Dalam sambutannya, Monika selaku ketua Inkarasi sempat menceritakan sedikit sejarah Inkarasi sebelum mendatangi dan menyapa beberapa anggota Inkarasi dari sekitar 100 hadirin di dalam ruang meeting Hotel Harper Cikarang. Untuk saya yang baru kali ini bisa ikut dalam acara Inkarasi, dapat merasakan sambutan hangat dari anggota lainnya, kekeluargaan bukan hanya kata pemanis atau sekadar slogan di sini.



Sejarah Komunitas Instanusantara Karawang Bekasi


Menyambung soal sejarah, ide membuat wadah komunitas berawal dari kesepakatan para pencinta fotografi di Kota Karawang Bekasi. Mereka ada yang berlatar belakang pelajar, mahasiswa hingga pekerja yang pada awalnya membentuk komunitas Cika Ranger dengan berbasis fotografi landscape dan bermaksud untuk melakukan hunting bareng.


Para pendiri dan anggota awal Inkarasi memiliki keyakinan bahwa masih banyak hal yang dapat dieksplorasi di wilayah Karawang Bekasi agar dapat lebih dikenal lagi seperti kota-kota lain di Indonesia. Dari keyakinan itulah tercetus ide untuk membuat wadah komunitas yang lebih spesifik mengusung tema tentang Alam dan Budaya Karawang Bekasi


Berangkat dari ide tersebut dan dari hasil diskusi, akhirnya disepakati keinginan untuk menggabungkan diri dengan Komunitas Instanusantara yang memiliki visi dan semangat yang sama, terlebih  di Kota Karawang Bekasi belum ada regional Instanusantara.


Semangat yang menyatukan komunitas ini adalah; semangat untuk memperkenalkan keindahan alam dan keanekaragaman budaya Karawang Bekasi kepada masyarakat Karawang dan Bekasi, nasional maupun international melalui fotografi di media sosial Instagram.


Keseruan Acara 1st Anniversary Instanusantara Karawang Bekasi
1st Anniversary Instanusantara Karawang Bekasi
Foto by: @voteforfirman


Akhirnya pada hari Selasa tanggal 25 November 2019, Instanusantara Karawang Bekasi resmi menjadi official Region ke-21 dari 22 region Instanusantara saat ini. Sampai dengan tulisan ini dibuat, jumlah anggota Instanusantara Regional Karawang Bekasi berjumlah 89 anggota aktif. Adapun Area yang dicakup Instanusantara Regional Karawang Bekasi meliputi Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta dan Jonggol.


Dalam kurun kurang dari 1 tahun, Instanusantara Regional Karawang Bekasi (Inkarasi) telah sukses melaksanakan beberapa kegiatan. Beberapa yang patut dicatat antara lain:

  • Hunting Foto Model dan Light Painting pada 6 Juni 2020;
  • Hunting Foto Toy’s pada 21 Juni 2020;
  • Hunting Foto Landscape pada 31 Mei 2020;
  • Hunting Konsep Fun Camping pada 30 Agustus 2020;
  • Hunting Foto Landscape Cukul pada 18 September 2020;
  • Charity Fotografi di SMK Yapik Cirebon pada 7 November 2020;
  • Hunting Konsep Tari Topeng Instanusantara Karawang Bekasi & Instanusantara Cirebon pada 8 November 2020;
  • Instanusantara Karawang Bekasi goes to Cukul Pangalengan pada 19 September 2020;
  • Instanusantara Karawang Bekasi goes to Wonosobo pada 16 Oktober 2020;
  • Instanusantara Karawang Bekasi Explore Subang pada 21 November 2020;
  • Instanusantara Karawang Bekasi Anniversary di Hotel Harper Cikarang pada 13 Desember 2020.

Semua anggota Inkarasi sebelum diterima menjadi anggota akan diminta kesediaannya untuk mengeksplor lebih jauh mengenai Karawang Bekasi, baik itu dari sisi pesona alam, budaya, kuliner, kesenian dan hal-hal menarik lainnya. Setiap anggota juga didorong untuk dapat membangun jaringan antar sesama penghobi fotografi dan traveller di Karawang Bekasi.



Bagaimana Cara Bergabung Menjadi Anggota Inkarasi?


Berdasarkan pengalaman, untuk bergabung menjadi anggota Inkarasi syaratnya mudah kok. Kita cukup mengirim pesan berisi keinginan bergabung ke akun Instagram Inkarasi dengan menyertakan nomor WhatsApp yang aktif. 


Calon anggota yang sudah mengirimkan pesan, akan diundang bergabung dalam grup sementara untuk mengenal lebih jauh Inkarasi juga aturan-aturan yang berlaku. Aturan-aturan itu di antaranya seperti kewajiban setiap calon anggota untuk mengikuti kegiatan Upload Bersama (INUB) harian sebanyak 3 kali, tentu saja foto yang diupload harus merupakan hasil foto sendiri.


Di balik layar, sebenarnya pada saat menjadi calon anggota, profil dan foto-foto yang kita upload sebelumnya di Instagram juga diperiksa dan akan menjadi pertimbangan. Setidaknya 75% foto-foto yang diupload adalah konten yang memiliki semangat memperkenalkan keindahan alam, keanekaragaman seni budaya, kehidupan masyarakat dan semacamnya, baik dalam bentuk fotografi landscape, food, potrait, human interest, nature, dan lain-lain.


Tertarik untuk menjadi anggota Inkarasi? 

Silakan follow dan kirim pesan ke akun Instagram Inkarasi di https://www.instagram.com/instanusantara_karawangbekasi/


Keseruan Acara 1st Anniversary Instanusantara Karawang Bekasi
Bersama owner Rumah Puspa, salah satu sponsor acara


Ok, segitu aja yah, catatannya. Saya ucapkan selamat ulang tahun kepada Instanusantara Karawang Bekasi (Inkarasi). Terima kasih untuk kopi, doorprize dan keseruan acaranya. Semoga misi untuk bisa mengenalkan Karawang Bekasi dan sekitarnya ke kancah nasional bahkan internasional lekas tercapai, amiin.


BERBEDA KITA BERSATU,  BERSAMA KITA BERSAUDARA


6 Komentar

  1. keren banget tulisannya Om Bisot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashiap kakak, fotonya saya culik satu :)

      Hapus
  2. Kayaknya seru juga yah 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah seru, terima kasih sudah mampir

      Hapus
  3. Keren sih, semoga sukses selalu komunitas instanusantara Karawang Bekasi, tambh kreatif dan solid selalu

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama