BERAT BEBAN ANAK-ANAK AKHIR ZAMAN

BERAT BEBAN ANAK-ANAK AKHIR ZAMAN kita justru mencetak generasi-generasi rapuh yang bisa aja nyari cara melampiaskan ketegangan mereka, tekanan hidup
BERAT BEBAN ANAK-ANAK AKHIR ZAMAN


BERAT BEBAN ANAK-ANAK AKHIR ZAMAN

Kasus David, Agnes, dan Dandy beberapa waktu lalu, cukup menyentak nurani gw sebagai orang tua dari 3 anak. Bersyukurnya, yaa jadi menguak tabir busuk orang-orang dengan jabatan tinggi yang punya kuasa atas uang yang kagak jelas kehalalannya. Bagen ntu mah dosa mereka, gw ora mau bahas 😆 

Pekan kemaren ada berita baru yang bikin nga-nga juga. Ada bocah SMA ujug-ujug kehilangan nyawa saat menyebrang jalan mau balik dari sekolah. Ketabrak, Mak? 

Kagak! 
Dia di sabet sesama pelajar yang ntah kesurupan apaan, tau-tau nyabet leher korban hingga terkapar menemui ajal. Makin was-was gak siy jaman sekarang? 😭

Belom lagi kasus kematian seorang gadis cantik yang dianiaya mantan pacar pake WC jongkok. Serem sumpah. Leher gw tercekat kering mengingatnya. 

Pertanyaan kita sama : ada apa dengan anak-anak akhir zaman ini? 

Several month ago, gw nonton drakor bareng si kaka, serial berjudul Fast Responders. Cerita tentang para detektif kepolisian yang kerja bareng ama tim damkar yang apik bangat kemasannya. 

Gw ambil episode ke tiga sekuel drakor 12 episode ini yang nyangkut kejahatan anak. Ceritanya, abis kelarin pisan kasus penculikan perempuan dengan modus pacaran yang berakhir dengan pembunuhan dan kanibalisme pelaku, Detektif Jin Ho Gae alias anjing Jindo dan dua rekan dari respon damkar dapet YELLOW CODE dari seorang ibu yang gak bisa buka pintu apartemen anak gadisnya yang berumur 15 tahun, Kim Hyun Seo. 

Singkatnya, nih gadis kedapatan minum racun sejenis pestisida. Setelah aksi heroik tim damkar manjat apartemen, dia bisa diselamatkan dengan barang bukti sebotol racun yang ternyata udah dimuntahin Hyun seo namun bikin dia gak sadarkan diri beberapa jam. 

Ajaibnya, ternyata racun enih bekerja dengan cara ajib, efeknya gak ujug-ujug, tapi membunuh perlahan mematikan kerja jantung dan ginjal saban oksigen masuk ke dalam darah korban. Seremkan? 

Singkatnya, Hyun Seo meninggoy saat tiba di UGD. Dan dari sinilah rangkaian penyelidikan berlanjut. Jelas dicari penyebab gadis pelajar tetiba mau minum racun. Dan alur balik pun dimulai, dan gw sangat tertarik buat nulis alur cerita drakor ini karena lumayan greget ama aktor utama dibalik kenekatan Hyun Seo. 

Di foto-foto ini adalah Yang Jun tae, teman sekolah Hyun Seo. Lu bisa liat ekspresi nih anak yang asli bikin gw muakk sejadi-jadinya. Komuknya jijay bangat! 

Usianya belom genap 15 taon, dan dia tau banget kalo apa yang dia lakukan itu adalah bentuk KEJAHATAN berat, dan bisa kena hukuman berat, kalo umurnya cukup! Dia sadar, kalopun ketauan dia bakal bebas dari jeratan pidana karena faktor usia. 

Kejahatan pidana dalam kasus bundir Hyun Seo yang melibatkan Jun Tae adalah : Rentenir, pemerasan, pelecehan seksual dan ancaman terhadap korban. Dan kejahatan yang paling membahayakan adalah SIKAP MANIPULATIF yang ditunjukan Jun Tae. Gemes dah cara bocah tengil ini menjebak Hyun seo yang merupakan gadis cupu bin kuper di sekolah,  dan cara dia manipulatif ke para penyidik kepolisian. 

Di luar, Jun Tae ini dikenal sebagai anak teladan dan berprestasi. Mandiri sejak dini karena kedua ortunya bekerja, rajin dan tekun belajar. Pokoknya manis bangat dahh, pas jadi tokoh utama contoh anak2 idaman orang tua saban ngomelin bocah dirumah 😆🙈. Siapa sangka, ada jiwa psikopat yang teramat sempurna udah terbentuk di umurnya yang baru 14 taon. Serem kan?! 

Gak cuman gw, detektif Jindo juga gemes. Berbagai  trik dia pake supaya nih bocah tengil gak berkutik. Intriknya juga keren, gw berkesan dengan kalimat, 

" Ehh bocah, hape lu tuh bukan ubi cilembu yang lu masukin microwave jadi mateng dan bisa dimakan. Nih, data di hape yang lu coba bakar buat ngilangin barang bukti ternyata bisa diselamatkan. " Kata Jindo sambil nepuk-nepuk tumpukan berkas. 

Asal lu tau, ntu tumbukan berkas apaan tauk. Toh aslinya tuh hape emang angus berbarengan dengan data di dalamnya. Yahh, detektif mau diklecein bocah emangahh? 

Setelah terdesak, keluarlah pernyataan Jun Tae yang bikin gw kaget tak terkira, 

" Ayahku bilang, aku boleh melakukan apapun untuk menghilangkan stress akibat belajar. " Ucapnya sambil ketawa jahat penuh kemenangan. 

Dhuarr! 

Ini menambah keyakinan gw kalo gimana kelakuan anak, yaa itulah ulah orangtua. Gosah sok innocent kalo kita udah ngasih yang terbaik, memberikan pendidikan terbaik yang mereka cita-citakan apapun caranya tapi kita lupa, dengannya kita justru mencetak generasi-generasi rapuh yang bisa aja nyari cara melampiaskan ketegangan mereka, tekanan hidup yang mereka jalani dengan cara apapun yang melintas di circle mereka. 

Naudzubillah. Bisa free seks, kekerasan fisik atau verbal, manipulatif, dan apapun yang membunuh nurani mereka sedikit demi sedikit. 

Moga Allah membimbing, dan menjaga anak-anak kita semua selalu dalam hidayahNya. Aamiin... 

Dan sebagai orangtua, gak cuma perlu berdoa, tapi berlaku dan beramal kebaikan sebagai imbal balik penjagaan Allah atas anak-anak kita. Hilangkan rasa sombong, merasa berhasil dan di atas angin dari orang lain. 

.... 

#nulisdenganhatibergetar

Maks 

Penulis Mak Sri Suharni
Rabu, 14 Maret 2023

Posting Komentar

No Spam, Please.