Curhat Obat Stres dan Depresi

Kadang perempuan itu sok sholihah. Gak mau ngeluh, gak mau curhat. Curhatnya ama Allah aja, cuma kita belom sehebat itu. Curhat Obat Stres dan Depresi
 


Rabu, 7 Juli 2021

"Yash, elu kan sering ke panti ODGJ, apa kita bawa aja dia ke sana?."  

Gw kaget, "Hushhh, enak aje luu. Kasian temen sendiri ditaro di sono."

"Udah seminggu ini ngamuk terus. Gak mau makan, gak bisa tidur. Lompat-lompat, nendang-nendang tembok. Sekarang malah diikat di tempat tidur, Yash. Kasian,!" papar si temen. 

"Iyaaa tapi itu gak harus bikin gw mau naro temen sendiri ditempat gituan. Dia cuman stress. Plissss. Kayak elu gak pernah stress kayak gitu aja lu. " 

Dia ketawa. "Sialan lu!."

"I'll find the way. Trust me. " Kata gw meyakinkan diri gw sendiri. 

Fiuuhhh ! 

Gw kenal beliau ini, sebut aja Bu F. Dari awal gw kenal kesan gw satu, GAK STABIL. Kalo kata Iwan Fals mah, labil tawa mu, tak pasti tangismu 😅 

Kemaren sebenernya gw udah denger perihal kelakuan si ibu pas lagi berjemur. Kesimpulan: stress bin depressi. Asbab: Multifaktor. Keluarga, keuangan, just like usually-lah. General problem keluarga menengah ke bawah kek lingkungan gw. 

Dan gw liat dia belom bisa ngatasi. Keliatan baik-baik aja tapi gak berarti sesuai dengan keliatannya. Makanya kena trigger dikit aja, pasti DDUAARR ! 

Dan trigger-nya: duit persiapan bayar DP sekolah SMP dipinjem tetangga, ditagih susah. Jadi dah 😆😆

Begitulah....! 
Emang siy, masalah hidup emang gak kudu disikapi dengan kesedihan apalagi kelebayan yang ujung-ujungnya alih alih bikin empati malah bikin kesel hati. Kayak penggemarnya Meggy Z, termiskin di dunia. 

Akuu.... 
Merasa orang termiskin di dunia
Yang penuh derita
Bermandikan air mataa.... 

😆😆😆😆 jijay 'men ! 

Tapi jangan denial juga. Gw pernah bahas ini di postingan gw. Kadang perempuan itu sok sholihah. Gak mau ngeluh, gak mau curhat. Curhatnya ama Allah aja. 😁😁😁

Salah ?! 
Ya kagak. Cuma kita belom sehebat itu. Apalagi trus ketemu ama orang yang jago banget kasih sugesti, 

"Ibu itu kuat. Disayang Allah. Ibu dan istri sholehah,  tangguh, sabar.... bla... blaa...." 

Dan ini yang dia katakan saat selesai disugesti sama guru ngaji (murabbinya) sambil diiket tentunya, 

"Saya pinter ya bu tuti, saya sabar.. saya istighfar.. saya akan balas perbuatan jahat orang dengan sedekah ke dia.. saya sabar.." 

See ?? 

Gw gak pernah mensugesti orang yang depresi. Biasanya gw cuma mancing dia curhat. Ampe tuntas. Ngajak dia ngobrol ringan, yang rileks aja. 

Depresi itu penyakit jiwa yang butuh proses gak sebentar.  
Ibarat benang kusut, kudu diusut, satu-satu. Pelan. Dan yang paling penting itu satu, ada PENGAKUAN 

Ngaku kalo saya sakit
Saya gak baik-baik saja
Saya hampa
Saya kecewa
Saya sedih

Kalo elu merasa baik, sabar, tegar, ikhlas, oke... Ngapain lu stress? Ngapain lu depresi? 
Ngadu ama Allah juga paling Allah bilang, "Apa yg bisa Aku bantu? Kamu kan baek-baek aja? " 

See??! 

Apa gw diemin aja itu orang ? 
Ya kagak-lah ! 

Gw cariin obat yang emang gak bisa dibeli bebas. Gw akses langsung dari temen gw yang di RSUD. Trus karena stress-nya terpicu ama pinjaman duit buat bayar DP sekolah, gw kasih gantinya dahh. Sambil gw pesen ama temen yang gw mintai tolong buat anterin, 

"Bilang aja, duit yang di Mama anu jangan dipikirin. Diganti sukuurrr, gak diganti lu sumpahin 😂😂😂. Obat sekali sehari. Suruh buka ikatannya tuh. Udah kayak ODGJ beneran aja," kata gw. 

Dan gimana kabar beliau hari ini?. Sehatt Alhamdulillah. 

Hayoo konsep hidupnya dibenerin lagi. Ngadu sama Allah itu dengan segala kelemahan kita. Jangan sok jago, kalo ujung-ujungnya minum Haloperidol* juga. 

Naudzubillah dahhh 


#ceritamaks
#day11Isoman


Penulis: Sri Suharmi
Kamis, 15 Juli 2021

*Haloperidol adalah sebuah obat antipsikotik yang digunakan untuk menangani penyakit skizofrenia, sindrom Tourette, mania dalam penyakit bipolar, mual dan muntah, delirium, psikosis akut, dan halusinasi selama proses penanggulangan kecanduan minum alkohol

Catatan ini terkait dengan kabar ibu di Pinrang yang meracuni anaknya dan kemudian mengakhiri hidupnya, nanti mungkin saya tulis opini terkait ibu ini, semoga ada waktu dan mood mendukung :)

Posting Komentar

No Spam, Please.