Lebih Baik Setrika Uap atau Setrika Biasa? Berikut Penjelasannya

Lebih Baik Setrika Uap atau Setrika Biasa ya? Berikut Penjelasannya


Ketika harus memilih antara setrika listrik biasa dengan setrika uap manakah yang kamu akan pilih? Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan. Dengan mengetahui perbedaan diantara dua pilihan tersebut, kamu akan bisa menentukan pilihan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.


Penjelasan Tentang Setrika

Setrika adalah perangkat rumah tangga yang digunakan untuk membuat pakaian menjadi lebih rapi. Kini hadir dalam berbagai varian, merek, dan cara pengoperasian. Mulainya setrika memakai arang, kemudian berevolusi menjadi setrikaan dengan listrik, dan kini kita dihadapi dengan berbagai pilihan setrikaan yang beragam. Setrika listrik memiliki kabel dan panas yang bisa diatur. Kini hadir juga setrika uap yang bisa diisi dengan air dan memberikan hasil setrikaan yang tidak kalah dari setrika yang biasa. 


Kelebihan atau keunggulan Setrika Uap dan Setrika Biasa 

Lebih Baik Setrika Uap atau Setrika Biasa ya? Berikut Penjelasannya


Sebelum memilih antara setrika biasa atau uap pertimbangkan dahulu keunggulan dari masing-masing jenis setrikaan. Dengan demikian pilihan kamu akan lebih tepat dengan melalui pertimbangan yang masak. 


1. Keunggulan Setrika Listrik

  • Mudah digunakan: setrika listrik biasa pada umumnya hanya tinggal dicolokkan saja dan bisa langsung digunakan. Tidak seperti setrikaan yang lebih canggih yang perlu diisi air dan lain sebagainya. 
  • Mudah dibersihkan : Jenis setrikaan pada umumnya mudah untuk dibersihkan. Tidak ada kompartemen yang sulit untuk dilap. 
  • Tahan lama : masa pakai setrikaan dapat sampai puluhan tahun, khususnya bisa modelnya sederhana dan tidak banyak harus melakukan penyetelan.  


2. Keunggulan Setrika uap 

  • Menghemat waktu : Uap air menjadi uap yang menyebar cepat pakaian lebih mudah kering dan kerutan bisa rapi. Uap tersebut berfungsi seperti spray yang akan mempercepat proses menyetrika. 
  • Bahan Pakaian lebih awet : Pakaian dengan setrika uap bisa tidak akan cepat rusak. Plat besinya membuat baju lebih licin dan lembut dan lebih tahan lama. 
  • Pilihan Lebih Aman : evolusi setrikaan biasanya didorong karena keamanan. Pemakaian uap jadi memperkecil konslet arus pendek yang kerap terjadi pada setrikaan yang biasa. Walaupun demikian, tentu pemakaian setrika, apapun jenisnya harus hati-hati. 
  • Menyetrika Pakaian yang Panjang : setrikaan uap vertikal dipakai dengan menggantung pakaian dengan hanger dan mengarahkan uap kepermukaan baju. Jadi, baju, gorden atau rok panjang lebih mudah disetrika. 
  • Lebih Praktis : setrikaan uap vertikal tidak butuh papan setrikaan, kamu cukup mengarahkannya pada baju yang digantung, dan mulai menyetrikanya. Cara ini lebih mudah dan cepat. 


Kekurangan Setrika Uap atau Biasa

Ada nilai plus juga tentu ada nilai minus. Antara dua pilihan setrikaan,  ada jenis listrik biasa dan uap berikut adalah beberapa kekurangan mereka. 


1. Kelemahan Setrika Biasa

  • Tidak mudah mengatasi kerutan pada pakaian : kamu akan menghabiskan waktu lebih lama untuk jenis kain yang mengkerut dan tidak mudah dihaluskan. 
  • Tidak Praktis : Untuk melicinkan pakaian, kamu perlu menambahkan semprotan pelicin untuk memudahkan proses penyetrikaan. 
  • Lebih lama : pakaian yang menggunung akan memerlukan waktu lebih lama untuk disetrika. 


2. Kelemahan Setrika uap 

  • Boros Listrik : jenis setrika uap bukan hanya mengandalkan air sebagai pelembab tapi juga listrik yang dibutuhkan untuk menyetrika pakaian yang sudah dicuci. Sering menyetrika bisa berkontribusi pada tagihan listrik di rumahmu. 
  • Tidak Cocok Untuk Pakaian Banyak : mengerjakan kesibukan sehari-hari seperti menyetrika juga berpengaruh pada banyak sedikitnya  pakaian yang perlu disetrika. Kalau terlalu banyak tentu pemakaiannya jadi tidak praktis dan akhirnya dapat ditentang banyak orang. 
  • Pemakaian Lebih Rumit : kamu perlu membuka katup untuk membentuk uap air, mengisinya, mengatur panas dan mengaplikasikannya. Bedakan dengan setrika biasa yang tinggal colok bisa langsung digunakan. 


Jadi Pilih yang Mana? Setrika Uap Atau Setrika Biasa? 

Akhirnya memilih antara setrika listrik dengan setrika uap tergantung dengan kebiasaan tiap orang. Apakah merupakan keluarga besar yang jumlah setrikaannya banyak, pekerja yang kerap memiliki baju yang sulit untuk melicinkan dan pertimbangan lain sebagainya. Kedua jenis setrika tersebut dapat memberikan hasil memuaskan sesuai dengan kebutuhan. 

Pilih setrika listrik jika pakaian yang kamu kenakan mudah disetrika, tidak terlalu banyak dan ingin menghemat pemakaian listrik. Sedangkan, kalau ingin pengerjaan lebih cepat, mudah dan licin maka setrika uap memenuhi syarat untuk kegiatan menyetrika yang kadang lama dan membosankan.  


Rekomendasi Merk Setrika Biasa dan Uap Terbaik di Ladara 

Ladara adalah marketplace terpercaya dan terlengkap untuk produk elektronik seperti setrika. Temukan berbagai merek dan jenis setrikaan baik biasa maupun uap disana. Berikut adalah beberapa rekomendasi terbaik untuk kategori tersebut. 


Setrika listrik

  • Miyako : merk ini tampil dengan kabel ganda yang anti gores sehingga lebih awet dan mudah digunakan. 
  • Cosmos : produk lokal ini dilengkapi soleplate yang anti lengket sehingga setrika cepat licin. 
  • Maspion : Merk terjangkau ini memiliki double protector yang menjaga arus listrik agar tidak merusak setrikaan. 
  • Philips : kabel Panjang dan teknologi SmartFlow membuat setrikaan cepat selesai dan mudah menggerakan setrika sesuai ukuran pakaian.

Setrika Uap 

  • Steamer BolDe GC1424 : Setrika uap canggih dengan berbagai pengaturan. 
  • Philips setrika uap : merk kenamaan dengan setrikaan uap yang terjangkau dan hemat listrik
  • Setrika uap Panasonic : setrikaan modern dengan pemakaian mudah dan cepat licin.

Dapatkan setrika yang kamu butuhkan hanya di Ladara. Ada banyak produk rumah tangga yang bisa dibeli secara online. Kamu cukup masuk pada situs resminya dan membeli setrika listrik atau setrika uap sesuai kebutuhan kamu. Tunggu apa lagi? Mulailah browsing sekarang juga. 


Sumber 

https://www.dekoruma.com/artikel/74690/keuntungan-pakai-setrika-uap

https://gagastekno.com/kelebihan-setrika-uap-vs-setrika-biasa/

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/02/202700776/setrika-biasa-vs-setrika-uap-mana-yang-lebih-baik-?page=all



comments

Lebih baru Lebih lama