Della: Manifesto Kaum Rebahan

Della: Manifesto Kaum Rebahan
Foto by: Azis Bhello
Setiap manusia memiliki sudut pandang dan alam pemikiran yang berbeda, begitu pula dengan suasana hati yang tak mungkin sama antara satu manusia dengan lainnya. Namun demikian, saya tetap ingin bercerita tentang suasana hati dan apa yang terjadi dalam pemikiran saya meskipun itu sesuatu yang sulit. Mungkin banyak orang yang enggan untuk menceritakan kisah dalam hidupnya, entah karena memang tak ingin berbagi atau memang ia ingin memendamnya di dalam hati, atau mungkin juga karena ia malas untuk menceritakannya. 

Di sini saya ingin berbagi sedikit kisah tentang mengapa akhirnya saya memutuskan untuk menulis ini. 

Awalnya saya tak ada hasrat sedikit pun untuk menulis, bahkan bermimpi untuk menjadi penulis pun tidak sama sekali, saya orang yang malas untuk menulis dan bercerita. Walaupun tidak sedikit orang yang saya kenal bercita-cita ingin menjadi seorang penulis terkenal, tapi tidak dengan saya, saya merasa tidak mempunyai keahlian dalam menulis maupun merangkai kata-kata yang indah dalam bercerita.

Hari ini entah mengapa hati saya tersentuh untuk menulis, dari sekian lama rasa malas yang menghantam jiwa saya untuk bungkam dalam berkarya, padahal beberapa orang-orang terdekat mendukung saya untuk belajar menulis dan selalu memberikan semangat, tetapi saya masih belum bisa membuka pikiran saya untuk menulis.

Namun ada sedikit omongan dari orang yang menyakitkan tentang diri saya, kata mereka saya hanya bisa selfie-selfie dan berpose dalam foto tapi tak punya kemampuan untuk berkarya, sungguh omongan ini sedikit menyakitkan hati meskipun tak sepenuhnya omongan itu saya masukan ke dalam hati.

Tidak ada yang tidak mungkin, selagi kita mau belajar dan berusaha

Dari situlah saya bangkit dan meyakinkan diri bahwa saya bisa, karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, selagi kita mau belajar dan berusaha. Saya terus mengumpulkan semangat dan niat untuk mencoba membuat tulisan hasil karya saya sendiri, menyampaikan ide sedikit demi sedikit, untuk memulai sebuah tulisan yang memang tidak diniatkan tetapi karena kemauan, semua itu bisa terjadi di hari ini. Meskipun masih banyak kekurangan yang ada di dalam tulisan ini, tapi saya mencoba untuk percaya diri dan berusaha menghasilkan tulisan hasil karya diri sendiri.

Di hari ini saya banyak belajar, bahwa sesuatu yang mungkin tidak kita impikan bisa saja jadi kenyataan karena adanya kemauan dan usaha untuk memulai sebuah awal yang baru. Mengubah rasa pergabutan ini menjadi sebuah inspirasi yang mungkin bermanfaat bagi diri dan orang banyak, itu adalah suatu anugerah yang harus kita syukuri di hari ini.

Menurut saya, menulis itu bukan hanya sekedar hobi, menulis itu bukan hanya sekedar kemampuan, ‎menulis itu bukan hanya untuk orang-orang yang pandai merangkai kata-kata indah dan bukan hanya untuk orang-orang yang memiliki ide kreatif membuat sebuah cerita. 

Karena saya percaya semua orang dapat menulis dengan sesuka hatinya, semua orang dapat menceritakan kisah kehidupannya, semua orang berhak memiliki kreativitas dan kemampuan untuk ia tunjukkan, bahwa hidup bukan hanya untuk orang yang memiliki kecerdasan yang tinggi. 

Ayo, dimulai dari hari ini, kita hilangkan semua rasa malas yang ada di hati, hilangkan rasa tidak percaya diri di jiwa kita dan yakinkan diri bahwa kita semua bisa berontak melawan kemalasan itu untuk memulai sebuah awal yang baru, dan berusaha untuk menjadikan hidup kita menjadi lebih baik lagi.

Salam dari kaum rebahan

Sekian terima kasih



Manifesto Kaum Rebahan
Della Andini 
Instagram: @DellaAndini1406
  

Baca Juga

Klik untuk komentar