Ulang Tahun Ke-15 Google Maps Berikan Tampilan dan Fitur Baru

Pada ulang tahun ke 15 ini aplikasi peta digital Google Maps memberi sejumlah update pembaruan baik untuk Android maupun iOS
Ulang Tahun Ke-15 Google Maps Berikan Tampilan dan Fitur Baru
Selamat ulang tahun Google Maps. Pada ulang tahun ke 15 ini aplikasi peta digital ini memberikan sejumlah kado, eh bukan deng tapi memberikan sejumlah update pembaruan baik untuk Android maupun iOS. 

Selain logo baru Google Maps juga kini bisa lebih mudah digunakan dengan penambahan menu di tab bawah berisi tiga tombol baru yang dijuluki 'Jelajahi,' 'Perjalanan,' dan 'Untuk Anda.' Tampilan menu mungkin agak berbeda jika kamu belum update Google Maps terbaru atau mungkin juga perbedaan lebar layar.

Fungsi tombol Google Maps Terbaru


Jelajahi: Memberikan informasi, peringkat, dan ulasan serta lebih dari 200 juta tempat di seluruh dunia, termasuk restoran, tempat wisata, dan landmark kota.

Perjalanan: memberikan sejumlah saran melakukan perjalanan dari titik A ke B, seperti dari rumah ke kantor, atau lainnya. Di tab ini akan ditampilkan peringatan kemacetan, informasi kecelakaan, waktu tempuh, dan rute alternatif.

Untuk Anda: Berisi informasi yang dibuat oleh pengguna Google Maps atau Local Guides Feed yang disesuaikan dengan aktivitas Anda pada aplikasi Google Maps.

Ulang Tahun Ke-15 Google Maps Berikan Tampilan dan Fitur Baru

Menu lainnya adalah:

Disimpan: Memungkinkan Anda untuk dengan mudah melihat semua tempat yang disimpan di satu tempat serta menemukan dan mengatur rencana perjalanan yang akan datang dan memberikan rekomendasi berdasarkan tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi.

Berkontribusi: Memungkinkan pengguna berbagi informasi lokal menyukai detail tentang jalan dan alamat, tempat yang tidak ada di peta, ulasan bisnis, dan foto.

Pembaruan: Menyediakan info dari tempat tren yang berisi rekomendasi, testimoni, review, foto-foto dan lain-lain. 

kabarnya, masih banyak pembaruan lain untuk Google Maps yang sedang kembangkan dengan fokus khusus pada transportasi umum. Seperti, dapat memeriksa terlebih dahulu suhu di dalam kereta api, menentukan apakah ada aksesibilitas yang baik di jalur angkutan umum, dan lain sebagainya.

Ulang Tahun Ke-15 Google Maps Berikan Tampilan dan Fitur Baru

Fitur Google Maps Yang Mungkin Anda Belum Tahu


Bagi yang belum tahu, Google Maps juga menyediakan fitur-fitur yang bisa kita manfaatkan, seperti mengunduh peta untuk digunakan offline sampai menemukan tempat parkir. Berikut cara menggunakannya:

1. Gunakan Fitur Maps offline

Saat sedang dalam perjalanan, mungkin saja ponsel kita kehilangan sinyal pada waktu yang paling tidak tepat. Untungnya, Google Maps memungkinkan kita mengunduh rute sebelumnya sehingga kita dapat menggunakan Google Maps tanpa terhubung internet.

Caranya adalah di aplikasi Google Maps, masukkan tujuan Anda, lalu di bagian bawah layar ketuk nama tempat atau alamat. Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas, kemudian ketuk Unduh peta offline. Peta untuk area yang kita pilih sekarang akan tersedia untuk digunakan offline.

2. Rencanakan rute termasuk berhenti

Jika Google mengatakan perjalanan Anda akan memakan waktu tujuh jam, tapi akhirnya menjadi delapan, itu mungkin karena kita tidak menyertakan beberapa perhentian di sepanjang jalan. Google Maps memungkinkan kita untuk menambahkan tempat berhenti sehingga bisa mendapatkan waktu tujuan yang lebih akurat.

Caranya, di Google Maps, masukkan tujuan pertama kita, lalu ketuk Arah. Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas, pilih Tambah berhenti, tambahkan sebanyak mungkin perhentian yang diinginkan.

Kemudian tekan Selesai setelah kita selesai menambahkan berhenti. Sekarang kita akan mendapatkan waktu yang lebih akurat saat merencanakan perjalanan.

3. Mencari area parkir mobil

Mengetahui di mana bisa atau tidak bisa memarkir mobil adalah penting, terutama jika kita terlambat bekerja, pergi ke acara besar seperti konser atau mengemudi ke lingkungan yang tidak dikenal. Kita biasanya berkeliling dan berharap akan menemukan tempat parkir, tapi ternyata Google Maps bisa mengarahkan kita ke tempat parkir.

Setelah Anda memasukkan lokasi kita dalam Google Maps, ketuk Arah. Kita akan melihat ikon P di sebelah perkiraan waktu yang diperlukan untuk sampai ke lokasi itu. Ketuk P (untuk parkir). Jika P berwarna merah, berarti parkir akan dibatasi. Biru berarti menemukan parkir akan mudah atau masih ada yang kosong.

Lalu temukan tempat parkir, daftar area parkir akan muncul. Pilih salah satu opsi dan ketuk Tambah parkir. Tempat parkir akan ditambahkan sebagai perhentian pertama pada rute kita dan dapat melanjutkan ke tujuan kita berikutnya.

4. Periksa tujuan sebelum Anda pergi

Gambar bisa menipu, jadi sebelum kita memesan hotel yang terlihat bagus, periksa dulu di Google Maps. Di Google Maps, cari lokasi, seperti hotel tempat kita akan menginap.

Kemudian di sudut kiri bawah, kita akan melihat kotak kecil dengan foto bangunan. Ini adalah tampilan jalan area tersebut, jadi ketuk untuk melihat seperti apa tampilannya. Kita dapat memperbesar dan memperkecil serta memeriksa area dengan menggesekkan jari Anda di layar Google Maps. 

Demikian sedikit informasi tentang Google Maps terbaru. Salam.



2 komentar

  1. gmaps salah aplikasi handal jaman ini. Mau ke tempat baru gak takut nyasar selama ada jaringan inet.
    1. Bisa didonlot dulu bang area google maps-nya jadi biar gak ada internet masih bisa dipake :)
No Spam, Please.