Kunjungan Nuge City Tour ke Rumah Pelangi Bekasi

Kunjungan Nuge City Tour ke Rumah Pelangi Bekasi
Minggu sore, 27 Oktober 2019 cuaca di sekitar TBM Rumah Pelangi Bekasi langit tampak cerah untuk aktivitas luar ruang. Kontras dengan hujan deras yang saat itu turun di beberapa wilayah Kota Bekasi. 

Diana, Pipit dan Najiah, ketiganya adalah korlas (koordinator kelas) tampak sedang mempersiapkan adik-adik Rumah Pelangi (Rungi) untuk melakukan sambutan atas kedatangan rombongan tur kota (City Tour) bertajuk "Nyok ke Bekasi".

Menyambut Rombongan Nuge City Tour ke Rumah Pelangi Bekasi

Di depan gapura Rumah Pelangi, dua barisan yang masing-masing terdiri dari 10 orang adik-adik Rungi berdiri saling berhadapan dan bersahutan berbalas pantun lalu kemudian menyanyikan lagu sambutan bersama-sama. Riuh rendah suara tawa dan teriakan ceria adik-adik inilah yang mengundang beberapa warga untuk datang.

Rombongan tur kota datang dan ikut bernyanyi, lalu saling bersalaman dan berkenalan singkat untuk kemudian masuk ke Rumah Pelangi untuk memulai Fun Games yang akan dibawakan oleh kakak-kakak dari NUGE. Bunda Naomi Tobing dari Marketing Division PT Nuge Anugrah Indonesia yang memimpin rombongan tampak antusias menyalami semua adik-adik dan cepat berbaur bersama dalam sesi Fun Games dalam ruangan kelas Rumah Pelangi. Tampak pula dalam rombongan Imam Pesuwaryantoro inisiator nyanyur.id dan Mbak Nia Julpiah sekretaris PT Nuge.
Kunjungan Nuge City Tour ke Rumah Pelangi Bekasi
"Kalau pantun diadaptasi dari pantun-pantun seni Palang Pintu, tapi tidak pakai atraksi silat. Untuk lagu diadaptasi dari lagu-lagu yang biasa dinyanyikan saat kegiatan Pramuka" ungkap Diana yang sudah menjadi koordinator kelas sejak Rumah Pelangi terbentuk tahun 2016 lalu.

Sebelumnya, Diana dan rekan korlasnya beberapa kali mengubah skenario penyambutan sesuai dengan ide yang berkembang dan masukan-masukan dari adik-adik serta orangtua dan warga yang ingin melihat kegiatan di Rumah Pelangi.

Muhaidin Darma selaku inisiator TBM Rumah Pelangi mengaku tidak ada persiapan khusus buat adik-adik baik dari segi pakaian dan lain-lain, latihan penyambutan pun baru dilakukan pada saat itu.
"Untuk adik-adik kami kondisikan agar mereka berani tampil apa adanya, ini baik untuk rasa percaya diri mereka agar mereka berani tampil dengan mengedepankan kreativitas dan kebersamaan."


Bermain dan Belajar

Tidak butuh waktu lama, adik-adik Rumah Pelangi dengan cepat beradaptasi dan beraktivitas bersama rombongan wisata kota yang diselenggarakan oleh PT Nuge Anugrah Indonesia dan Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi ini. Sesi Fun Games dan tanya jawab berlangsung cepat, 
Kunjungan Nuge City Tour ke Rumah Pelangi Bekasi
Adik-adik Rumah Pelangi sudah terbiasa menerima pihak lain yang ingin belajar dan bermain bersama mereka. Terlebih Rumah Pelangi adalah rumah mereka sendiri, sehingga saat diminta untuk bermain bersama semua mengalir dengan suasana gembira dan alami. Faktor pembeda seperti bahasa, usia dan lain-lain mencair dalam tawa canda ceria.

Baik kegiatan dalam ruang dan luar ruang sarat dengan spontanitas yang menghibur, proses belajar dan bermain lancar hingga acara selesai. belajar dan bermain bersama warga negara asing dalam keceriaan. Tentunya ini menjadi sebuah pengalaman yang berkesan buat adik-adik di Rumah Pelangi. 

Kegiatan tur kota "Nyok ke Bekasi" pada hari Minggu itu adalah rangkaian kegiatan yang mendatangi beberapa lokasi, antaranya Lagoon Avenue Bekasi, Kantor Wali Kota Bekasi, Hutan Bambu, Batik Antique Unique, TBM Rumah Pelangi Bekasi dan Mitra Pegadaian Bekasi. 

Keceraan Nuge City Tour ke Rumah Pelangi Bekasi

Menurut Fahreza Anugrah Putra, Direktur PT Nuge Anugrah Indonesia, TBM Rumah Pelangi Bekasi menjadi destinasi tur kota karena sejalan dengan salah satu misi Community Development PT Nuge Anugrah Indonesia yaitu membangun kesadaran tentang perlunya memberikan pelayanan yang tepat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan.

Menurutnya, Taman Baca Masyarakat Rumah Pelangi Bekasi merupakan sebuah tempat yang dapat menjadi bagian dalam pembentukan pendidikan karakteristik kepada anak usia dini, sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan proses belajar anak.

"Oleh karena itu, Nuge ingin menjadi bagian dari proses pendidikan karakter tersebut, sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan dan kondisi masing-masing anak dengan menanamkan nilai-nilai intelektual, emosional dan sosial," ungkap finalis Abang Mpok Kabupaten Bekasi tahun 2011 ini.

Kunjungan Nuge City Tour ke Rumah Pelangi Bekasi

Ridwan Maliki, salah seorang relawan TBM Rumah Pelangi sebelum acara berlangsung sudah merasa yakin acara tersebut akan berjalan lancar.

"Rungi sudah sering melakukan kegiatan sosial dan kegiatan lainnya yang dikemas menarik dan kreatif, memilih Rungi sebagai salah satu destinasi tur kota pasti akan membuat pengunjungnya berkesan, interaksi dan suasananya unik, pokoknya masih Bekasi banget" ungkap Ridwan yang kini sedang merintis profesi MC profesional.

Taman Bacaan Masyarakat Rumah Pelangi (Rungi) adalah Perpustakaan Umum, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Wadah Pembelajaran Kreatif Warga terletak di Kp Babakan Kali Bedah Desa Sukamekar RT 001 / 011 , Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Website:  https://www.pelangibekasi.com
Instagram: https://www.instagram.com/rumahpelangibekasi
Facebook: https://www.facebook.com/rumahpelangibekasi



Artikel ini memiliki 4 Komentar