Shahrukh Khan Melawan Dirinya Sendiri Dalam Film FAN (2016)

Seorang teman yang gaya hidupnya "rebel-rebel" begitu sepertinya tidak mungkin menyukai film-film Bollywood, tapi ini justru merekomendasikan kepada saya film Bollywood berjudul "FAN".  Baiklah, saya sudah menontonnya, dan ternyata bagus kok, ini sekadar sedikit catatan angin-anginan, spoiler dikit juga gapapa kan? Film lama ini hehehe...
Aryan Khanna dan Gaurav Chandna Film Shahrukh Khan Fan
Gaurav Chandna
FAN adalah sebuah film berdurasi lebih dari 2 jam yang dirilis tahun 2016, Dibintangi oleh Shahrukh Khan, garapan sutradara Maneesh Sharma dan diproduseri Aditya Chopra di bawah bendera Yash Raj Films. 

Film ini dibuka dengan memperkenalkan tokoh Gaurav Chandna yang sejak kecil sudah tergila-gila dengan seorang aktor Aryan Khanna. Tak hanya gemar mengoleksi segala hal yang berbau Aryan Khanna layaknya seorang fans, Gaurav Chandna pun sangat beruntung karena memiliki wajah yang mirip dengan idolanya itu.

Singkat cerita, berkat dukungan kedua orangtuanya, Gaurav Chandna selalu memenangi kompetisi akting ala bintang idola di saat ada pekan raya tahunan di Delhi. Bermodalkan uang hadiah dan trophy yang ia dapatkan dari kompetisi inilah ia berencana merayakan ulang tahun Aryan Khanna dengan mendatangi sang idola ke rumahnya di Mumbai.

Twist film ini di mulai di sini. Kejadian di Mumbai mengubah hidup Gaurav Chandna selamanya. Nasib mempertemukan dirinya dengan sang idola yang ia sebut "senior" tidak seindah apa yang ia bayangkan. Yang Gaurav temukan di Mumbai bukan sang idola sesempurna citra yang selama ini ia yakini dan cintai sepenuh hati. Pada kehidupan nyata, Aryan Khanna adalah manusia biasa yang memiliki egonya sendiri dan jelas merupakan pribadi yang berbeda dengan yang ia perankan pada film-filmnya.

Sebagai fan, Gaurav rela melakukan apa saja demi sang idola. Namun sayangnya, Aryan justru tidak menyukai tindakan Gaurav yang dianggapnya justru sangat mengganggu kehidupan pribadinya. Sehingga Aryan "menyuruh" polisi untuk menangkapnya dan memulangkan Gaurav kembali ke kampungnya.

Hal yang paling menyakiti hati Gaurav adalah saat Aryan sama sekali enggan memberikan waktunya walau hanya 5 menit demi semua yang telah Gaurav lakukan seumur hidupnya bahkan hingga berurusan dengan polisi. Arogansi sang superstar yang kaya raya itu membuat kecintaannya pada sang idola berbalik menjadi benci dan kesumat.

"Aku hanya ingin ia meminta maaf padaku atas ucapannya. Dia bukan siapa-siapa tanpa seorang penggemar." - Gaurav Chandna

Gaurav berbalik "menyerang" Aryan untuk mendapatkan kata maaf, namun hingga film berakhir kata maaf tidak berhasil ia dapatkan dari sang idola yang sombong dan meremehkan fansnya. Ini bukan film happy ending, untuk pendukung Gaurav mungkin harus menyiapkan tisu, tapi banyak sekali pelajaran berharga dalam film ini.

Dari segi akting, tokoh utama film ini adalah tokoh Gaurav Chandna yang lebih muda, lebih pendek, lebih kurus dari Aryan Khanna. Dalam film FAN ini Shahrukh Khan berhasil membuktikan keahlian aktingnya dengan memerankan kedua tokoh yang saling bermusuhan itu. 
Aryan Khanna dan Gaurav Chandna Film Shahrukh Khan Fan
Gaurav Chandna dan Aryan Khanna
Untuk mewujudkan dua tokoh yang berbeda itu diserahkan kepada make up artist Greg Cannom.  Greg Cannom sudah beberapa kali meraih penghargaan di Grammy Awards. Greg pernah bekerja untuk film A Beautiful Mind, The Curious Case Of Benjamin Button, Kapoor and Sons dan lain-lain. Untuk finishing visual effects termasuk membuat wajah dan badan Gaurav berbeda dan lebih muda dari Aryan, semua dikerjakan oleh Red Chillies Entertainment milik Shahrukh Khan.

Film FAN ini hanya menampilkan sedikit lagu-lagu dan tarian ala Bollywood, lebih banyak adegan suspense dan plot yang padat. Hmmmm ini film Shahrukh Khan pertama yang saya paham jalan ceritanya, selebihnya tidak ada yang membuat saya betah, beda dengan film-film Amir Khan yang lebih luas tema filmnya. :)

Selain film pertama Shahrukh Khan yang saya tonton hingga selesai, film ini banyak megajarkan saya tentang hubungan personal yang ditunjukkan oleh 2 tokoh itu. Gaurav adalah pribadi ceria yang dikenal baik oleh tetangga di lingkungannya. 

Gaurav adalah remaja sederhana dengan tipe entertainer yang bisa menghibur siapa saja. Namun di sisi lain, ia adalah orang yang cukup berbahaya karena kemampuannya menghancurkan reputasi Aryan Khanna dengan aksi-aksi yang tidak terduga.

Aryan Khanna dan Gaurav Chandna Film Shahrukh Khan Fan
Perhatikan perbedaan wajah Shahrukh Khan sebagai Gaurav Chandna dan Aryan Khanna
Jika harus memilih untuk memihak kepada siapa, maka saya akan berpihak pada Gaurav Chandna. Aryan Khanna memang patut mendapat pelajaran karena sudah terlalu sombong kepada seorang penggemar fanatiknya, ya Aryan Khanna menurut saya patut dibenci. Tapi jangan membenci Shahrukh Khan, karena kedua tokoh itu, baik Aryan Khanna dan Gaurav Chandna sama-sama diperankan oleh Shahrukh Khan :D

Happy Weekend


2 komentar

avatar

Waktu nonton filem FAN ini, saya benar-benar marah pada Aryan karena begitu sombongnya dan menganggap diri sudah ngetop jadi nggak peduli sama fans macam Gaurav. Kesel minta ampun. Tapi saya mengingat lagi kisah2 tentang fans ini, salah satunya fans yang membunuh Christina Grimmie :(

Dan, terima kasih Om atas review ini saya jadi tahu kalau Gaurav dan Aryan diperankan oleh Shahrukh Khan. Waktu itu sempat bilang: hebat yang tukang castingnya ini ... bisa nyari anak muda yang mirip sama Shahrukh Khan!

Ternyata ... hahaha ...

avatar

:D visual efeknya udah canggih, padahal dia-dia juga cuma dibikin jadi lebih muda. Soal materi film ini menarik, bahwa artis yah punya privacy dan kehidupan pribadi yg masing2 peran ada porsinya, gak tau deh, gak pernah jadi artis sih hahaha

Klik untuk komentar