Ngopi di Kedutaan Besar Bekasi

Dalam Galeri Seni BE(kasi) YOURSELF beragam karya seni terpampang memenuhi ruang. Dalam ruang berukuran kurang lebih 4x5 meter yang ditata sedemikian nyentrik ini para pengunjung dapat melihat, menikmati karya-karya seniman antara lain: F Busthomy, Khalid Albakaziy, Sofyan Syarief, Sanditio Bayu, Cantika Clarinta, Aruga Perbawa, Yus Suropati, Siswantoro, Robby Akmal, Pay Air Grafix, Thomas Feri, Dhimas Fikri DJ, Fithor Faris.
[Sedikit tentang Kedutaan Besar Bekasi versi #sotoy tentunya]

Kedutaan Besar Bekasi
Minggu 6 Desember 2015 sudah janjian mau ngopi bareng kawan begadang di twitter menunggu sahur ramadhan sekitar 2010 saat saya masih berkelana di Maumere Flores. Namanya Aruga Perbawa Rizqi yang punya akun twitter @ArugaPR yang juga seperti saya kadang menambah sesak dunia blog dengan dumelan, dia juga suka ngedumel di Bokumonogatari blog. So, sejak 5 tahun lalu saya berdua dan kawan-kawan +Kerja Kreatif terlibat banyak obrolan yang mengisi lini masa twitter menjelang sahur, topiknya? #kerjakreatif, tapi sayang sudah lupa apa detail yang diobrolkan saat itu :D

Tiba di Kedutaan Besar Bekasi dengan menumpang kendaraan Bang Komar yang akan mengisi acara pembukaan dengan orasi budaya, alhamdulillah sekira ba'da zuhur sudah sampai, bukan untuk urus visa dan lainnya, tapi untuk ngopi sama Bang Aruga yang nyentrik ini. 
Sampai sana ngopi beneran, tapi sumpah gak tahu siapa yang bayar, mungkin Bang Komar? atau mungkin gratis dari Bang Fithor karena gue bareng Bang Komar :) (Alhamdulillah rezeki orang ganteng). 

Kesampaian juga bertemu si artis multi talenta yang suka menggambar tembok kafe dan sejenisnya, ternyata ada juga karya Bang Aruga yang akan mengisi galeri seni di Kedutaan Besar Bekasi ini. Kurang hebat gimana lagi si abang idaman calon mertua ini :D

Gak lama ngobrol ternyata makhluk ajaib ini, alias Aruga malah jadi MC di acara pembukaan Galeri Seni BE(kasi) YOURSELF, tentang prosesi pembukaan galeri seni ini gue sudah live twit dengan tagar khusus #BEkasiYOURSELF. Berhubung Aruga yang baik hati dan tidak sombong ini bertugas sebagai MC yah  saya ikuti saja prosesi pembukaan galeri ini.

Kedutaan Besar Bekasi
Prosesi pembukaan Galeri Seni BE(kasi) YOURSELF dibuka dengan sambutan dari Muhammad Giebriel selaku pemangku hajatan lalu orasi budaya dari Bang Komar Ibnu Mikam, prosesi menjadi khidmat saat semua hadirin menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya stanza 1 yang diiringi oleh Komunitas Bekasi Shympony Orchestra, kemudian dilanjutkan lagu-lagu shympony lainnya. Yang membuat saya kagum akan aransemen orchestra dari lagu-lagu anak-anak, penampilan berikutnya beatbox performance dari Little Army Squad yang membuat suasana semakin meriah :)

Kedutaan Besar BekasiKedutaan Besar Bekasi

Next Bang Fithor Faris memperkenalkan Galeri Seni BE(kasi) YOURSELF, ini semacam galeri pameran dari beberapa seniman dengan beragam macam karya dan aliran seni, saya yang kurang paham seni cuma sempat mendengar istilah, seni instalasi, seni landskap atau apa gitu... Setelah Bang Fithor bercerita latar belakang dan tujuan dari galeri seni ini para pengunjung dipandu menuju TKP.

Kedutaan Besar Bekasi Galeri Seni BE(kasi) YOURSELF
Kedutaan Besar Bekasi

Dalam Galeri Seni BE(kasi) YOURSELF beragam karya seni terpampang memenuhi ruang. Dalam ruang berukuran kurang lebih 4x5 meter yang ditata sedemikian nyentrik ini para pengunjung dapat melihat, menikmati karya-karya seniman antara lain:  F Busthomy, Khalid Albakaziy, Sofyan Syarief, Sanditio Bayu, Cantika Clarinta, Aruga Perbawa, Yus Suropati,  Siswantoro, Robby Akmal, Pay Air Grafix, Thomas Feri, Dhimas Fikri DJ, Fithor Faris.

Nama terakhir dari list itu tidak lain adalah salah satu penggagas Kedutaan Besar Bekasi, Fithor Faris dan Muhammad Giebriel adalah duo :"seniman" yang menggagas Kedutaan Besar Bekasi. Saya sendiri yang menambahi kata "seniman", soalnya semakin mengenal jauh tentang Kedutaan Besar Bekasi yang saya lihat adalah karya-karya seni. Kalau gambar-gambar air brush, lukisan-lukisan, musik-musik tertentu saya bisa menikmatinya, kalau karya seni lainnya, yah saya tidak paham dan gak berani komentar, itu sih kembali ke soal rasa, dan itu sulit untuk menggeneralisirnya. *ngeles*

Dekat pintu masuk disediakan buku tamu, saya pengunjung nomor 5 (kali aja ada dorrprize-nya :D), selain lukisan, kolase, kliping media dan segala macam benda seni di ruangan ini ada yang menarik perhatian saya, benda yang dilihat dari bentuknya seperti gerobak yang dibalut kain kasa putih, berada di tengah ruangan seakan mendesak untuk minta diperhatikan :D seandainya terletak di pojok mungkin akan terlewatkan :)
Pada "benda" yang saya yakin ada makna seni ini disediakan spidol agar para pengunjung dapat menulis apa saja yang ingin disampaikan. Sebentar dulu, gerobak berbalut kain putih yang menampung aspirasi? kepikiran gak sih kalo aspirasi kita dimasukkan ke gerobak lalu dibawa kemana gitu :D
sebut saja benda itu GEROBAK ASPIRASI WARGA BEKASI, nih dia penampakannya:

Gerobak Aspirasi Kedutaan Besar Bekasi Galeri Seni BE(kasi) YOURSELFGerobak Aspirasi Kedutaan Besar Bekasi Galeri Seni BE(kasi) YOURSELF

Jadi Kedutaan Besar Bekasi itu bukan ide untuk berpisah dari NKRI bro? Yah bukan!, kalau mampir kesana yang ada menu-menu segala macam kuliner, perpustakaan dengan nama "Perpus-kata", pojok buku, ruang fitness, seperangkat alat musik yang dibayar tunai :p, lukisan-lukisan dan karya-karya seni lain, dengar-dengar itu karya dari warga sekitaran Bekasi loh :)
Perpuskata kedutaan besar bekasi
Btw kopi hitamnya enak, siomay dari salah satu tenant dari beberapa tenant jajanan yang ada di teras juga maknyus, pas banget dinikmati saat hujan :)
So... itu aja laporan singkat pandangan mata acara pembukaan Galeri Seni BE(kasi) YOURSELF :D buat yang "tegang syaraf" mendengar kata "Kedutaan Besar Bekasi" atau yang komentar negatif saya sih cuma kasih saran agar banyak PIKNIK :)
Foto-foto selengkapnya dapat dilihat disini (klik disini).

Kedutaan Besar Bekasi
Twitter @KedubesBekasi
Facebook Page: Kedutaan Besar Bekasi 
Alamat: Jalan Raya Jatikramat RT 007/09 Nomor 2A
Fit & Food Canteen Ex-Japos Samping Superindo Jatikramat
Jatikramat Komsen, Bekasi, Indonesia


8 komentar

  1. Ternyata Kedutaan Besar Bekasi itu galeri seni. Wuaaa unik ya namanya.
    1. iya, unik dan nyentrik, pokoknya kalau mampir kesana rugi sendiri kalau gak berkeliling dari perpustakaan, pojok baca, jajanan pasar, ruang fitness, pojok kuliner, galeri seni, live music dlsb... ada musholahnya juga kak
  2. Bekasi keren gitu kok pada bully sih

    seniman2 keren
    1. Kadang ada yang sulit mengungkapkan cinta secara langsung, jadi agak beda. Gitu kali yah?
  3. Wah seru bgt tuh bang ngopi2 disana
    1. Agendakan deh, bisa kenalan sama kawan-kawan kreatif disana dan mencari inspirasi :)
  4. Wuih kirain apaan.. nggak tahunya galery seni plus tempat kongkow sambil ngopi ya? Boleh dong kapan2 mampir.. oya, saya punya blog nganggur yang nama domainnya kocak: wanipira.com Ada yang minat garap gak ya? Gak pake wani piro deh.. kita garap bareng2 aja sebagai blog komunitas
    1. Mampir aja mas, tempat hang out terbuka kok :) wah kalao itu sepertinya perlu ketemuan untuk membahasnya :)
No Spam, Please.