Kabar Dari Sanggar Anak Akar Kali Malang

"Kelas Sering Berpindah, Kini Sanggar Anak Akar Miliki Sekolah Otonom dan Kreatif"...
Begitu judul salah satu artikel media online bertanggal 30 Januari 2015, beritanya masih bisa dibaca di sini:  http://www.indopos.co.id/2015/01/kelas-sering-berpindah-kini-sanggar-anak-akar-miliki-sekolah-otonom-dan-kreatif.html
Sanggar Anak Akar Kali Malang
Capture berita di Indo Pos
Berita menggembirakan yang ditulis awal tahun itu rupanya tidak bertahan lama, tanah seluas 900 M2 atas nama Yayasan Anak Akar Indonesia dengan bangunan permanen baik untuk tinggal maupun untuk kelas itu sedang menghitung hari menanti kapan akan tergusur proyek pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Kali Malang.

Okelah penggusuran itu tentunya akan diimbangi dengan uang pembebasan, namun dengan target jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang akan diselesaikan pada 2017 membuat kawan-kawan Sahabat Akar juga harus mengimbangi rencana itu dengan aksi yang cepat pula. Setidaknya kini telah mencoba mencari lokasi baru yang tidak terlalu jauh dari lokasi awal mengingat warga didik adalah anak-anak marjinal di sekitaran Kali Malang, jika uang pengganti telah dibayarkan maka proses pembelian lokasi dan membangun sanggar kembali juga harus segera dilakukan. Namun demikian ada yang lebih mendesak, yaitu mencarikan warga didik Sanggar Akar tempat belajar sementara secepatnya sambil menunggu proses pembayaran uang pengganti dan proses pembangunan kembali ruang belajar Sanggar Anak Akar yang permanen.

Diantara upaya yang telah dilakukan, kelebihan Sanggar Anak Akar adalah telah sering melakukan kegiatan dalam bidang seni musik dan performance, belum lagi agenda musik tahunan bertajuk aKarnaval, Konser Musik Kaleng Rombeng, Tanda-tanda Di Nada dan lainnya. Bermodal kemampuan dan pengalaman musikal demikian maka rencananya pada Hari Sabtu, 27 Juni 2015, pukul 15.00 – 18.00 WIB bertempat di  Teater Jakarta - TIM (Taman Ismail Marzuki) Cikini Raya Jakarta Pusat, Sanggar Anak Akar akan mengadakan konser dalam upaya Penggalangan dana (fund raising) untuk keberlangsungan pendidikan Sanggar Anak Akar.

Konser musik yang akan bertajuk Berbagi Di Bulan Suci: Konser Musik Untuk Pendidikan Anak “Syukur Atas Cinta & Kehidupan” akan melibatkan seniman, artis yang memiliki concern untuk keberlangsungan pendidikan untuk anak di Sanggar Anak Akar. Rencananya acara ini akan dirangkaikan dengan "Lelang Karya Perupa" untuk Pendidikan dan akan ditutup dengan Buka Puasa Bersama.

Materi utama konser adalah komposisi pilihan yang diambil dari koleksi beberapa karya Teater Musikal produksi Sanggar Anak Akar sendiri. Sebagian besar komposisi akan digarap ulang oleh komposer-komposer muda Sanggar Anak Akar. Sebagian lain akan diinterpretasi dan digubah oleh komposer dan musisi Sahabat Akar serta musisi dari Institut Kesenian Jakarta. Beberapa artis atau penyanyi professional akan menginterpretasi komposisi lagu-lagu Sanggar Anak Akar dalam penampilan mereka, baik dalam solo vokal maupun paduan suara.

Konser ini sendiri akan menjadi lebih mempesona dan bermakna dengan kehadiran koreografi gerak tari hasil karya para koreografer muda dari Institut Kesenian Jakarta dalam menginterpretasi atau memaknai kembali komposisi-komposisi karya anak-anak Sanggar Anak Akar.

Artis/Seniman musisi Sahabat Akar pendukung dalam konser ini diantaranya Marya Genova, Ratu Queenous, Tony Q Bonita The Hus Band, Tony Q, Navicula dan lain-lain. Seluruh performance sebagian besar akan diiringi oleh Akar Gransamble.
Berbagi Di Bulan Suci: Konser Musik Untuk Pendidikan Anak “Syukur Atas Cinta & Kehidupan”
Kolase poster dan kegiatan musik di Sanggar Anak Akar
Nantinya para hadirin tentu dapat pula membeli beberapa karya seniman Institut Kesenian Jakarta melalui proses lelang pada saat acara berlangsung, hasil penjualan lelang tersebut sepenuhnya akan digunakan untuk pembelian lahan dan membangun kembali sanggar Anak Akar di lokasi yang baru.

Acara ini dipersembahkan oleh STUDIO SANG AKAR yang beralamat Jl. Tebet Dalam 1 No. 22 Jakarta Selatan.

Untuk teman-teman yang ingin berpartisipasi dapat menghubungi bagian Marketing - Sponsorship & Ticketing:

Donasi Tanda Masuk: Nisa 
+62 856 8877612

No. Rek: BCA 496 0167711 atas nama Susilo Adinegoro-Albertus Ari

FB: Sanggar Anak Akar ID
Twitter: @SanggarAnakAkar


Salam.

Web Sanggar Anak Akar: http://www.sanggaranakakar.org/ 


4 komentar

avatar

Telat nih saya ............

avatar

:) sila mampir kak ke sanggarnya

Klik untuk komentar