Jakarta Library And Archives Expo 2014

Jakarta Library dan Archive Expo 2014 merupakan acara Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta yang berlangsung dari 11 hingga 14 Desember2014 di Lapangan Banteng atau Monumen Pembebasan Irian Barat.

Dari yang saya lihat event atau pameran ini dipenuhi berbagai perpustakaan, taman baca, rumah belajar dari milik pemerintah (pemda maupun kementrian atau badan) juga taman baca-taman baca atau komunitas swadaya yang bergerak dibidang kepustakaan, tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan promosi, publikasi dan sosialisasi perpustakaan dan kearsipan dalam bentuk pameran (exhibition). 

Dengan kegiatan ini masyarakat akan lebih tahu tentang keberadaan layanan perpustakaan dan kearsipan. Selain itu juga diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk memanfaatkan jasa layanan perpustakaan dan kearsipan.
Jakarta Library And Archives Expo 2014

Selain itu, Jakarta Library And Archives Expo 2014 memberikan kesempatan kepada lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta baik yang bersifat sosial dan komersial untuk mempromosikan, mempublikasikan, dan mensosialisasikan berbagai produk dan program layanan di bidang perpustakaan dan kearsipan. Hal ini dapat mendorong pemerintah dalam menerapkan kebijakan yang memberikan perhatian cukup dalam upaya peningkatan penyajian media promosi, publikasi, sosialisasi jasa layanan publik perpustakaan dan kearsipan kepada masyarakat luas yang dikemas dalam bentuk event pameran (exhibition). (sumber: Komunitas Historia)

Informasi agenda acara dan terkait Jakarta Library And Archives Expo 2014 lebih lengkap dapat dilihat di alamat http://jaklibraexpo.net/

Saat keliling saya sempat mendengar presentasi.... entah siapa :D intinya menurut beliau perpustakaan dan museum harus menjadi Learning Center untuk publik, umumnya untuk menjadi pusat belajar warga, khususnya bagi masyarakat yang tidak berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi. Saya mengaminkan pemaparan beliau karena saya sangat setuju dengan sistem open learning, belajar dimana saja dan kapan saja, tidak musti di sekolah :)
Jakarta Library And Archives Expo 2014
Saya setelah berkeliling akhirnya mampir cukup lama di stand Museum Sejarah Jakarta, disini saya banyak belajar mengenai sejarah Batavia pada umumnya, stand yang terletak di Stand A35 ini dijaga 2 orang yang dengan semangat menceritakan kegiatan-kegiatan Museum Sejarah Jakarta dalam upayanya mensosialisasikan sejarah Jakarta kepada masyarakat umum.

Museum Sejarah Jakarta sendiri memiliki web dengan beragam informasi di http://museumsejarahjakarta.org
Jakarta Library And Archives Expo 2014
Setelah puas bertanya sejarah dan seperti apa dan bagaimana bentuk dokumentasi sejarah Jakarta kepada penjaga stand Museum Sejarah Jakarta, saya pamitan pulang, sebelum pulang saya diberikan goodiebag yang berisi buku terkait sejarah, nanti setelah membaca buku ini rencana saya akan kembali menemui si penjaga stand untuk belajar lebih banyak mengenai sejarah Jakarta, sedikit-sedikit nyerempet sejarah Bekasi :)
Jakarta Library And Archives Expo 2014
Kurang asik bagaimana? acara ini gratis, dapet ilmu sejarah, pulangnya dikasih oleh-oleh buku :)

Artikel ini memiliki 2 Komentar

  1. wahh keren banget nih. saya emang lagi nyari perpustakaan yg enak di jakarta utk sekadar nongkrong sambil baca buku. sayang gak tau info acara ini.

    kapan ya ada perpustakaan yg asik di Bekasi? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan ya ada perpustakaan yg asik di Bekasi? berat pertanyaannya om :D

      Hapus